Published on

startup

10 Faktor yang mempengaruhi penawaran dalam perkembangan bisnis

Algonz D.B. Raharja

faktor_yang_mempengaruhi_penawaran.jpg

Transaksi ekonomi atau perdagangan suatu produk tak bisa lepas dari permintaan (demand) dan penawaran (supply). Kedua hal ini menjadi tonggak berlangsungnya sistem produksi hingga pemasaran produk kepada konsumen untuk barang maupun jasa dan saling mempengaruhi satu dengan lainnya. 

Bagi sebuah usaha yang memproduksi barang atau jasa, peningkatan laba dan memperkuat pangsa pasar untuk produk mereka adalah kewajiban. Penentuan cakupan pasar dari produk ini pun ditentukan oleh adanya permintaan dari pasar dan penawaran produk dari perusahaan itu sendiri. Kita akan mencoba memahami tentang apa itu penawaran dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhinya dalam perkembangan bisnis.

Definisi penawaran

Definisi penawaran
Penawaran berbanding lurus dengan harga produk di pasaran (Sumber: Pexels)

Joseph Whelan dan Kamil Msefer dalam risalahnya berjudul “Economic Supply & Demand” mendefinisikan penawaran sebagai berapa banyak barang atau jasa yang ditawarkan pada setiap harga. Kuantitas barang atau jasa menjadi subjek pokok dari penawaran.

Dilansir dalam modul Distribution of Goods and Services dari NIOS, penawaran diartikan bahwa suatu produk barang atau jasa memiliki jumlah komoditas yang ditawarkan oleh penjual untuk dijual dengan harga tertentu pada waktu tertentu. Pengertian penawaran ini meliputi tiga hal utama yaitu,

  • Jumlah komoditas yang ditawarkan untuk dijual oleh penjual
  • Harga komoditas yang diberikan di pasar di mana penjual bersedia menjual jumlah komoditas tersebut
  • Jangka waktu di mana penjual bersedia menjual jumlah komoditas atau produk barang dan jasa

Secara umum, penawaran dapat disimpulkan sebagai kuantitas barang atau jasa yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi di mana mereka mampu menjualnya selama periode waktu tertentu pada harga tertentu.

Baca juga: 6 Faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran

Hukum penawaran

Hukum penawaran
Penawaran adalah ketersediaan sejumlah produk barang atau jasa dengan harga tertentu dan dijual pada waktu tertentu. (Sumber: Pexels)

Dalam teori dasar ekonomi, konsep penawaran memiliki hukum yang cukup sederhana dan baku yaitu,

  • Jika harga suatu barang naik, jumlah yang ditawarkan akan meningkat
  • Jika harga suatu barang turun, jumlah yang ditawarkan akan menurun

Hukum penawaran ini didapat dari sebuah kondisi atau pertanyaan yang setidaknya berbunyi “Berapa banyak barang atau jasa yang bersedia diberikan oleh suatu perusahaan dan pada harga berapa mereka hendak menjualnya?”

Lantas, jawaban dari pertanyaan itu adalah “Jika tidak ada perubahan, sebuah perusahaan akan menghasilkan jumlah produk barang dan jasa yang lebih besar ketika barang tersebut tinggi”. Mengapa? Tentu saja, ketika harga produk serupa di pasaran tinggi, perusahaan akan mengejar keuntungan dan potensi pasar dengan menawarkan produk dengan jumlah maksimal.

Menurut Raem Haekal dari Marion County-University of Kentucky, hukum penawaran menunjukkan jumlah yang akan dijual dengan harga tertentu dengan hubungan relasional antar kurva yang sejalan atau koheren. Sehingga, pasokan produsen akan lebih banyak pada harga tinggi untuk meningkatkan pendapatan. 

Kurva penawaran sendiri merupakan representasi grafis dari korelasi antara biaya barang atau jasa dan kuantitas yang ditawarkan untuk periode tertentu. Dalam ilustrasinya, kurva penawaran akan menempatkan harga pada sumbu vertikal kiri, sedangkan kuantitas yang ditawarkan akan muncul pada sumbu horizontal. Di bawah ini adalah contoh kurva penawaran.

contoh kurva penawaran
Contoh kurva penawaran (Sumber: ibguides.com)

10 Faktor yang mempengaruhi penawaran

10 Faktor yang mempengaruhi penawaran
Tinggi rendahnya harga suatu produk mempengaruhi penawaran produk tersebut di pasaran (Sumber: Pexels)

Seperti halnya permintaan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, penawaran pun dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang disebut dengan determinan penawaran. Secara ummu, penawaran suatu produk bergantung pada harganya dan variabel-variabel lain seperti biaya produksi dan sebagainya. Adapun 10 faktor yang mempengaruhi penawaran adalah sebagai berikut:

1. Harga produk

Harga barang adalah faktor utama yang mempengaruhi penawaran. Sebabnya biaya yang lebih rendah akan memicu penawaran yang rendah, dan sebaliknya jika harga produk tinggi di pasaran maka penawaran produk akan meningkat. Peningkatan dan penurunan harga barang ini juga akan berpengaruh pada keuntungan yang didapat dari penjualan barang atau jasa.

