Published on

jobs

Kenali core web vitals dan cara mengoptimalkannya

Maria Tri Handayani

core-web-vitals---EKRUT.jpg

Google telah mengumumkan bahwa Core Web Vitals akan menjadi salah satu faktor ranking Google Search di tahun 2022. Agar mampu mengoptimasikan Core Web Vitals tersebut pada website kamu dan mempertahankan peringkat website kamu di hasil pencarian, perhatikan ulasan berikut ini ya. 

Apa itu Core Web Vitals?

core web vitals - EKRUT
Core web vitals akan diterapkan jadi salah satu faktor ranking pada 2022 - EKRUT

Core Web Vitals adalah sekumpulan metrik baru yang membantu menyoroti aspek pengembangan halaman website yang memengaruhi pengalaman pengguna. Metrik baru tersebut mencakup faktor seperti kecepatan website, interaktivitas dan stabilitas visual. 

Nantinya, Core Web Vitals tersebut akan digabungkan dengan sekelompok metrik yang disebut sebagai Page Experience yang terdiri dari beberapa sinyal lain seperti HTTPS, mobile friendliness, safe-browsing dan pedoman pengantara yang mengganggu. 

Google menjelaskan bahwa kombinasi baru dari tiga metrik pengalaman pengguna baru tersebut dapat mengukur kesan pertama pengguna terhadap halaman website.

Website yang memenuhi tolak ukur untuk kesan pertama yang positif tersebut diklaim memiliki kemungkinan 24%  lebih kecil untuk kehilangan penggunanya saat memuat halaman. 

Metrik Core Web Vitals 

core web vitals - EKRUT
Kecepatan memuat halaman menjadi salah satu metrik - EKRUT

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Core Web Vitals terdiri dari metrik yang mencakup faktor seperti kecepatan website, interaktivitas dan stabilitas visual. Berikut penjelasan selengkapnya untuk masing-masing metrik tersebut. 

1. Largest Contentful Paint (LCP)

Largest Contentful Paint (LCP) merujuk pada waktu yang dibutuhkan untuk memuat elemen konten utama halaman website. Elemen tersebut mungkin termasuk gambar, video atau jenis konten lainnya.  Pengukuran LCP yang ideal adalah 2,5 detik atau lebih cepat. 

2. First Input Delay  (FID)

Metrik ini merujuk pada jumlah waktu yang diperlukan agar halaman siap untuk interaktivitas pengguna.  Ini berarti berapa lama waktu yang dibutuhkan halaman seperti untuk merespon klik, scroll atau memproses input keyboard. Ukuran ideal untuk metrik ini adalah kurang dari 100ms. 

3. Cumulative Layout Shift (CLS)

Metrik ini melihat seberapa stabil konten di halaman, mencari perubahan tata letak yang tidak terduga pada konten visual halaman saat melalui fase loading. Ukuran ideal untuk metrik ini adalah kurang dari 0,1. 

Baca juga: Simak tren SEO 2020 yang mengubah sistem mesin pencarian

Kenapa Core Web Vitals penting? 

core web vitals - EKRUT
Core web vitals memengaruhi pengalaman pengguna - EKRUT

Core Web Vitals dianggap menjadi faktor penting dalam cara kerja peringkat mesin pencari nantinya. Situs yang dirancang tanpa fokus pada pengalaman pengguna akan kesulitan untuk mencapai peringkat atas pada search engine result page.

Google menambahkan Core Web Vitals sebagai salah satu faktor pada search engine ranking dengan tujuan untuk mendorong pemilik website untuk membangun situs atau halaman dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna. 

Sebab hanya fokus pada konten tanpa memikirkan pengalaman pengguna pada akhirnya tetap memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pengguna. 
Meski begitu bukan berarti pula kamu bisa mengabaikan kualitas konten pada situs kamu ya. 

Google menjelaskan bahwa pengalaman pengguna yang baik pada suatu halaman situs tetap tidak menggantikan pentingnya memiliki konten yang bagus dan relevan. 

Namun, jika ada beberapa halaman yang memiliki kualitas konten serupa, maka pengalaman pengguna akan menjadi faktor yang menentukan visibilitas kedua halaman tersebut di hasil penelusuran Google. Halaman situs yang memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil penelusuran. 

Dengan kata lain agar halaman website kamu lebih unggul dan bisa mendapat peringkat yang bagus di halaman mesin pencari, kamu harus mengoptimalkan kualitas konten yang relevan dan Core Web Vitals secara bersamaan. 

Cara mengoptimalkan Core Web Vitals

core web vitals  - EKRUT
Perhatikan ukuran elemen dalam halaman website - EKRUT

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan masing-masing metrik Core Web Vitals tersebut. 

Cara meningkatkan LCP

Beberapa cara untuk meningkatkan LCP Core Web Vitals adalah:

  • Hapus semua skrip pihak ketiga yang tidak perlu. Penelitian menemukan bahwa skrip pihak ketiga bisa memperlambat halaman hingga 35 ms.
  • Tingkatkan web host kamu. Hosting yang lebih baik akan meningkatkan waktu memuat halaman.
  • Siapkan pemuatan lambat. Pemuatan lambat menjadikan gambar hanya dimuat jika pengguna menggulir ke bawah halaman. Artinya kamu bisa mencapai LCP secara signifikan dengan lebih cepat. 
  • Hapus elemen halaman yang besar. Cek elemen yang memperlambat LCP halaman website kamu dari Google PageSpeed Insight. 

Cara meningkatkan FID

Beberapa cara untuk meningkatkan skor FID Core Web Vitals adalah:

  • Hapus semua skrip pihak ketiga yang tidak penting. Sama seperti FCP, skrip pihak ketiga dapat berdampaak negatif pada FID
  • Gunakan cache browser. Ini membantu membuat konten di halaman lebih cepat. 

Cara meminimalkan CLS

Beberapa cara untuk meminimalkan CLS Core Web Vitals adalah

  • Gunakan ukuran dimensi atribut yang ditetapkan untuk media apa pun.
  • Pastikan elemen iklan memiliki ruang khusus. Jika tidak elemen iklan dapat tiba-tiba muncul di halaman dan mendorong konten ke bawah, atas atau samping
  • Tambahkan elemen UI baru di bagian bawah sehingga tidak menurunkan konten yang "diharapkan" pengguna untuk tetap berada di tempatnya. 

Baca juga: 9 Cara mendapatkan backlink berkualitas

Itulah beberapa informasi yang bisa kamu pelajari mengenai Core Web Vitals. Cobalah mulai mengukur Core Web Vitals website kamu dari sekarang dan lakukan pengoptimalan yang sesuai. Dengan begitu kamu pun bisa meningkatkan sinyal page experience yang baik sehingga berdampak positif bagi peringkat halaman website kamu di mesin pencari. 

EKRUT

Sumber:

  • backlinko.com
  • searchengineland.com
  • searchenginejournal.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Customer_Engagement_Pengertian__Fungsi_dan_Cara_Untuk_Mengukurnya.jpg

    Careers

    Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

    Sartika Nuralifah

    05 July 2022
    5 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read

    Video