Published on

Careers

8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2022

Maria Tri Handayani

skill-teknologi-paling-banyak-dicari-2020---EKRUT.jpg

Teknologi memainkan peranan penting dalam perkembangan industri dan bisnis saat ini. Itu sebabnya  setiap tahun permintaan tenaga kerja di bidang teknologi dan informasi masih terbilang tinggi.

Oleh karena itu, agar tetap bisa unggul di antara persaingan tenaga kerja IT yang ada, penting bagi kamu untuk terus mengasah kemampuan.  Agar lebih paham dan jelas mengenai skill apa yang dibutuhkan, berikut adalah  prediksi skill teknologi yang banyak dicari 2021

Python 

python skill teknologi paling dicari di 2020 - EKRUT
Memiliki kemampuan yang mendalam tentang berbagai bahasa pemrograman adalah sebuah kebutuhan dasar bagi IT professional - EKRUT

 

Terdapat peningkatan sebanyak 45% terhadap profesional IT yang memiliki Python sebagai skill dasar pada tahun 2018. Hal ini diprediksi akan terus terjadi hingga 2021 nanti. 

Python sendiri dikenal sebagai bahasa pemrograman yang relatif mudah dipelajari dan sederhana untuk digunakan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. 

Meski demikian, bahasa pemrograman Python tetap dianggap sebagai alat yang ampuh bagi pemula dan ahli. Keunggulannya terletak pada penggunaannya yang multifungsi di berbagai platform, seperti untuk pembuatan program jaringan, data mining, situs, hingga kecerdasan buatan. 

Machine learning 

machine learning skill teknologi paling dicari 2020 - EKRUT
Semakin banyak IT professional yang memasukan kemampuan machine learning sebagai skill dasar - EKRUT
 

Permintaan akan ahli machine learning diprediksi akan terus meningkat di tahun 2021.

Machine learning sendiri adalah bagian dari penerapan kecerdasan buatan atau AI, yang mengembangkan kemampuan komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu tanpa diprogram secara eksplisit. 

Sebelumnya, jumlah professional IT yang menyebutkan machine learning sebagai keterampilan juga meningkat secara signifikan hingga 50% sejak tahun 2018 silam. Jadi, kamu tahu betapa skill ini sangat dibutuhkan terutama bila kamu tak ketinggalan oleh profesional IT lainnya, kan

Agar keterampilan dalam machine learning yang kamu miliki lebih unggul, kamu harus benar-benar memiliki pemahaman mendalam tentang rangkaian algoritma dan matematika terapan, keterampilan analitis dan pemecahan masalah, probabilitas dan statistik serta ahli dalam berbagai bahasa pemrograman.

Baca juga: 4 pendekatan machine learning untuk bisnis

Deep learning 

skill teknologi paling banyak dicari di 2020 - EKRUT
Dengan mengasah skill yang banyak dibutuhkan ini kamu bisa unggul dibanding kandidat IT lainnya - EKRUT

Deep learning juga diprediksi akan menjadi keterampilan IT yang populer di tahun 2021 nanti. Deep learning sendiri merupakan salah satu metode penerapan dari machine learning yang meniru cara kerja otak manusia. 

Gunanya adalah untuk mengambil keputusan dengan menggunakan struktur algoritma berlapis yang disebut sebagai artificial neural network (ANN). 

Cyber security

cyber security skill teknologi yang banyak dicari 2020 - EKRUT
Ancaman terhadap keamanan siber meningkatkan permintaan terhadap skill teknologi di bidang cyber security - EKRUT

Di tengah kemajuan teknologi,  ancaman keamanan data dan serangan siber yang terus mengintai. Oleh karena itu akan semakin banyak perusahaan yang akan menaruh perhatian tinggi pada keamanan jaringan dan data pelanggan yang mereka miliki. 

Itu sebabnya keterampilan di bidang cyber security akan menjadi salah satu yang terus dicari hingga tahun 2021 ke depan. Sebelumnya telah terjadi peningkatan sebanyak 19% terhadap kebutuhan profesional IT dengan keterampilan di bidang ini sejak tahun 2018. 

