Published on

Careers

Memahami financial freedom dan 6 cara tepat mencapainya

Maria Tri Handayani

financial-freedom-adalah---EKRUT.jpg

Mencapai financial freedom atau kebebasan finansial mungkin menjadi salah satu mimpimu. Tapi sayangnya, sekalipun kamu sudah memiliki gaji yang tinggi hal ini tidaklah mudah untuk dicapai.

Pasalnya, kebebasan finansial bukan hanya dicapai dengan bermodal gaji yang tinggi tapi juga kemampuan dalam mengolahnya. Lalu, seperti apa sebenarnya financial freedom dan bagaimana cara untuk mencapainya? 

Apa itu financial freedom

financial freedom adalah - EKRUT
Untuk mencapai financial freedom dibutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat - EKRUT

Pada dasarnya, kebebasan finansial atau financial freedom adalah keadaan di mana kamu dapat mengambil berbagai keputusan dalam hidup tanpa terlalu mengkhawatirkan dampaknya pada keadaan keuanganmu sendiri. 

Tidak mengkhawatirkan keadaan keuangan di sini bukan selalu berarti karena kamu sudah kaya dan memiliki banyak uang, ya. Melainkan karena karena kamu sudah menyiapkan dan mengelola keuanganmu dengan sebaik mungkin

7 Tahapan sebelum mencapai financial freedom 

Financial freedom adalah - EKRUT
Untuk mencapai tahapan financial freedom kamu harus melewati tahapan keuangan lainnya - EKRUT

Sebelum mencapai keadaan financial freedom, umumnya orang-orang akan melewati beberapa tahapanan dalam keadaaan keuangannya seperti: 

  • Dependence. Ini tahap ketika kamu masih belum memiliki penghasilan dan bergantung penuh pada orang lain
  • Solvency. Di tahap ini kamu mulai dapat memenuhi pengeluaran kamu sendiri, namun terkadang kamu masih membutuhkan bantuan dari orang misalnya dalam bentuk pinjaman untuk memenuhi pengeluaran tersebut. 
  • Stability. Pada tahap ini kamu sudah dapat memenuhi kebutuhan sendiri, melunasi beberapa hutang, menekan pengeluaran dan mulai dapat menabung. Meski begitu, masih ada kemungkinan kamu tetap mengambil pinjaman karena pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan 
  • Debt freedom. Pada titik ini kamu telah mampu menyisihkan uang untuk dana darurat karena telah melunasi sebagian besar utang kamu. Kamu tidak lagi hanya memiliki cukup uang untuk bertahan hidup, namun juga berhasil memperbaiki keadaan keuangan menjadi lebih baik. 
  • Financial security. Kamu sudah mulai memasukkan dana untuk investasi berharga yang dapat menghasilkan pengembalian jangka pendek, menengah dan panjang. Kamu pun mulai menikmati keuntungan dari investasi yang kamu lakukan.
  • Financial independence. Kamu terus melakukan investasi jangka panjang secara solid hingga  suatu titik pendapatan dari investasi saja bahkan dapat menutupi kebutuhan gaya hidup saat ini. 
  • Financial freedom. Ini adalah kondisi dimana kondisi keuanganmu dapat mencukupi gaya hidup yang kamu inginkan. 

Bila pendapatanmu terus mengalir dan kondisi keuangan dapat memenuhi gaya hidup yang diinginkan, tidak menutup kemungkinan kamu bahkan dapat mencapai tahap keuangan paling akhir, yaitu abundance.

Di tahap ini kamu memiliki pendapatan yang bahkan melebihi kebutuhan kamu sendiri.

Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah mengelola kekayaan atau mempertimbangkan rencana untuk menurunkan kekayaan itu ke generasi penerus kamu.

Baca juga: Gajimu 10 juta? Ini 8 cara menabung yang tepat untukmu

6 Cara mencapai financial freedom 

financial freedom adalah - EKRUT
Kebebasan finansial tiap orang bisa jadi berbeda - EKRUT

Ada beberapa langkah yang bisa kamu mulai terapkan dalam cara mencapai kebebasan finansial.

1. Pahami keadaan keuangan kamu saat ini 

Langkah pertama dalam cara mencapai financial freedom adalah dengan mengenali keadaan keuangan kamu saat ini. 

Lihatlah berapa tabungan yang kamu miliki, uang yang kamu butuhkan dan hutang yang harus kamu lunasi. 

