Published on

Careers

10 Fasilitas yang diharapkan dan wajib ditanyakan selain gaji

Nadroh Nur Amalia

10_List_fasilitas_yang_diharapkan_dan_wajib_ditanyakan_selain_gaji.png

Ada banyak tunjangan fasilitas yang diharapkan saat mengevaluasi tawaran pekerjaan. Tetapi banyak yang mengabaikan dan tidak melakukan negosiasi atau menanyakan saat menerima tawaran pekerjaan. Biasanya, lulusan baru dari perguruan tinggi baru atau yang sedang membutuhkan pekerjaan mungkin sangat berfokus untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Akan tetapi mengabaikan peran penting tunjangan fasilitas yang diharapkan merupakan kesalahan yang perlu dihindari.

Untuk memahami tunjangan fasilitas yang diharapkan selain gaji, kami sudah merangkum 10 daftar tunjangan untuk jadi panduanmu untuk proses menerima pekerjaan baru.

Alasan fasilitas yang diharapkan lainnya lebih penting dari gaji semata

Alasan fasilitas yang diharapkan lainnya lebih penting dari gaji semata
Mendapatkan fasilitas yang diharapkan akan meningkatkan motivasi kerja. (Foto: Pexels)

Kamu mungkin sedang mendapatkan penawaran kerja dengan posisi jabatan yang bagus, Selain posisi jabatannya, gaji yang ditawarkan mungkin melebihi ekspektasi. Namun, sebelum kamu menjawab "ya", penting untuk mempertimbangkan paket tunjangan fasilitas yang diharapkan karyawan. 

Tunjangan kinerja dapat meliputi 40 persen atau bahkan lebih dari total paket kompensasi gaji besar yang diunggulkan recruiter. Jadi penting untuk mengetahui dengan tepat tunjangan apa yang akan diberikan kepada kamu karena bisa jadi gaji besar tersebut berupa paket dari keseluruhan gaji dan sebetulnya pendapatannya tidak begitu besar. 

Selanjutnya, untuk keberlangsungan kerja kamu mendapatkan informasi tunjangan dan membuat sendiri daftar fasilitas yang diharapkan. Hal ini jauh lebih baik untuk dipersiapkan  sepenuhnya sebelum kamu menerima suatu posisi daripada menemui kejadian yang tidak menyenangkan di kemudian hari.

Baca juga: Pentingnya kesejahteraan karyawan bagi kualitas pekerja

10 Fasilitas yang diharapkan dan wajib ditanyakan

10 Fasilitas yang diharapkan dan wajib ditanyakan
Tunjangan fasilitas yang diharapkan akan mengurangi jenuh bekerja. (Foto: Pexels)

Meskipun tunjangan fasilitas yang diharapkan karyawan dapat bervariasi menurut ukuran perusahaan, lokasi geografis, dan jenis industri, berikut adalah 10 daftar teratas yang harus kamu fokuskan saat memilih pekerjaan, baik sebagai lulusan baru atau profesional berpengalaman:

1. Asuransi kesehatan dan jiwa

1. Asuransi kesehatan dan jiwa
Pendampingan kesehatan mental perluy dipertimbangkan sebagai fasilitas yang diharapkan. (Foto: Pexels)

Beberapa perusahaan memfasilitasi karyawannya dengan asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi kamu saat mulai bekerja di perusahaan baru. Bahkan jaminan kesehatan juga kini ditawarkan berupa asuransi jaminan kesehatan mental pada beberapa perusahaan. Jaminan rasa aman saat sakit dari perusahaan jadi hal pertama dalam daftar fasilitas yang diharapkan. Dengan tersedianya fasilitas yang diharapkan berupa asuransi kesehatan dari perusahaan akan memberikan rasa tenang kepada karyawan dalam bekerja. 

2. Hak cuti dan aturan waktu kerja

Pastikan untuk meminta fasilitas yang diharapkan untuk keseimbangan kehidupan kerja seperti cuti berbayar. Banyak perusahaan akan menawarkan waktu cuti berbayar dalam jumlah terbatas. Pastikan juga perusahaan yang akan kamu terima menjamin program cuti tahunan yang baik. Kamu juga perlu mempelajari regulasi pemerintah mengenai cuti berbayar dan memastikan apakah perusahaan mematuhinya. 

3. Kesehatan gigi dan tunjangan kacamata

Kesehatan gigi dan tunjangan kacamata
Biaya kesehatan gigi membutuhkan dana yang tidak sedikit. (Foto: Pexels)

Selain asuransi kesehatan, perlindungan kesehatan gigi dan mata secara spesifik perlu jadi pertimbangan fasilitas yang diharapkan. Kini, banyak perusahaan yang memfasilitasi karyawannya untuk menjaga kesehatan gigi dan mata karena biayanya yang cukup besar dan membutuhkan penanganan khusus.

4. Bonus performa kinerja

Bonus di luar gaji pokok bisa menjadi motivasi karyawan dalam mencapai produktivitas kerja. Menanyakan mengenai bonus sebagai fasilitas yang diharapkan perlu kamu pertimbangkan. Kamu perlu memastikan bahwa bonus yang diberikan perusahaan merupakan hitungan insentif di luar keseluruhan gaji. 

