Published on

Careers

Daftar pekerjaan fleksibel yang bisa kamu pertimbangkan

Maria Tri Handayani

daftar-pekerjaan-fleksibel---EKRUT.jpg

Tidak semua orang nyaman dengan jam kerja yang terpaku antara jam 9 hingga 5 sore. Faktanya, tak sedikit karyawan yang akhirnya meninggalkan pekerjaan karena tidak menawarkan pilihan kerja yang fleksibel tersebut. 

Jika kamu juga termasuk kalangan yang menginginkan pekerjaan yang fleksibel, tidak perlu khawatir. Ada beberapa daftar pekerjaan fleksibel untuk kamu pertimbangkan. 

Pekerjaan di bidang media dan komunikasi 

daftar pekerjaan paling fleksibel - EKRUT
Pekerjaan di bidang media dan komunikasi umumnya memiliki waktu kerja yang fleksibel - EKRUT

Jalur karier dengan pekerjaan fleksibel paling umum adalah yang berkutat pada hal penulisan, penyuntingan, dan pembuatan konten komunikasi. Contohnya seperti copywriter, copy editor, penulis konten, brand strategist, PR representative, dan penerjemah. 

Salah satu alasan pekerjaan ini fleksibel adalah karena bisa dikerjakan di mana pun dan kapan pun. Yang kamu butuhkan hanya laptop, kreativitas dan perhatian terhadap hal-hal detail untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Banyak orang juga memilih deretan pekerjaan tadi untuk dijadikan pekerjaan sampingan atau freelance karena fleksibilitasnya yang tinggi. 

Baca juga: 11 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Pekerjaan di bidang kesehatan

daftar pekerjaan fleksibel - EKRUT
Pekerjaan layanan kesehatan kini memiliki pilihan waktu yang fleksibel - EKRUT

Pekerjaan di bidang kesehatan tidak selalu terbatas di rumah sakit saja. Kini, permintaan terhadap pelayanan kesehatan di rumah juga semakin meningkat. 

Hal tersebut memungkinkan banyak tugas layanan kesehatan dapat dilakukan dari jarak jauh. Perawat maupun dokter pun kini dapat menawarkan diagnosis dan saran medis melalui telepon. Begitu pula dengan ahli gizi hingga personal trainer.  

Ada juga profesi travel therapist yang memungkinkan kamu untuk bekerja bahkan sambil bepergian. 

Pekerjaan di bidang bisnis 

daftar pekerjaan fleksibel - EKRUT
Pekerjaan di bidang bisnis dan marketing memungkinkan karyawan untuk bekerja secara remote - EKRUT

Profesi di bidang bisnis dan penjualan biasanya memiliki jam kerja yang fleksibel dan bisa dilakukan tanpa harus ke kantor setiap hari. 

Beberapa contoh pekerjaan tersebut antara lain management consultant, marketing consultant, account manager, sales representative, business analyst, dan customer service representative. 

Pekerjaan di bidang pendidikan online 

daftar pekerjaan fleksibel - EKRUT
Meski pekerjaan di bidang online education fleksibel, kamu juga harus memiliki sertifikasi yang jadi standar keterampilanmu - EKRUT

Seiring perkembangan teknologi dan pilihan pembelajaran jarak jauh, profesi dalam bidang pendidikan pun kini memiliki pilihan jam kerja yang fleksibel. Salah satu contohnya seperti pengajar online, guru bahasa asing, corporat trainer, dan curriculum writer

Meski demikian, perlu dicatat bahwa berbagai jenis pekerjaan di bidang pendidikan ini juga membutuhkan sertifikasi mengajar atau gelar lanjutan sebagai pendukung. 

Pekerjaan di bidang skilled trade

daftar pekerjaan fleksibel - EKRUT
Di bidang pekerjaan skilled trade, kamu dapat menentukan waktu kerja secara bebas - EKRUT

Mayoritas karier di bidang ini menawarkan jadwal yang lebih fleksibel, memposisikan kamu layaknya wirausaha yang memiliki bisnis sendiri. Meski begitu kebanyakan dari jenis pekerjaan tersebut juga membutuhkan pelatihan khusus sebagai modal dasarnya. 

Beberapa contoh pekerjaan di bidang ini seperti tukang kunci, tukang kayu, montir, penjaga keamanan, dan electrician. 

Pekerjaan di bidang teknologi 

daftar pekerjaan fleksibel - EKRUT
Software engineer menjadi contoh lain pekerjaan yang bisa kamu pilih bila ingin fleksibilitas waktu dan tempat kerja- EKRUT

Karir di bidang teknologi menjadi pilihan yang tepat bila kamu menginginkan pekerjaan yang fleksibel. Beberapa contohnya seperti profesi Quality Assurance Engineer, Software Engineer, Web Designer, Software Consultant, dan Web Developer. 

Kebanyakan pada pekerjaan di industri teknologi ini memungkinkan untuk dilakukan  dari jarak jauh dan pada jam yang sesuai dengan kebutuhanmu.  

Meski begitu harap dicatat bahwa dalam bidang profesi ini waktu akhir pekanmu bisa saja harus digunakan untuk pekerjaan, terutama bila kamu sedang dihadapkan pada proyek dengan tenggat waktu tertentu dan bila ada masalah besar yang muncul tak terduga. 

Selain beberapa pilihan karier tadi, profesi sebagai sales engineers juga bisa jadi pilihan. Profesi ini memungkinkanmu untuk bekerja secara fleksibel. Yang perlu kamu perhatikan bahwa pada profesi ini kamu dihadapkan pada tekanan terkait aspek penjualan. 

Baca juga: 8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2020

Nah, itu tadi beberapa daftar pekerjaan fleksibel yang ada. Setelah mengetahui pekerjaan mana saja yang menawarkan waktu dan tempat kerja yang fleksibel, kamu bisa mempertimbangkan pilihan karier yang kamu inginkan dari sekarang, kan?

Tahun baru kantor baru - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

 

Sumber: 

  • Forbes.com
  • Thebalancecareers.com

Tags

Share