Bandingkan dengan pendapatan dan kebutuhan kamu setiap bulan. Dengan mengenali keadaan finansial saat ini kamu bisa tahu dari mana harus memulai memperbaiki dan mengembangkan kondisi finansialmu tersebut.

2. Tentukan tujuan

Selanjutnya, cara mencapai financial freedom adalah dengan menentukan tujuan kebebasan finansial seperti apa yang ingin kamu capai.Setiap orang dapat mengartikan apa itu financial freedom menurut mereka. 

Contohnya, bisa jadi kebebasan finansial menurut kamu adalah ketika kamu dapat memilih mengembangkan karier yang kamu gemari tanpa mengkhawatirkan nominal gaji. 

Atau kebebasan finansial versi kamu adalah ketika kamu dapat menjalankan hobi traveling ke luar negeri setahun sekali tanpa perlu mengambil dana darurat dan berhutang. 

Dengan menentukan arti dan tujuan kebebasan finansial sendiri, kamu dapat lebih mudah menentukan cara tepat untuk mencapainya. 

Karena itu tentukan tujuan kebebasan finansial dan rentang waktu yang kamu perlukan secara spesifik. 

3. Mengelola keuangan dengan tepat 

Jika sudah memiliki tujuan kebebasan finansial, berikutnya cara mencapai financial freedom adalah dengan mengelola keuangan dengan tepat. 

Tidak mungkin kamu dapat mencapai kebebasan finansial bila selama ini kamu masih bertahan hidup dari gaji ke gaji, atau bahkan memiliki pemasukan yang lebih kecil dari pengeluaran.

Itu sebabnya kelola keuangan dengan tepat. Buatlah anggaran dan catat segala pengeluaran setiap bulan.

Jika kamu tidak dapat mencatat segala pengeluaran, pastikan bahwa kamu setidaknya melakukan beberapa hal penting seperti: 

  • Menghindari pengeluaran yang melebihi penghasilan
  • Menghemat pengeluaran di beberapa pos keuangan yang dirasa tidak penting
  • Memastikan bahwa kamu sudah menyisihkan pendapatan untuk dana darurat dan tabungan pensiun.

Baca juga: 5 Cara menyiapkan dana pensiun sejak dini

4. Lunasi hutang

Hutang adalah kendala yang kerap dialami banyak orang untuk mencapai kebebasan finansial. Itu sebabnya, pastikan kamu mulai memasukkan pembayaran hutang ke dalam perhitungan anggaran dan pengeluaranmu. 

Bila kamu memiliki cukup banyak hutang, maka pertimbangkanlah untuk melunasi hutang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. 

Dengan mulai melunasi segala hutang yang menumpuk maka kamu jadi terbantu untuk membentuk fondasi yang tepat dalam membangun keadaan finansial yang lebih baik. 

5. Mulailah berinvestasi 

Nilai uang yang kamu miliki lambat laun bisa berkurang karena pengaruh inflasi. Untuk menghindari hal tersebut, maka pilihan lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara mencapai financial freedom adalah dengan mulai berinvestasi. 

Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih. Pelajari dan pilihlah dengan seksama investasi apa yang hendak kamu ambil baik jangka pendek atau panjang. 

6. Perkaya pengetahuan finansial 

Semakin banyak pengetahuan tentang keuangan yang kamu miliki, semakin mudah kamu membuat keputusan terhadap pengelolaan uang. Karena itu jangan lupa untuk terus memperkaya pengetahuan tentang keuangan dari berita, buku, podcast, seminar, internet dan sumber informasi lainnya. 

Itulah informasi penting yang bisa kamu simak terkait apa itu financial freedom dan cara-cara untuk mencapainya. Nah, seperti apakah kondisi finansialmu saat ini? Sudahkah dekat dengan kondisi kebebasan finansial, atau  justru sebaliknya? 

Jika masih jauh jangan jadikan berhenti mewujudkan impianmu mencapai financial freedom ya. Terus terapkan cara terbaik dalam mengelola keuangan dari sekarang maka niscaya keinginan tersebut bisa jadi kenyataan. 

financial freedom adalah - EKRUT
Last update: 23 Mei 2020 

Sumber: 

  • investopedia.com
  • daveramsey.com
  • spaceshipinvest.com.au
     

Tags

Share