Published on

Technology

5 Domain gratis dan cara mudah membuatnya

Tsalis Annisa

5_Domain_gratis_dan_cara_mudah_membuatnya_-_EKRUT.jpg

Jika kamu ingin membuat konten pada website atau blog, domain tentunya menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang aktivitasmu. Domain mempermudah pengunjung mengakses konten yang kamu miliki, membuatnya pun tidak sulit. Saat ini terdapat berbagai macam layanan untuk meregistrasi domain, baik yang berbayar maupun gratis.

Blogger atau web developer profesional biasanya menggunakan layanan domain berbayar. Bagi kamu yang baru belajar untuk menjadi blogger, domain gratis merupakan pilihan yang tepat. Untuk mengetahui apa saja layanan domain gratis dan cara membuatnya, perhatikan ulasannya berikut ini.

Plus-minus menggunakan domain gratis


Menggunakan layanan domain gratis memiliki kelebihan dan kekurangan - EKRUT

Menggunakan domain gratis memiliki kelebihan tersendiri, akan tetapi karena layanannya yang tidak berbayar, tentunya terdapat pula poin minus. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari domain gratis.

plus minus domain gratis - EKRUT

Baca juga: 6 Cara menghasilkan uang dari blog

Domain gratis untuk membuat laman pribadi

Berikut ini merupakan layanan domain gratis yang tersedia dan bisa diakses dengan mudah, kamu bisa langsung melakukan proses registrasi.

1. Domain .GA

My GA adalah platform otomatis yang menawarkan domain .ga kepada penggunanya yang dikelola oleh Agence Nationale des Infrastructures Numériques et des Fréquences (ANINF) di Libreville, Gabon. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk mendaftar dan mengelola nama domain .ga mereka sendiri.

2. Domain .TK

Dot TK merupakan bagian dari joint venture antara pemerintah Tokelau di Pasifik Selatan dengan perusahaan komunikasi Teletok dan BV Dot TK, sebuah perusahaan swasta. Pemerintah negara tersebut menunjuk BV Dot TK sebagai pihak yang mengelola proses registrasi secara eksklusif dimana mereka juga yang menjalankan bisnis domain ini.

Baca juga: 7 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

3. Domain .CF

Domain .CF merupakan hasil inisiatif dari Societe Centrafricaine de Telecommunications (SOCATEL) di Bangui, Republik Afrika Tengah. Misi dari domain ini adalah untuk meningkatkan penggunaan internet di negara tersebut. Dot CF juga secara langsung mendanai upaya untuk meningkatkan akses penduduk ke internet.

Tidak hanya memberikan domain secara gratis untuk negaranya, tetapi .CF juga meluncurkan domainnya untuk digunakan secara internasional. Perusahaan ini sudah memberikan trademark dan perlindungan terhadap IP.

4. Domain .GQ

Domain .GQ merupakan perusahaan yang ditawarkan oleh Guinea Ecuatorial de Telecomunicaciones Sociedad Anonima (GETESA) di Malabo, Guinea Ekuatorial kepada penggunanya. Sama seperti domain gratis lainnya, kamu bisa mendaftar dan mengelolanya sendiri.

Domain ini memiliki misi untuk meningkatkan sumber daya ccTLD yang merupakan hal penting untuk internet. 

5. Domain .ML

Domain .ML merupakan layanan yang dikelola oleh Agence des Technologies de l'Information et de la Communication (AGETIC) di Bamako, Mali. Domain .ML juga memberikan layanannya secara gratis dan juga perlindungan IP. 

Sebelum menggunakan layanan ini, lihatlah halaman kebijakan dari domain .ML, yang di dalamnya berisi mengenai aturan konten dan prosedur anti-penyalahgunaan.

Cara mudah membuat domain gratis


Cara pembuatan dan registrasi domain gratis relatif mudah - EKRUT

Untuk membuat domain gratis di atas cukup mudah, berikut langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Mengakses website freenom.com
  2. Melakukan cek domain yang diinginkan melalui kolom Whois domain, selanjutnya pilih Check Availability.
  3. Pilihlah ekstensi domain yang diinginkan, sesuaikan dengan selera dan ketersediaan.
  4. Klik ekstensi yang telah dipilih, kemudian tekan Checkout
  5. Melakukan proses registrasi dengan memasukan email
  6. Mengisi data yang dibutuhkan seperti nama, email, nomor telepon, dan alamat
  7. Pembuatan pun selesai.

Baca juga: 5 Cara membuat website pribadi untuk personal branding

Menggunakan domain gratis sangat berguna bagi pemula, sebagai proses pembelajaran kamu bisa mengotak atik website atau blog sesuai selera. Walaupun memiliki kelebihan,  layanan domain gratis tentunya kamu tidak mendapatkan fasilitas seperti domain berbayar.

Jika sudah cukup ahli dan ingin membuat website atau blog yang bisa menghasilkan, kamu bisa menggunakan layanan berbayar untuk meningkatkan kredibilitas dan terlihat profesional.

daftar EKRUT

Rekomendasi Video: 

Sumber: 

Tags

Share