Published on

Technology

15 Situs download font keren dan gratis 2021

Anisa Sekarningrum

1._15_Situs_download_font_keren_dan_gratis_2021.jpg

Menemukan font yang tepat untuk proyek desain terkadang bukan hal yang mudah. Tidak hanya harus mempertimbangkan bentuk yang menarik, alasan anggaran pun bisa menjadi hambatan lainnya. Bila kamu sering dihadapkan pada kendala ini, jangan terlalu khawatir. Kamu bisa memanfaatkan situs-situs yang menawarkan font gratis seperti rekomendasi situs download font gratis. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Download font keren untuk kebutuhan desain terkini  

Download font keren untuk kebutuhan desain terkini
Membuat design dengan hasil download font keren - EKRUT

Memilih font yang tepat adalah hal yang sangat penting, terutama saat kamu mengerjakan sebuah proyek yang menyertakan teks.  Untuk membuat teks tersebut terlihat lebih menonjol dan membuat proyek yang kamu kerjakan lebih menarik, kamu bisa mengunduh berbagai jenis font keren di internet. 

15 Situs download font keren dan gratis 2021

download font keren dan gratis 2021

Download font keren dapat menjadi referensi rebranding di kemudian hari. - EKRUT

Ada beberapa tips dalam memilih font keren untuk kebutuhan desainmu, seperti:

  • Temukan font terbaik untuk digunakan dalam proyekmu. 
  • Periksa mengenai izin penggunaan font, apakah font tersebut dapat digunakan secara gratis dan bebas untuk penggunaan pribadi maupun komersial. 
  • Sekali lagi, setiap akan mengunduh font, cek kembali apakah syarat penggunaan masih sama atau sudah berubah, karena mungkin saja font yang kamu unduh tahun lalu secara gratis, tiba-tiba izin penggunaannya sudah berubah sekarang.
  • Jika perlu, kamu bisa menyalin atau menyimpan gambar mengenai perjanjian lisensi saat mengunduh font, jika kamu membutuhkannya suatu saat.

Berikut adalah beberapa situs download font keren dan gratis di tahun 2021.

1. FontSpace 

FontSpace
FontSpace memiliki lebih dari 30.000 font gratis - EKRUT

FontSpace menawarkan banyak font gratis yang bisa digunakan untuk proyek pribadi kamu. Situs yang digunakan lebih dari 746,000 anggota ini memiliki koleksi lebih dari 32.000 font gratis dari 2.100 desainer. Beberapa font hanya ditujukan untuk penggunaan pribadi, namun jika memilih opsi 100% font gratis, kamu dapat melihat font mana saja yang bisa digunakan untuk semua jenis proyek. 

Jika kamu mendaftar sebagai anggota, kamu juga dapat  membuat koleksi font favorit pribadi sehingga memudahkanmu ketika ingin mengaksesnya. 

2. Google Font

Google Font
Google Font merupakan open source library - EKRUT

Salah satu situs download font gratis lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah Google Font. Situs ini juga sering digunakan para web designer sebagai font hosting yang cepat dan dapat diandalkan. Google Font menawarkan lebih dari 800 tipe font yang dapat digunakan dalam 135 bahasa serta dapat digunakan secara bebas dan gratis karena sifatnya open source library

Untuk memudahkan mencari font yang tepat di Google Font kamu dapat memilih berdasarkan kategori seperti serif, sans serif, handwriting, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengurutkan font berdasarkan tingkat kepopuleran atau kebaruan.  

Baca juga: 6 kunci desain grafik untuk non-desainer

3. Font Squirrel

Font Squirrel
Kamu bisa melihat koleksi font berdasar kategori tertentu - EKRUT

Font Squirrel adalah situs download font gratis lainnya yang bisa kamu manfaatkan.Di situs ini kamu dapat menjelajahi koleksi font berdasar nama, tag, lisensi, ukuran dan bahasa. Kamu juga bisa melihat font berdasar tipe penggunaannya dengan mendasarkan pada simbol yang terletak di bawah font. Misalnya ikon komputer untuk penggunaan font di desktop secara komersial, atau ikon ponsel untuk font yang cocok disematkan dalam aplikasi dan perangkat lunak. 