Spekulasi tentang harga produk di masa depan juga dapat mempengaruhi penawaran suatu produk. Jika harga suatu produk naik di masa depan, maka pasokan produk tersebut akan berkurang di pasar saat ini karena keuntungan yang diharapkan oleh penjual di masa depan, begitu pula sebaliknya. 

Baca juga: 8 Strategi dan contoh analisis pesaing dalam marketing

2. Biaya Produksi

Faktor yang mempengaruhi penawaran selanjutnya adalah biaya produksi. Biaya produksi merupakan salah satu faktor pokok bagi penawaran karena penawaran suatu produk akan berkurang dengan meningkatnya biaya produksi barang atau jasa dan sebaliknya. Penawaran suatu produk dan biaya produksi memiliki hubungan berbanding terbalik satu sama lain.

Jadi, seorang penjual produk akan memasak lebih sedikit produk di pasar ketika biaya produksi melebihi harga pasar produk. Hal ini akan memicu penjual atau produsen untuk menunggu kenaikan harga produk di masa depan. Biaya produksi barang atau jasa dapat naik karena pengaruh beberapa hal seperti tingginya upah tenaga kerja, harga bahan baku, biaya transportasi, hingga tarif pajak.

3. Jumlah produsen

Jumlah produsen
Adanya jumlah produsen sebuah produk yang serupa akan mempengaruhi stabilitas penawaran atas produk tersebut (Sumber: Pexels)

Jumlah produsen untuk suatu produk serupa menjadi faktor yang dapat mempengaruhi penawaran dikarenakan peningkatan kuantitas produk di suatu wilayah tertentu. Jika suatu wilayah tertentu memiliki sejumlah produsen untuk produk A maka penawaran produk A akan relatif stabil di pasaran, hal ini akan berkorelasi dengan besaran harga produk di pasaran karena persaingan yang cukup ketat maka harga produk umumnya tidak akan terpaut jauh satu sama lain untuk produk serupa.

Baca Juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

4. Proyeksi keuntungan

Suatu produsen atau perusahaan tentunya akan mencari keuntungan tertinggi dari penjualan suatu barang atau jasa. Hal ini menjadi faktor yang mempengaruhi penawaran secara langsung. Produsen yang ingin mendapat margin keuntungan besar akan meningkatkan harga jual produk di pasaran. Hal ini bisa saja berjalan positif ketika memang permintaan produk tinggi, tetapi akan berbalik negatif jika ternyata harga produk di pasar jauh lebih rendah daripada harga produk yang ditawarkan. 

Penguasaan pasar atas suatu produk umumnya akan dilakukan dengan menetapkan harga yang lebih rendah. Meski begitu, langkah ini dapat diimbangi dengan membanjiri pasar dengan kuantitas produk yang cukup tinggi. Keuntungan rendah dalam jumlah atau kuantitas produk tinggi dapat membuat keberlanjutan produk di pasaran daripada produk dengan harga tinggi melebihi harga pasaran produk serupa di pasaran.

5. Persaingan produk

Persaingan produk
Persaingan produk di pasar akan menentukan penawaran dan harga produk tersebut di pasaran (Sumber: Pexels)

Hampir serupa dengan faktor jumlah produsen, persaingan produk merupakan faktor yang mempengaruhi penawaran yang cukup penting. Hal ini dikarenakan bahwa persaingan produk serupa di pasaran akan membenturkan persoalan kualitas dan harga barang, dan tentu saja kuantitas. Harga barang atau jasa di pasaran akan dipengaruhi oleh persaingan produk ini, jika varian harga bergerak di satu rentang tertentu maka mau tak mau penawaran produk akan berada di harga itu.

Persaingan produk akan mempengaruhi penawaran suatu produk serupa untuk berpacu dalam segi kualitas dan harga. Tentu saja jika suatu produsen mematok harga tinggi untuk suatu produk yang di pasaran dapat dibeli dengan harga lebih murah maka ia perlu meningkatkan kualitas produknya agar dapat berkompetisi di pasaran. Penawaran produk-produk serupa dengan harga variatif akan membentuk iklim kompetitif antar produsen di pasaran secara umum.

