Published on

Careers

7 Contoh surat lamaran kerja yang profesional untuk berbagai posisi pekerjaan

Nadroh Nur Amalia

7_Contoh_surat_lamaran_kerja_yang_profesional_untuk_berbagai_posisi_pekerjaan.png

Memahami contoh surat lamaran kerja sangat penting saat mempersiapkan mendaftar di perusahaan. Surat lamaran merupakan surat yang dikirim dengan resume selama proses lamaran kerja. 

Sebuah surat lamaran kerja bisa menambahkan gambaran lebih banyak tentang kepribadian dan kemampuanmu dengan memberikan detail lebih lanjut tentang latar belakang dan minat pada posisi yang dilamar. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan format penulisan dan contoh surat lamaran kerja yang efektif dan menarik untuk berbagai profesi.

Memahami pentingnya surat lamaran kerja yang ideal dan profesional

Memahami pentingnya surat lamaran kerja yang ideal dan profesional
Contoh surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik akan menarik hati recruiter. (Foto: Pexels)

Surat lamaran merupakan dokumen mandiri yang kamu serahkan ke pemberi kerja potensial untuk menyatakan minat pada posisi pekerjaan. Surat lamaran kerja menjelaskan siapa kamu sebagai seorang profesional dan individu. 

Surat tersebut bisa menunjukkan pencapaian dan keterampilan sehingga membantu menarik perhatian manajer perekrutan atau perekrut yang bertanggung jawab untuk meninjau lamaran. Jika ditulis dengan baik, contoh surat lamaran bisa menjelaskan kepada pembaca mengapa mereka harus mengundang kamu untuk wawancara dan menyoroti kualifikasi utama yang membuatmu cocok untuk peran tersebut.

Surat lamaran kerja dapat memberi kesan calon pemberi kerja dan membedakanmu dari pelamar lain. Kamu dapat menulis tentang bagaimana tujuan dan aspirasi profesional kamu selaras dengan tujuan perusahaan. 

Struktur informasi dalam contoh surat lamaran kerja

Struktur informasi dalam contoh surat lamaran kerja
Format penulisan contoh surat lamaran kerja dibuat secara formal. (Foto: Pexels)

Surat lamaran kerja harus dibuat secara profesional. Pemilihan font dan margin harus disesuaikan secara rinci. Lebih baik menulis surat lamaran pekerjaan menjadi satu halaman. 

Ketika manajer perekrutan meninjau surat lamaran pekerjaan, mereka akan lebih cepat mendapatkan kesan pertama mereka tentangmu sebagai calon karyawan, jadi luangkan waktu untuk memformatnya secara profesional dan tetap ringkas. Adapun struktur informasi contoh surat lamaran kerja perlu dibuat dalam bagian-bagian berikut ini:

  1. Kepala surat yang menyertakan nama dan informasi kontak penerima dan pengirim.
  2. Salam yang ditujukan kepada orang tertentu, jika memungkinkan tulis nama jelas perekrut.
  3. Pendahuluan, yang harus mencakup mengapa pelamar menulis surat lamaran kerja.
  4. Badan surat membahas kualifikasi kamu yang relevan dengan posisi pekerjaan.
  5. Penutup surat yang berisi ucapan terima kasih kepada pembaca beserta informasi kontak dan detail tindak lanjut.
  6. Tanda tangan untuk mengakhiri surat.

Untuk bisa mengisi informasi pada struktur dengan baik kamu perlu banyak pengalaman dan mengasah kemampuan. Untuk mendapatkan berbagai tips dan caranya, coba bergabung dengan EKRUT portal informasi kerja yang lengkap.

7 Contoh surat lamaran kerja yang profesional untuk berbagai posisi pekerjaan

Contoh surat lamaran kerja
Contoh surat lamaran kerja untuk berbagai profesi. (Foto: Pexels)

Kami telah menghimpun contoh-contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu terapkan untuk melamar kerja pada berbagai bidang profesi berikut ini:

1. Contoh surat lamaran kerja umum

Contoh surat lamaran kerja ini merupakan contoh surat lamaran kerja umum yang bisa kamu terapkan:

(Nama Pelamar)
(Alamat Pelamar)

(Tanggal)

(Nama Perusahaan atau Nama Manajer Rekrutmen)
(Alamat Perusahaan)

(Nama Perusahaan atau Manajer Rekrutmen) yang terhormat,

Saya menulis untuk melamar posisi (Nama Posisi) yang diiklankan di (Media Pengiklan). Seperti yang diminta, saya melampirkan lamaran kerja yang sudah yang meliputi sertifikasi, resume, dan tiga referensi.

Posisi pekerjaan ini sangat menarik bagi saya, dan saya percaya bahwa pengalaman teknis dan pendidikan saya yang kuat menjadikan saya kandidat yang sangat kompetitif untuk posisi ini. Kekuatan utama saya yang akan mendukung kesuksesan saya dalam posisi ini meliputi:

  • Saya telah berhasil merancang, mengembangkan (Pengalaman Kerja).
  • Saya terus berusaha untuk mencapai yang terbaik.
  • Saya memberikan kontribusi (Pengalaman Kerja Relevan).