Kebanyakan font yang ditampilkan dalam Font Squirrel juga dilengkapi dengan lisensi komersial, jadi pastikan untuk memeriksa lisensi pada setiap font sebelum mengunduhnya ya. 

4. Dafont

Dafont
Banyak font gratis untuk kebutuhan komersial yang bisa kamu temukan di situs ini - EKRUT

Dafont juga populer di kalangan desainer sebagai salah satu situs download font. Sebagian besar font di situs ini hanya mendukung untuk penggunaan pribadi namun banyak juga font yang memiliki lisensi komersial. Salah satu keunggulan fitur kategorisasi dalam DaFont adalah kamu bisa menyaring koleksi font berdasarkan tema seperti horor, valentine, video game, dan lain-lain sehingga kamu bisa menyesuaikan font dengan jenis proyek lebih cepat. 

5. 1001 Font

1001 Font
Tidak semua font gratis bisa digunakan untuk kebutuhan komersial - EKRUT

Situs ini menawarkan  lebih dari 7360 font gratis. Meski demikian tidak semua tersedia untuk penggunaan komersial jadi pastikan kamu memperhatikan lisensi sebelum mengunduhnya. Saat mencari font di situs ini, kamu juga bisa melihat komentar pengguna pada sebagian besar font yang tersedia untuk kamu jadikan sebagai rekomendasi. Selain itu kelebihan lainnya  dari 1001 Font lainnya adalah font yang tersedia cukup berkualitas tinggi dan mudah dipasang. 

6. Abstract Fonts

Abstract Fonts
Kamu bisa mengunduh font gratis berdasar tema di Abstract Fonts - EKRUT

Abstract Fonts menawarkan koleksi font berkualitas yang sudah dikurasi dan bisa diunduh secara gratis. Beberapa font gratis di situs ini juga tersedia untuk penggunaan pribadi sementara lainnya bisa untuk komersial. Selain itu sama seperti situs lainnya, kamu bisa menemukan font dari berbagai tema dengan memilih kategori yang tersedia seperti abjad, tag baru, populer atau berdasar nama desainer.

Baca juga: 7 pilihan font gratis untuk kebutuhan komersial

7. Fontstruct

Fontstruct
Kamu bisa membuat font sendiri di Fontstruct - EKRUT

Situs ini menawarkan lebih dari 43.000 font unik berkualitas tinggi dan mudah digunakan pada Windows maupun Mac. 
Tidak hanya bisa mengunduh font secara gratis, di situs ini kamu bahkan bisa membuat font versi kamu sendiri jika tidak puas dengan font yang tersedia. Meski demikian, untuk dapat mengunduh font yang ada di situs ini kamu harus mendaftarkan diri sebagai anggota terlebih dahulu. 

8. Fawnt

Fawnt
Fawn adalah contoh situs download font yang cukup populer - EKRUT

Situs ini juga dikenal di kalangan desainer dan developer sebagai situs memiliki banyak font terbaik. Ada lebih dari 10.000 font gratis dari berbagai jenis huruf dan keluarga font yang bisa kamu lihat di sini. Kamu bisa melihat daftar font yang paling banyak diunduh di bagian laman depan situs dan menelusuri font yang kamu inginkan dengan menggunakan filter berdasarkan kategori atau abjad. 

9. Befonts

Befonts
Sebagian besar font di befonts hanya untuk kebutuhan proyek pribadi - EKRUT

Befonts juga memiliki banyak koleksi font yang stylish dan modern yang bisa kamu download secara gratis. Meski begitu sebagian besar font hanya bisa digunakan untuk proyek pribadi. Kamu dapat memeriksa format dan lisensi font sebelum mengunduhnya hanya dengan mengklik font family yang ada. 

10. Fontasy 

Fontasy
Tersedia lebih dari 1.100 font di Fontasy - EKRUT

Website ini menyediakan lebih dari 1.100 font yang bisa kamu download secara gratis yang menawarkan bermacam-macam gaya dan cara sortir yang mudah dan nyaman, seperti sortir kategori font dari gayanya, sortir berdasarkan abjad dari A sampai Z, dan sortir berdasarkan pembuat font.