Baca juga: 7 Teknik closing sales untuk tingkatkan penjualan

6. Harga barang di masa depan

Faktor lain yang mempengaruhi penawaran adalah harga barang di masa depan. Hal ini selaras dengan adanya proyeksi produsen terhadap potensi keuntungan jika suatu produk dijual di masa mendatang akan memiliki harga lebih tinggi dan menguntungkan. Hal ini nantinya akan membuat penawaran produk saat ini turun karena fokus penjualan baru akan dibuka lebar saat harga barang naik di masa mendatang.

7. Faktor alam

Kondisi alam menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi penawaran. Faktor ini dapat dimisalkan dari perubahan cuaca dan iklim tertentu yang memungkinkan adanya bencana alam hingga gagal panen, atau bahkan menyusutnya bahan baku alam dari suatu produk. Misalnya saja, penawaran tepung berbahan dasar beras akan meningkat saat produksi padi didukung oleh musim hujan yang ideal. Sebaliknya, jika kemarau panjang dan tidak ada air yang cukup untuk mengairi sawah maka penawaran tepung beras akan turun.

8. Teknologi

Teknologi
Teknologi merupakan faktor utama yang membuat kuantitas produksi menjadi meningkat (Sumber: Pexels)

Teknologi menjadi salah satu faktor yang belakangan terus berkembang mempengaruhi penawaran. Kemajuan teknologi tentunya dapat meningkatkan produksi suatu produk dan meningkatkan pasokan produk tertentu. Otomatisasi dan komputerisasi proses produksi juga tentunya membuat operasional perusahaan menjadi lebih ringkas dan murah. Hal ini juga akan berpengaruh pada penetapan harga dan kuantitas produk di pasaran.

9. Pajak

Pajak
Pajak merupakan salah satu kebijakan yang dapat meningkatkan harga suatu produk yang ditawarkan (Sumber: Pexels)

Tak bisa disangkal bahwa pajak yang ditetapkan pemerintah terhadap suatu produk dapat mempengaruhi kuantitas produk di pasaran. Hal ini disebabkan biaya yang dikeluarkan untuk suatu produk akan bertambah dengan adanya pajak. Pajak akan mempengaruhi penawaran karena kuantitas produk yang tinggi tentunya berbanding lurus dengan pajak yang harus dibayarkan perusahaan. Umumnya kondisi ini dapat diatasi dengan cara diversifikasi produk dan produksi atau distribusi produk di pasar atau wilayah lain.
    
10. Kebijakan pemerintah

Faktor utama lain yang mempengaruhi penawaran adalah kebijakan pemerintah, di mana hal ini umum ditemui di negara dengan sistem ekonomi campuran. Kebijakan fiskal dan industri yang ditetapkan pemerintah akan berdampak pada penawaran suatu produk. Hal ini juga berlaku seperti pada misalnya pengadaan subsidi pemerintah terhadap produk barang pokok atau transportasi umum.

Pengurangan harga suatu barang akibat subsidi pemerintah akan meningkatkan penawaran barang tersebut. Sebab, dengan adanya subsidi tersebut konsumen dan pasar akan dapat mengakses suatu barang yang tadinya berharga mahal akibat kelangkaan bahan baku maupun tekanan ekonomi.

Baca juga: Mengenal IPO (Initial Public Offering) dengan lengkap sebelum investasi

Itulah tadi faktor-faktor utama yang mempengaruhi penawaran dengan berbagai alasan dan kondisi. Pemahaman ini perlu dikuasai oleh pemilik usaha atau seorang produsen dalam menentukan harga produk, cakupan pasar, hingga kuantitas produk yang akan mereka kerjakan. Penawaran produk dengan strategi yang baik akan menciptakan keuntungan yang signifikan. Sebaliknya, jika penawaran dilakukan tanpa memperhatikan beberapa faktor-faktor ini maka bisa dipastikan produk yang ditawarkan sulit menembus pasar.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam bidang pemasaran dan analisis ekonomi, tentunya pemahaman tentang penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya menjadi penting untuk dikenal. Nah, jika kebetulan kamu sedang mencari pekerjaan yang tepat bagi kemampuanmu tadi, maka lekas bergabunglah melalui EKRUT untuk mendapatkan informasi dan koneksi dengan perusahaan-perusahaan terbaik yang siap merekrutmu. Daftarkan dirimu segera lewat tautan di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • ECONOMIC SUPPLY & DEMAND
  • 10 SUPPLY
  • Economics Basics: Supply and Demand

Tags

Share