Published on

Technology

7 Situs Download Template CV Terbaik 2022 dan Contohnya

Muhammad Bimo Meifri Saptiawan

7_Situs_download_template_CV_terbaik_2021_dan_contohnya.png

Salah satu dokumen persyaratan dalam melamar pekerjaan adalah CV (Curriculum Vitae). CV digunakan oleh recruiter untuk menyaring kandidat dengan kualifikasi yang sesuai dengan lowongan pekerjaan. Mengingat pentingnya CV dalam proses seleksi melamar pekerjaan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar CV kamu terlihat ideal dan profesional.

Saat ini sudah banyak referensi CV ideal dan profesional yang bisa kamu temukan di internet. Bukan hanya sekedar berbagi tips dan trik, beberapa situs juga menawarkan download template CV dengan beragam jenis dan kebutuhan. Jika kamu penasaran apa saja situs download template CV terbaik 2022, simak referensi lengkapnya di artikel berikut.

Baca juga: 9 Website untuk membuat CV yang menarik

Bagaimana template CV yang ideal dan profesional?

Bagaimana template CV yang ideal dan profesional?
Situs download template CV mempermudah membuat CV ideal - EKRUT

CV yang ideal merupakan CV yang dapat menjelaskan kualifikasi atau latar belakang kamu secara jelas, ringkas, dan menarik. Dengan informasi yang jelas dan ringkas, recruiter akan lebih mudah menemukan kesesuaian kualifikasi yang dibutuhkan.

Selain jelas dan ringkas, CV yang ideal dan profesional juga tidak terlepas dari bentuk desain CV. Kamu bisa menyesuaikan desain CV dengan jenis pekerjaan atau industri yang dilamar. Namun, secara umum CV desain yang sederhana dan minimalis cenderung lebih dipilih karena memberikan kesan rapi dan profesional. Kamu bisa dengan mudah menemukan dan download template CV ideal dan profesional di situs-situs yang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya.

Baca juga: 5 Cara membuat CV di Canva dengan mudah

7 Situs download template CV terbaik 2022 dan contohnya

7 Situs download template CV terbaik 2021 dan contohnya
Situs download template CV menyediakan beragam jenis CV berdasarkan jenis pekerjaan- EKRUT

Kamu sedang menjalani proses melamar pekerjaan baru, namun hingga saat ini belum ada satupun yang berhasil? Jangan pantang menyerah, dan mulailah mengevaluasi hal apa saja yang mungkin perlu dibenahi. Mungkin saja bukan kualifikasi atau pengalaman pekerjaan yang menjadi penyebabnya, namun penyajian informasi dalam CV belum terlihat ideal, profesional, maupun menarik.

Nah, untuk membuat CV kamu terlihat lebih menarik dan profesional, mungkin bisa mencoba situs-situs di bawah ini. Beberapa situs ini menawarkan download template CV dengan beragam pilihan sesuai dengan preferensi dan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar.

1. Novoresume

Novoresume adalah salah satu situs yang menyediakan referensi untuk download template CV. Selain download template CV, Novoresume juga menyediakan template untuk cover letter yang biasanya juga dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan. Novoresume dapat diakses secara gratis maupun berbayar dengan memilih paket yang tersedia. Bagi para pengguna basic atau gratis, kamu dibatasi hanya bisa membuat CV dengan maksimal satu halaman. Walaupun begitu, jangan khawatir karena ada beragam template CV yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mengedit CV secara online dan kemudian dapat di download dalam format pdf.

Selain itu, bagi kamu yang memilih paket berbayar atau premium, ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah referensi tempale CV yang dibagi berdasarkan kebutuhan dan ketegori pekerjaan seperti CV untuk mahasiswa, executive, creative, dan lain sebagainya. Di bawah ini merupakan salah satu contoh CV yang bisa kamu buat di Novoresume.

Contoh download template CV dari Novoresume
Contoh download template CV dari Novoresume- EKRUT

2. Canva

Situs download template CV selanjutnya adalah Canva. Mungkin situs ini sudah cukup dikenal sebagai situs yang menyediakan beragam template gambar untuk berbagai kebutuhan seperti poster, flyer, presentasi, dan konten media sosial. Namun, mungkin kamu belum mengetahui jika Canva juga menyediakan template untuk membuat CV menjadi lebih menarik dan profesional. Canva menyediakan ratusan template CV yang bisa kamu gunakan secara gratis. Cara membuat CV di Canva juga terbilang mudah dan praktis.

Dengan menggunakan Canva, kamu bisa memasukkan beragam elemen seperti tabel, diagram, ikon, ke dalam CVmu. Cara mengedit CV menggunakan Canva terbilang cukup mudah. Setelah kamu mendaftar keanggotaan, kamu bisa mencari dan memilih template CV yang sesuai. Kemudian, kamu bisa langsung mengedit secara online, dan memasukkan beragam informasi berkaitan dengan latar belakangmu. Dengan menggunakan Canva, CV yang telah dibuat juga dapat di download dengan format PDF dan format lainnya. Di bawah ini merupakan contoh CV yang dapat kamu buat menggunakan Canva.