11. Neogrey

Neogrey
Neogrey adalah portofolio dari Ivan Filipov - EKRUT

Website ini sebenarnya adalah portofolio dari Ivan Filipov yang bekerja sebagai seorang graphic and web designer. Dia membuat berbagai macam font warna-warni yang luar biasa dan dia berbaik hati untuk membagikan font buatannya tersebut untuk diunduh secara gratis. Sebagian besar font yang dibagikan di website ini dapat diunduh secara gratis untuk penggunaan pribadi, dan beberapa font lainnya bisa digunakan gratis untuk komersial. Tersedia pilihan untuk kamu agar bisa memeriksa lisensi dari font yang ingin kamu download.

12. Free Fonts Project 

Free Fonts Project
Free Fonts Project adalah project buatan Ivan Gladkikh - EKRUT

Free Fonts Project dibuat sejak tahun 2008 oleh Ivan Gladkikh, dengan tujuan untuk membuat tipografi lebih populer dan tersedia untuk berbagai pengguna. Selama delapan tahun terakhir, ada lebih dari 50 font gratis yang telah dibuat berkat kolaborasi aktif dari banyak desainer. 

Di tahun 2014, beberapa proyek font dari perusahaan TypeType telah dimasukkan ke dalam koleksi font gratis, dan selanjutnya tipografi terbaik dari alumni sekolah TypeType akan segera ditambahkan ke Free Fonts Project ini. Semua font yang ada di Free Fonts Project bisa digunakan secara gratis untuk keperluan pribadi atau komersial tanpa batasan apapun.

13. The League of Movable Type

The League of Movable Type
Beberapa perusahaan besar menggunakan font buatan The League of Movable Type - EKRUT

Website ini adalah proyek dari GitHub sebagai sebuah revolusi tipografi. Pada Februari 2009, ketika desainer baru saja mendapatkan kemampuan untuk menempatkan font yang mereka buat di web, proyek ini dibuka untuk meningkatkan standar desain website

Semua koleksi font di sini sudah dipilih secara cermat untuk bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan apa pun. Beberapa perusahaan besar seperti WHO, Warner Bros, Instagram, Discovery Channel, 7 Eleven, American Airliner, The Hunger Games, Lady Gaga, dan masih banyak lagi, sudah menggunakan dan menampilkan font buatan The League of Movable Type. 

14. FontM

FontM
Tersedia font gratis dan premium di FontM - EKRUT

Walaupun koleksinya bukan yang terbanyak, tapi pilihan font gratis di website ini sudah disortir dengan baik ke dalam beberapa kategori sehingga mudah dicari. Selain font gratis, ada juga font premium yang dapat dibeli jika kamu membutuhkannya. Pastikan kamu membaca keterangan tentang lisensi penggunaan font sebelum kamu mengunduh, karena di website ini sudah disertakan informasi mengenai font yang dapat digunakan secara gratis untuk penggunaan komersial atau hanya untuk pribadi. 

15. Unblast 

unblast
Unblast tidak hanya menyediakan font tapi juga mockup, ikon, dan vektor - EKRUT

Website yang satu ini tidak hanya menyediakan font tapi juga mockup, ikon, dan vektor. Seperti tagline yang diusungnya yaitu font gratis terbaik untuk desainer, tersedia banyak sekali pilihan font yang tersedia dalam bentuk gratis dan premium. Berbagai font tersebut disusun berdasarkan kategori serif, sans serif, display, script, condensed, vintage dan masih banyak lagi. 

Kamu bisa mencari font yang kamu inginkan menggunakan alat pencarian yang terletak di bagian atas halaman. Tersedia juga contoh penggunaan font yang ditampilkan dalam bentuk gambar untuk memudahkan kamu meninjau font-font tersebut sebelum mengunduh.

Baca juga: Mengenal pentingnya tipografi dan aturannya dalam desain grafis 

Jika kamu punya bakat di bidang desain, silakan daftarkan dirimu di EKRUT. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Itulah beberapa rekomendasi situs download font gratis yang bisa kamu manfaatkan. 

Beberapa situs hanya menawarkan font gratis untuk penggunaan tertentu. Jadi, pastikan kamu mengecek lisensi font untuk melihat mana saja yang bisa kamu gunakan untuk proyek pribadi atau komersial, ya. 

sign up EKRUT

Sumber: 

  • designshack.net
  • qodeinteractive.com
  • fossbytes.com
  • about.easil
  • the design love

Tags

Share