Salah satu bentuk negosiasi gaji yang sering dilupakan orang adalah skema bonus. Hal ini dapat dan harus dinegosiasikan bahkan setiap tahun selama evaluasi kinerja. Kamu dapat menegosiasikan bonus sign-on atau bonus relokasi saat pertama kali menerima tawaran, dan kamu juga dapat bernegosiasi untuk jenis bonus lain misalnya bonus yang kamu peroleh jika kinerjamu bagus atau melebihi target dalam pekerjaan.

5. Tunjangan tempat tinggal

Jika lokasi utama kegiatan perusahaan berada di tempat dengan akses yang sulit atau jauh, kamu perlu menanyakan apakah perusahaan menyediakan tempat tinggal seperti rumah dinas, mes atau asrama bagi karyawannya. Selain itu, bagi perusahaan biasa perlu mempermudah kesempatan bagi karyawannya yang akan membeli tempat tinggal atau rumah sebagai fasilitas yang diharapkan. Bantuan tersebut dapat berupa, skema bantuan proses pengajuan KPR dan sebagainya.

6. Tunjangan teknologi dan transportasi

6. Tunjangan teknologi dan transportasi
Commuting menuju tempat kerja membutuhkan biaya dan waktu. (Foto: Pexels

Seperti yang kita ketahui, kini biaya transportasi dan teknologi di kota-kota besar bisa menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Kebutuhan internet tiap bulan atau commuting, misalnya. Untuk beberapa pekerjaan yang membutuhkan kendaraan perusahaan perlu menyediakan kendaraan. 

Perusahaan dengan concern yang baik akan menawarkan fasilitas ini di luar gaji mengingat kebutuhan teknologi dan transportasi sangat penting. Untuk mendapatkan kerja dengan tunjangan fasilitas yang diharapkan di perusahaan ini kamu bisa mulai bertemu dengan talent scouter profesional di EKRUT

7. Asuransi keluarga

Untuk mendukung kesehatan karyawan dan melindungi karyawan secara finansial, beberapa perusahaan menyediakan fasilitas asuransi kesehatan untuk keluarga karyawan. Fasilitas ini memberikan perlindungan kesehatan yang diperuntukkan untuk para karyawan dan anggota keluarganya dalam keluarga inti misalnya untuk pasangan dan anak. 

Perusahaan yang memberikan fasilitas yang diharapkan ini menggunakan jenis asuransi kesehatan grup atau asuransi kumpulan. Jenis asuransi ini dikhususkan bagi sekelompok orang yang tergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga.

Baca juga: Tunjangan yang harus kamu pertimbangkan setelah menikah

8. Jaminan hari tua

Jaminan hari tua
Jaminan hari tua menjadi fasilitas yang diharapkan oleh karyawan loyal profesional di perusahaan. (Foto: Pexels)

Banyak perusahaan besar kini menyediakan fasilitas jaminan hari tua pada talenta profesional perusahaannya. Jaminan hari tua dapat diberikan berupa pesangon atau bahkan uang pensiun. Banyak juga perusahaan yang memberikan bagian saham perusahaan sebagai jaminan hari tua jangka panjang yang keuntungannya bisa didapatkan selama puluhan tahun. 

9. Program pengembangan karier

Karyawan membutuhkan pengembangan karier sebagai fasilitas yang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan profesional kerja pada bidang masing-masing. Program pengembangan karier dapat berupa pelatihan atau fasilitas course gratis untuk meningkatkan kemampuan teknis. Perusahaan yang menawarkan program ini menunjukkan bahwa mereka serius bukan hanya dengan mempekerjakan karyawan tapi juga menjadi tempat talenta profesional untuk berkembang.

10. Kesempatan beasiswa pendidikan

Perusahaan yang baik akan peduli dengan peningkatan kualitas pendidikan karyawannya. Kamu perlu menambahkan kesempatan beasiswa pendidikan dalam daftar tunjangan fasilitas yang diharapkan. Kadang kesempatan ini bukan hanya berupa bantuan biaya pendidikan, tetapi kesempatan untuk berhenti sementara dari perusahaan dengan jaminan untuk kembali bekerja saat masa studi berakhir. Hal tersebut berlaku misalnya untuk orang-orang yang harus menempuh beasiswa pendidikan tinggi di luar negeri. 

Nah, ternyata penting sekali memikirkan dan membuat daftar fasilitas yang diharapkan supaya kerjamu bisa berkelanjutan di perusahaan. Untuk lancar bernegosiasi kamu perlu meningkatkan kemampuanmu dan sehingga bisa mempresentasikan kelebihan profesional dan mendapatkan tunjangan fasilitas lengkap.

Selain fasilitas yang diharapkan masih banyak lagi pertimbangan sebelum menerima job offer. Yuk tonton video berikut ini!

Sumber: 

  • careercast.com 
  • self.com 
  • salary.com 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    cover_(8).jpg

    Careers

    Termin: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Bedanya dengan Uang Muka

    Detty Risetya

    28 June 2022
    5 min read
    H1_Honorarium.jpg

    Lainnya

    Honorarium: Definisi, Ketentuan Hukum, dan Bedanya dengan Gaji

    Algonz D.B. Raharja

    27 June 2022
    5 min read

    Video