Published on

Careers

Sering keliru, ternyata ini yang membuat press release menarik

Nur Lella Junaedi

press-release-EKRUT.jpg

Press release atau siaran pers menjadi salah satu tugas yang dilakukan oleh Public Relations dalam melakukan publikasi perusahaan.

Walaupun begitu, menulis press release kerap tidak mudah dilakukan. Lantaran bila judul dan isi tidak menarik, maka pihak media dalam hal ini wartawan tidak akan menjadikan press release itu menjadi berita mereka.

Lantas bagaimana cara membuat press release yang menarik? Untuk menjawab rasa penasaranmu berikut ulasannya. 

Pengertian press release

press release EKRUT 
Siaran pers biasanya ditulis oleh tim PR sebagai salah satu bentuk publikasi perusahaan-EKRUT

Press release adalah bentuk dari komunikasi tertulis yang melaporkan informasi spesifik dan singkat tentang suatu peristiwa, peluncuran produk dan kejadian lainnya dari suatu bisnis /organisasi untuk diberikan kepada media dengan harapan dapat dipublikasikan dalam bentuk berita.  

Baca juga: Sepenting apa sih, branding untuk perusahaan teknologi?

Jenis press release 

press release EKRUT 
Tim PR mereka biasanya mengirimkan siaran pers bila perusahaan mengadakan peluncuran produk-EKRUT

Bentuk dari press release yang ditulis oleh staf humas itu beragam, dan disertai dengan tujuan yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis press release yang umum dibuat:

Peluncuran produk

Menjadi hal yang penting bagi perusahaan untuk membuat press release saat mereka meluncurkan produk baru.

Lantaran peluncuran produk baru biasanya banyak ditunggu-tunggu oleh konsumen dan menjadi prestasi tersendiri bagi perusahaan. 

Dalam membuat press release dengan jenis ini, fokus tulisanmu harus berdasarkan pada spesifikasi dan gambaran dari produk tersebut.

Akuisisi

Jenis dari press release lainnya yang biasanya dikeluarkan oleh tim PR adalah bila perusahaan melakukan akuisisi atau pembelian aset dari perusahaan lain. 

Jenis siaran pers ini, akan menitikberatkan pada aset baru tersebut dan bagaimana ini akan menjadi keuntungan bagi perusahaan. 

Acara 

Siaran pers juga akan dikirim kepada media bila perusahaan mengadakan suatu acara. 

Tentunya isi dari press release ini akan memberi informasi seputar acara tersebut, mulai dari kapan acara berlangsung, lokasi, tujuan acara sampai siapa saja yang berpartisipasi dalam acara itu. 

Kantor baru 

Kamu juga dapat membuat press release apabila perusahaan berpindah kantor.

Ini perlu dilakukan untuk memberi informasi kepada pelanggan bahwa, perusahaan telah berpindah dari kantor lama ke kantor yang baru.

Fokus dalam pembahasan siaran pers ini, lebih menceritakan tentang bangunan kantor, detail, dan semangat baru yang dibawa perusahaan terhadap tempat itu. 

Baca juga: Memahami perbedaan konsolidasi, merger dan akuisisi

Bagian-bagian dari press release 

press release EKRUT 
Ada banyak bagian dari press release yang harus kamu ketahui-EKRUT

Sebagai bentuk dokumen dari perusahaan yang sifatnya resmi, bentuk dari press release juga memiliki beberapa bagian agar mudah dipahami, di antaranya: 

  • Logo perusahaan diletakkan di tengah bagian atas, dari press release tersebut dengan resolusi gambar yang bagus. 
  • Informasi kontak diletakkan di margin sebelah kanan tepat di bawah logo. Isinya berupa nama dari staf PR, nomor telepon, dan email. 
  • Tanggal rilis. Biasanya ditulis di margin sebelah kiri tepatnya di bawah logo. 
  • Deck. Terletak di bawah judul sebagai bagian penjelas dari judul, namun bagian ini boleh ada atau tidak.
  • Dateline, terletak di paragraf pertama yang berisi bulan dan tempat rilis itu dibuat.
  • Paragraf pertama press release harus mampu menjawab pertanyaan dari 5W+1H yakni what, when, where, who, why dan how. Bahasa yang digunakan dalam paragraf pertama juga harus jelas dan sederhana.
  • Paragraf kedua, ketiga dan seterusnya menjelaskan informasi secara rinci disertai dengan kutipan orang yang memberikan pengaruh dari isi rilis tersebut.
  • Boilerplate, adalah bagian yang memberikan informasi terkait deskripsi perusahaan, mulai dari nama perusahaan hingga bergerak dalam layanan apa saja.
  • Akhir notasi, biasanya dituliskan tiga kali hastag (###) yang menjelaskan bila tidak ada lagi pesan rilis yang ingin disampaikan.
  • Catatan akhir, berisi tentang informasi kontak dan nama staf PR, bila pewarta ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dari pesan rilis yang disampaikan.

Baca juga: Mengetahui pentingnya publisitas bagi perusahaan

Cara membuat press release

press release EKRUT 
Buatlah informasi yang jelas, singkat dan sederhana dalam membuat press release-EKRUT

Berikut beberapa langkah cara membuat press release yang bisa kamu perhatikan. 

  • Berpikir seperti seorang jurnalis. Sebagai bagian untuk menarik perhatian mereka dengan judul rilis yang menarik, informasi yang mudah ditemukan, jelas dan tidak berlebihan.
  • Membuat tulisan press release dengan pola piramida terbalik. Di mana paragraf pertama berisi informasi penting dalam pola 5W+1H, sementara paragraf kedua berisi detail informasi, dan paragraf ketiga berisi informasi umum atau tambahan.
  • Sertakan kutipan dari orang yang cukup berpengaruh di berita press release tersebut, yang mana kutipan itu juga mudah untuk disalin oleh pewarta bila mereka menjadikan rilismu sebagai berita.
  • Pastikan informasi kamu memiliki nilai bagi audiens untuk dipublikasi

Dengan mengetahui apa itu press release dan cara membuatnya, kini kamu sebagai seorang Public Relations tidak perlu lagi merasa bingung untuk membuat rilis yang menarik untuk perusahaan. 

Baca juga: Company profile: pengertian, fungsi dan tips membuatnya

Tentunya bila informasi itu penting dan dinilai memiliki banyak manfaat, pastinya press release mu juga akan diangkat sebagai berita oleh media.

Lebih dari itu, jangan lupa juga untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka ya. 

press release EKRUT

Sumber: 

Tags

Share