Published on

startup

Ingin menjadi enterpreneur muda? Ini 6 tips suksesnya

Tsalis Annisa

enterpreneur-muda-EKRUT.jpg

Berjamurnya startup kini menciptakan tren kemunculan tokoh-tokoh enterpreneur muda yang dapat dibanggakan dan dicontoh. Wajar jika profesi enterpreneur ini mulai digandrungi anak-anak muda yang tidak lagi terpaku pada mimpi bekerja di perusahaan orang.

Lagipula, siapa yang tidak mau memiliki perusahaan sendiri yang dapat kamu atur dengan bebas? Apalagi, memiliki usaha sendiri akan memberikan kamu kesempatan untuk melihatnya tumbuh dari nol hingga besar. 

Namun, menjadi seorang enterpreneur tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada beberapa cara yang patut diterapkan guna mengembangkan kemampuan usahamu. Jika kamu berminat menjadi salah satu enterpreneur muda yang sukses, sebaiknya lanjutkan baca caranya di bawah ini, ya!

Berusahalah tekun dan sabar terhadap hal yang kamu kerjakan 

Ketekunan dan kesabaran diperlukan oleh seorang enterpreneur. Ketekunan dan kesabaran akan menghasilkan kemampuan untuk tetap berusaha meskipun semua orang di sekitar telah menganjurkan untuk menyerah.  

Jadi, jika kamu ingin menjadi seorang enterpreneur sukses, ketekunan dan kesabaran yang diiringi dengan kerja keras adalah kunci utamanya. Tanpa hal-hal ini, kamu tidak akan bisa berkembang menjadi enterpreneur yang baik sampai kapanpun.

Menerima dan terbuka untuk pengalaman baru

Tidak ada orang yang akan mendapat sebuah hal hebat hanya dengan bertahan pada zona nyamannya. Jika kamu berkeinginan menjadi seorang enterpreneur, cobalah untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan bukalah pikiran serta dirimu untuk hal-hal baru.

Mulai dari sekarang, buatlah kebiasaan dalam mencari pengalaman baru yang dapat menyeretmu ke hal-hal yang belum pernah kamu coba dan alami sebelumnya. Bahkan jika perlu, kamu harus merasakan bagaimana cara menghadapi masalah, orang, dan ide yang dapat membantumu berkembang.

Jadilah seorang pemberi solusi

Banyak orang yang menyadari kekurangan dalam hidup dan berharap dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya dengan produk atau layanan yang berguna. Namun, hanya sedikit yang berangkat dari keresahan tersebut dan bertindak menciptakan sebuah solusi.

Jadi, agar bisa menjadi seorang enterpreneur muda yang sukses, kamu harus selalu peka dengan masalah yang ada di sekitar dan memberikannya solusi. Terkadang, masalah-masalah yang kamu hadapi sehari-hari bisa saja menjadi inspirasi dalam menemukan jenis usaha yang akan kamu tawarkan nanti.

Harus berani mengambil risiko

Tips satu ini merupakan sifat yang pasti dimiliki oleh semua enterpreneur sukses yang ada. Perlu dicatat, seorang enterpreneur yang sukses pasti tidak takut untuk mengambil risiko dari setiap tindakan dan perbuatan mereka. Kamu perlu mengerti bahwa memperhitungkan risiko yang akan dihadapi terkadang dapat menuntunmu menjadi sukses.

Memulai sebuah bisnis untuk menjadi enterpreneur itu sendiri juga merupakan sebuah langkah yang penuh risiko. Sebab, tidak ada bisnis yang bisa dimulai hanya dengan bermimpi dan berharap tanpa melakukan langkah apa-apa, kan? 

Selalu semangat dengan apa yang kamu kerjakan

Sebagai seorang enterpreneur, kelak kamu akan mencurahkan seluruh waktu, uang, dan tenaga pada bisnismu. Jika kamu tidak mencintai bisnis yang kamu geluti, percuma saja melakukannya, karena akan sulit menumbuhkan semangat untuk hal yang tidak kamu cintai.

Jika kamu bersemangat dan mencintai apa yang kamu geluti, bekerja berjam-jam tidak akan memberatkanmu sama sekali. Sebanyak apapun pengorbanan yang kamu lakukan, jika atas dasar cinta dan passion, bisnis yang kamu geluti tidak akan terasa berat dan membebani.

Berusahalah melihat ada tidaknya kesempatan

Setiap enterpreneur yang berhasil sukses biasanya memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi kesempatan yang ada. Biasanya, enterpreneur memiliki kemampuan untuk melihat adanya peluang ketika orang biasa tidak mampu melihatnya.

Jadi, cobalah sejak dini melakukan identifikasi terhadap berbagai kondisi apakah ada peluang atau tidak pada sebuah situasi. Jika kamu mampu melakukannya, akan mudah bagimu menemukan ranah bisnis yang dapat digeluti dan menguntungkan.

Untuk mengembangkan kebiasaan sebagai seorang enterpreneur tidak dapat dilakukan hanya dalam semalam. Perlu kedisiplinan dan ketekunan sejak dini untuk membiasakannya. Usia belasan tahun sangat tepat untuk mulai membiasakan diri menjadi seorang enterpreneur muda. 

Akan tetapi, jika kamu sudah lewat masa itu, menjadi seorang enterpreneur masih tetap bisa kamu raih jika bersungguh-sungguh. Jadi, jangan patah semangat dulu, ya. Cobalah ikuti tips sukses menjadi enterpreneur muda dan semoga kamu bisa segera jadi salah satunya, ya!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • neilpatel.com
  • succeedasyourownboss.com

Tags

Share