Dengan gelar (Latar belakang pendidikan), saya memiliki pemahaman yang komprehensif tentang (Bidang kerja). Saya juga memiliki pengalaman dalam mempelajari dan menerapkan (Kemampuan pada bidang kerja). Anda dapat membaca resume saya untuk informasi lebih lanjut dan rinci mengenai pengalaman saya.

Saya dapat dihubungi kapan saja melalui email di (Alamat email) dan ponsel (Nomor Kontak).

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya sangat berharap dapat berbicara dengan Anda tentang peluang kerja ini.

Hormat saya,


(Tanda tangan dan nama jelas)

2. Contoh surat lamaran kerja Bahasa Indonesia

Berikut ini contoh surat lamaran kerja Bahasa Indonesia:

(Nama Pelamar)
(Alamat Pelamar)

(Tanggal)

(Nama Perusahaan atau Nama Manajer Rekrutmen)
(Alamat Perusahaan)

(Nama Perusahaan atau Manajer Rekrutmen) yang terhormat,

Saya menulis untuk melamar posisi Manajer Pemasaran yang diiklankan di EKRUT. Seperti yang diminta, saya melampirkan lamaran kerja yang sudah yang meliputi sertifikasi, resume, dan tiga referensi.

Posisi pekerjaan ini sangat menarik bagi saya, dan saya percaya bahwa pengalaman teknis dan pendidikan saya yang kuat menjadikan saya kandidat yang sangat kompetitif untuk posisi ini. Kekuatan utama saya yang akan mendukung kesuksesan saya dalam posisi ini meliputi:

  • Pengalaman 3 tahun sebagai Manajer Pemasaran.
  • Berhasil meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasaran perusahaan 150% selama 2 tahun.
  • Mengembangkan sistem pemasaran terintegrasi.

Dengan gelar Manajemen Bisnis, saya memiliki pemahaman yang komprehensif tentang Pemasaran. Saya juga memiliki pengalaman dalam mempelajari dan menerapkan pemasaran melalui sosial media dan Youtube. Anda dapat membaca resume saya untuk informasi lebih lanjut dan rinci mengenai pengalaman saya.

Saya dapat dihubungi kapan saja melalui email di (Alamat email) dan ponsel (Nomor Kontak).

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya sangat berharap dapat berbicara dengan Anda tentang peluang kerja ini.

Hormat saya,


(Tanda tangan dan nama jelas)

3. Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris

Adapun format contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris:

(Your name and address)

(Dates)

(Recruitment Manager name and address)

Dear (Recruitment manager name),

I am writing to apply for the (position) advertised in EKRUT. As requested, I enclose a completed job application, my certification, my resume, and three references.

The role is very appealing to me, and I believe that my strong technical experience and education make me a highly competitive candidate for this position. My key strengths that would support my success in this position include:

I have successfully designed, developed, and supported live-use applications.
I strive continually for excellence.
I provide exceptional contributions to (your experience).

With a (Education degree reference), I have a comprehensive understanding of the full lifecycle for (job desc). I also have experience in learning and applying (highlighted experience). Please see my resume for additional information on my experience.

I can be reached anytime via email at (email) or by cell phone, (phone contact number).

Thank you for your time and consideration. I look forward to speaking with you about this employment opportunity.

Sincerely,

(Your name and signature)

4. Contoh surat lamaran kerja Software Engineer

Pekerjaan dengan basis teknologi masa kini biasanya membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya contoh surat lamaran kerja Software Engineer dibuat dengan Bahasa Inggris: 

Contoh surat lamaran kerja Software Engineer
5. Contoh surat lamaran kerja Data Analyst

Seperti contoh sebelumnya Data Analyst biasanya membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya contoh surat lamaran kerja dibuat dengan Bahasa Inggris: 

Contoh surat lamaran kerja Data Analyst

6. Contoh surat lamaran kerja Product Manager

Contoh surat lamaran kerja Product Manager

Seperti contoh sebelumnya Product Manager biasanya membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya contoh surat lamaran kerja dibuat dengan Bahasa Inggris:

7. Contoh surat lamaran kerja Digital Marketing

Contoh surat lamaran kerja pada bidang digital marketing misalnya meliputi bidang pekerjaan sebagai social media manager berikut contohnya:

Contoh surat lamaran kerja Digital Marketing

Ternyata format contoh surat lamaran kerja sangat bermacam-macam. Jangan lupa sesuaikan dengan bidang kerjamu. Kamu juga tidak boleh lupa untuk menuliskan pencapaian yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Selamat menoba!

Setelah mendapat panggilan interview jangan lupa tonton dulu video 10 pertanyaan yang paling sering diajukan saat interview berikut ini!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • thebalancecareers.com 
  • naukri.com 
  • glassdoor.com 

Tags

Share