Published on

Careers

5 Jenis Surat Lamaran Pekerjaan yang Penting untuk Kamu Ketahui

Lita Lia

H1-5_Jenis_Surat_Lamaran_Pekerjaan_yang_Penting_untuk_Kamu_Ketahui.jpg

Surat lamaran pekerjaan diberikan kepada pemberi lapangan kerja sebagai tanda keinginan untuk bergabung dengan instansi/perusahaan tersebut. Sifatnya resmi, sehingga tata bahasa dan formatnya harus benar-benar diperhatikan. Jenis surat lamaran pekerjaan juga beragam, tergantung jenis pekerjaan yang dilamar. Untuk itu, ketahui jenis surat lamaran kerja yang penting untuk kamu ketahui di artikel ini.

Baca juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Profesional di Mata HRD/User

Pentingnya mengetahui jenis surat lamaran kerja

Para recuiter sedang membaca surat lamaran pekerjaan
Jenis surat lamaran kerja yang tepat membuat pelamar terlihat profesional. (Sumber: Pexels)

Makin baik surat lamaran kerja yang kamu buat, maka akan makin dilirik pihak recruiter untuk dipertimbangkan. Bagus tidaknya surat lamaran kerja yang kamu buat tidak hanya ditentukan dari isinya saja, tetapi juga bagaimana format dan penyajiannya. Untuk memahami bagaimana isi, format, dan penyajian yang tepat, menjadi alasan mengapa harus mengenal jenis surat lamaran pekerjaan.

Dengan memilih jenis surat lamaran pekerjaan yang tepat, sebagai pelamar kamu akan langsung terlihat profesional oleh recruiter. Kamu juga bisa menyajikan berbagai informasi yang akan kamu tampilkan dalam surat lamaran kerja menjadi lebih baik. Selain itu, memahami berbagai jenis surat lamaran pekerjaan juga dapat membantu kamu memoderasi gaya agar sesuai dengan situasi.

Baca juga: 25 Contoh CV Lamaran Kerja yang Profesional beserta Informasi yang Perlu Dicantumkan

5 Jenis surat lamaran pekerjaan

Para pekerja sedang membuat berbagai jenis surat lamaran pekerjaan
Jenis surat lamaran pekerjaan tergantung apa yang diminta perusahaan. (Sumber: Pexels)

Jenis surat lamaran pekerjaan bisa sangat beragam, tergantung bagaimana deskripsi lowongan kerja yang ditampilkan perusahaan dan dimana kamu menyerahkan surat lamaran. Berikut beberapa jenis surat lamaran pekerjaan yang mungkin bisa kamu pilih.

1. Model terpisah

Model surat lamaran pekerjaan ini terpisah dengan daftar riwayat hidup. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae dilampirkan di lembaran yang berbeda. Jenis surat lamaran pekerjaan ini lebih singkat. Selain itu, dalam curriculum vitae, isinya lebih lengkap karena berisi riwayat pendidikan, dan semua data diri secara lengkap. Lampiran lainnya juga berisikan ijazah, sertifikat pendukung, dan berbagai keperluan lamaran pekerjaan lainnya.

2. Model gabungan

Berbeda dengan jenis surat lamaran pekerjaan terpisah, model ini disatukan dengan daftar riwayat hidup. Model gabungan ini berisikan juga riwayat hidup yang akan dituliskan di dalamnya. Misalnya data tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan sejenisnya. Adanya curriculum vitae atau daftar riwayat hidup yang digabungkan ini berguna untuk meyakinkan recruiter akan kualifikasi pelamar. Perlu cara penulisan yang tepat untuk membuat instansi/perusahaan yang dituju mempertimbangkan pelamar.

3. Surat lamaran kerja tradisional

Jenis surat lamaran pekerjaan ini ditulis untuk melamar pekerjaan tanpa mengandalkan networking. Pelamar akan mengirimkan lamaran secara langsung ke perekrut, instansi kerja, hingga HR. Dalam membuat surat lamaran pekerjaan ini, kamu dituntut harus kreatif agar bisa menarik perekrut. Tulis berbagai pencapaian yang sudah diraih, aneka keterampilan, dan pastikan ada motivasi dalam melamar kerja.

4. Surat lamaran kerja networking

Jenis surat lamaran pekerjaan ini adalah yang paling kasual dan terpendek. Sebab surat lamaran kerja ini tidak dikirim ke perusahaan, melainkan ke mantan kolega, mentor, teman, dan kontak lainnya yang sudah dikenal sebelumnya. Makanya disebut surat lamaran kerja networking. Dengan surat lamaran kerja ini, pelamar ingin mendapatkan bantuan karyawan atau orang dalam agar mendapatkan pekerjaan. Bantuan yang dimaksud adalah menghubungkan pelamar dengan pihak perusahaan. Harapannya, agar nantinya bisa menjadi kandidat dalam perekrutan.

5. Surat lamaran kerja online

Dengan perkembangan teknologi internet yang begitu pesat, jenis surat lamaran pekerjaan online dipilih oleh banyak perusahaan. Beberapa perusahaan mempercayakan aplikasi yang ada di situs lowongan kerja pihak ketiga. Sehingga kamu sebagai pelamar kerja cukup membuat aplikasi yang berisi profil dan menggunakannya untuk melamar ke banyak perusahaan. Ada juga perusahaan yang menyediakan portal khusus atau email untuk para pelamar kerja. Format dan isi surat lamaran kerja jenis ini biasanya telah ditentukan secara jelas. Tugas pelamar kerja hanya mengisi sesuai dengan menu yang tersedia di aplikasi.

Baca juga: 5 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Sistematika surat lamaran pekerjaan

seseorang sedang menulis surat lamaran pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan memiliki struktur resmi. (Sumber: Pexels)

Menulis surat lamaran pekerjaan baik untuk perusahaan atau organisasi harus tepat sistematikanya. Semua jenis surat lamaran pekerjaan memiliki struktur dan sistematika yang hampir sama. Berikut cara menulis surat surat lamaran pekerjaan sesuai dengan sistematikanya.

  • Mulai dengan bagian set-up dan format. Ini berisi tempat dan tanggal yang diletakkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir penulisan. Jangan lupa, sebutkan pula lampiran dan alamat.
  • Pembuka. Mulailah dengan kata “Dengan hormat”, lalu lanjutkan dengan alinea pembuka. Pada bagian ini, ungkapkan bahwa kamu mendapatkan informasi atas lowongan pekerjaan. Selain itu, alinea ini juga berisikan keterangan bahwa kamu hendak melamar pekerjaan yang dimaksud.
  • Isi. Bagian isi dari surat lamaran pekerjaan ini menghadirkan beberapa bagian berupa identitas, maksud dan tujuan, sampai pernyataan lampiran.
  • Penutup. Penutup dalam surat lamaran pekerjaan harus berisikan antusiasme atau harapan akan pekerjaan yang dilamar. Misalnya saja seperti: “Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk bisa bergabung menjadi bagian PT ABC.

Memahami jenis surat lamaran pekerjaan sangat penting. Jika kamu keliru menyediakan apa yang diminta perusahaan, bisa dipastikan surat lamaran tidak akan pernah sampai ke recruiter.

Baca juga: 12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

Temukan juga berbagai artikel teknologi lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • chron.com
  • jobscan.co
  • indeed.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video