Contoh download template CV dari Canva
Contoh download template CV dari Canva - EKRUT

3. COOL FREE CV

Sama halnya dengan dua situs penyedia template CV di atas, Cool Free CV juga menyediakan beragam template CV terkini dan profesional. Jika dua situs sebelumnya mengharuskan penggunanya mengedit secara online, berbeda dengan situs ini dimana kamu bisa mengedit secara offline. Selain itu, situs download template CV ini juga tersedia secara gratis.

Untuk dapat mengedit secara offline, kamu bisa memilih template CV yang tersedia dan mengunduhnya. Template CV biasanya memiliki format Microsoft Word, sehingga dapat disunting sesuai dengan masing-masing preferensi. Berikut ini merupakan salah satu contoh template CV yang bisa kamu gunakan.

Contoh download template CV dari COOL FREE CV - EKRUT
Contoh download template CV dari COOL FREE CV - EKRUT

4. Resume.com

Ada banyak situs penyedia download template CV yang bisa dipilih dimana salah satunya adalah Resume.com. Situs ini menyediakan template CV online, dimana pengguna dimudahkan membuat CV profesional dengan hanya memasukkan informasi yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia. Ada beragam template CV yang bisa dipilih mulai dari template CV basic, professional, hingga CV kreatif. 

Selain menyediakan template CV, Resume.com juga menyediakan template dokumen lain sebagai penunjang melamar pekerjaan seperti cover letter. Kemudian, ada kelebihan lain yang dimiliki situs Resume.com dibandingkan dengan situs lain yaitu terdapatnya job portal yang dapat digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan yang tersedia. Selain job portal, situs ini juga menyediakan panduan dalam mendapatkan pekerjaan, seperti tips membuat CV, interview, dan pengembangan karir.

Di bawah ini merupakan salah satu contoh template CV yang bisa kamu dapatkan di situs Resume.com.

Contoh download template CV dari COOL FREE CV - EKRUT
Contoh download template CV dari Resume.com- EKRUT

5. Indeed

Indeed dikenal sebagai salah satu situs pencari kerja . Walaupun lebih dikenal sebagai situs pencari kerja, Indeed juga memiliki layanan download template CV, yang membantu para pekerja untuk membuat CV yang ideal dan profesional. Cara kerja cukup mudah, pertama kamu bisa memilih jenis template CV yang kamu sukai. Kemudian, ikuti instruksi dan isi kolom dengan informasi yang dibutuhkan.

Jika kamu bingung informasi seperti apa yang ideal dan dimasukan dalam CV, indeed juga menyediakan contoh CV yang bisa kamu akses secara gratis. Kelebihan lain dari indeed, kamu tidak dibatasi berapa banyak halaman CV dan bisa langsung diunduh dengan format PDF. Berikut ini salah satu contoh template CV yang bisa kamu buat di indeed.

Contoh download template CV dari Indeed- EKRUT
Contoh download template CV dari Indeed- EKRUT

6. Enhancv

Enhancv adalah salah satu situs download template CV terbaik yang menawarkan beragam layanan terkait dokumen persyaratan melamar pekerjaan. Bukan hanya CV, melalui Enhancv, kamu bisa mendapatkan referensi cover letter profesional, konseling karir yang meliputi tips wawancara, review CV, dan lainnya. Template CV yang ditawarkan oleh Enhancv juga sangat beragam, mulai dari CV profesional yang simple, menyesuaikan jenis pekerjaan, hingga desain CV creative. Melalui Enhancv, juga menawarkan jasa review CV apakah informasi yang dimuat telah sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar.

Beragam fasilitas di atas bisa kamu manfaatkan dengan membayar biaya langganan mulai dari $10 per bulannya. Berikut ini merupakan salah satu contoh template CV yang ditawarkan oleh enhancv.

Contoh download template CV dari Indeed- EKRUT
Contoh download template CV dari Enhancv- EKRUT

7. Cultivated Culture

Situs terakhir yang bisa kamu gunakan untuk download template CV adalah Cultivate Culture. Situs ini menawarkan tools gratis yang dapat digunakan penggunanya untuk membuat CV yang ideal dan profesional. Tidak hanya menawarkan download template CV, situs ini juga memiliki tools yang dapat memberikan penilaian terhadap CV yang telah kamu buat. 

Kelebihan lain yang bisa didapatkan dari situs ini adalah tersedianya informasi tips dan trik bagaimana menulis informasi kualifikasi yang tepat. Tips yang disediakan diklaim telah sukses mengantarkan kandidat mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Twitter, dan uber. Di bawah ini merupakan salah satu contoh template CV yang bisa kamu gunakan pada situs ini.

Contoh download template CV dari Indeed- EKRUT
Contoh download template CV dari cultivated culture- EKRUT

Nah, itulah beberapa referensi situs-situs yang menawarkan download template CV gratis yang bisa kamu gunakan. Situs-situs di atas bisa kamu manfaatkan untuk membuat CV yang ideal dan terlihat profesional. Dengan CV yang ideal, diharapkan kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian menjadi lebih lancar. Namun, jika kamu masih membutuhkan informasi profesional lain terkait membuat CV hingga wawancara kerja, yuk, daftar dan buat akun EKRUT.

Jika kamu sudah mempersiapkan CV yang ideal, tahapan berikutnya adalah mempersiapkan menjawab wawancara pekerjaan dengan baik dan benar. Simak penjelasan lengkapnya melalui video di bawah ini!


sign up EKRUT

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video