Data science dan data analytics 

data science skill teknologi paling banyak dicari 2020 - EKRUT
Permintaan terhadap skill di bidang data science dan analytics akan terus melambung beberapa tahun ke depan - EKRUT

Pendapatan dari aplikasi dan analitik Big Data diproyeksikan tumbuh hingga 19,4 miliar  USD pada tahun 2026. Itu sebabnya permintaan akan keterampilan spesialis di bidang data scientist dan analytics masih terus akan melambung di tahun 2021i. 

Baca juga: Prediksi tren data science 2020 yang patut dinantikan

Cloud computing 

cloud computing skill teknologi paling dicari di 2020 - EKRUT
Cloud computing adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi - EKRUT

Saat ini semakin banyak perusahaan yang beralih ke solusi berbasis cloud. Salah satu layanan berbasis cloud yang saat ini paling banyak digunakan adalah Amazon Web Services (AWS).

Pergeseran besar-besaran ke cloud-based solutions  ini menandakan bahwa cloud computing pun akan menjadi salah satu kemampuan IT yang banyak dicari perusahaan-perusahaan di masa yang akan datang. 

Blockchain 

blockchain skill teknologi paling dicari di 2020 - EKRUT
Teknologi Blockchain sekarang diterapkan di berbagai industri - EKRUT

Meski awalnya dibuat untuk mata uang digital, namun banyak perusahaan yang mulai menemukan manfaat lain dari blockchain. 

Blockchain pun tumbuh dan digunakan dalam berbagai industri, seperti untuk aplikasi dan layanan peer to peer payment, crowdfunding, digital voting, dan lain-lain. 

Itu sebabnya memiliki keterampilan dalam memanfaatkan blockchain pada pemrograman akan menjadi skill teknologi yang  sering dicari beberapa tahun ke depan. 

Baca juga: Mudah, ini penjelasan blockchain untuk pemula

Mobile Development 

mobile development skill teknologi paling dicari di 2020 - EKRUT
Kebutuhan akan mobile developer akan terus meningkat - EKRUT

Saat ini, perangkat seluler selalu dibawa oleh orang ke mana pun berada. Hal ini membuat banyak perusahan terus menciptakan aplikasi  agar tetap relevan bagi para pelanggannya. Itu sebabnya mobile development maupun mobile engineering menjadi skill teknologi yang masih akan dicari pada tahun 2021. 

Untuk mengasah kemampuanmu dalam mobile engineering, kamu bisa mengikutin kontes atau kuis seperti EKRUT contest Mobile Engineering Android Challenge yang diadakan dari tanggal 18 hingga 22 Januari 2021. Selain mendapatkan hadiah, kamu juga melihat seberapa jauh kemampuanmu dalam skill yang satu ini. 

Bahkan, dengan mengikuti kontes ini, kamu juga bisa mendapatkan badge yang menunjukkan bahwa kamu memang memiliki kemampuan di bidang tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan voucher belajar di Shift Academy senilai Rp1.000.000.

EKRUT contest mobile engineering android challenge - EKRUT

Nah, selain beberapa skill di atas, ada beberapa keterampilan lain di bidang teknologi yang dibutuhkan adalah kemampuan dalam menggunakan tool framework seperti: 

  • React Hooks 
  • Next.js
  • SwiftUI
  • Django 
  • Scrum

Setelah sudah mengetahui prediksi skill teknologi yang paling dicari di 2021 nanti, sekarang waktunya kamu untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki agar selaras dengan tren yang tengah terjadi. 

Jika kamu bisa memiliki skills ini tentu kamu akan menjadi kandidat di bidang IT yang unggul dan dicari oleh banyak perusahaan impian. 

Bye bye apply - EKRUT
Last update: 20 Januari 2021

Sumber: 

  • Forbes.com
  • Cnbc.com
  • Bussiness2community.com

Tags

Share