Published on

Lainnya

12 Cara mewujudkan financial freedom dengan realistis dan tepat guna

Maria Tri Handayani

financial-freedom-adalah---EKRUT.jpg

Mencapai financial freedom atau kebebasan finansial mungkin menjadi salah satu mimpimu. Tapi sayangnya, sekalipun kamu sudah memiliki gaji yang tinggi hal ini tidaklah mudah untuk dicapai.

Pasalnya, kebebasan finansial bukan hanya dicapai dengan bermodal gaji yang tinggi tapi juga kemampuan dalam mengolahnya. Lalu, seperti apa sebenarnya financial freedom dan bagaimana cara untuk mencapainya? 

Apa itu financial freedom

financial freedom adalah - EKRUT
Untuk mencapai financial freedom dibutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat - EKRUT

Pada dasarnya, kebebasan finansial atau financial freedom adalah keadaan di mana kamu dapat mengambil berbagai keputusan dalam hidup tanpa terlalu mengkhawatirkan dampaknya pada keadaan keuanganmu sendiri. Tidak mengkhawatirkan keadaan keuangan di sini bukan selalu berarti karena kamu sudah kaya dan memiliki banyak uang, ya. Melainkan karena karena kamu sudah menyiapkan dan mengelola keuanganmu dengan sebaik mungkin

Pentingnya membangun financial freedom

Pentingnya membangun financial freedom
Financial freedom memberikan kebebasan untuk menentukan pilihan hidup. (Sumber: Pexels)

Financial freedom akan memberimu pilihan tanpa batas tentang bagaimana memilih cara untuk menjalani hidup. Kebanyakan orang berpikir itu tidak mungkin atau sulit untuk dicapai, ini mungkin benar tetapi kamu harus ingat bahwa itu bukan berarti tidak mungkin. 

Ketika kamu memiliki financial freedom, maka kamu jauh lebih bisa menentukan pilihan tanpa harus terbebani masalah finansial. Kamu tidak lagi perlu bertanya-tanya apakah rekening bank kamu cukup untuk membayar tagihan bulanan kamu. Setelah mencapai financial freedom, uang tidak lagi mengontrol keputusan yang kamu ambil.

Bagi beberapa orang, financial freedom berarti:

  • Berkurangnya stres dan kekhawatiran tentang masalah finansial.
  • Kemampuan untuk bepergian dan berlibur tanpa khawatir bagaimana membayarnya.
  • Dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman, daripada terus-menerus mengejar gaji untuk menutupi pengeluaran.
  • Kemampuan mendirikan bisnis atau membantu orang lain.

7 Tahapan sebelum mencapai financial freedom 

Financial freedom adalah - EKRUT
Untuk mencapai tahapan financial freedom kamu harus melewati tahapan keuangan lainnya - EKRUT

Sebelum mencapai keadaan financial freedom, umumnya orang-orang akan melewati beberapa tahapanan dalam keadaaan keuangannya seperti: 

  • Dependence. Ini tahap ketika kamu masih belum memiliki penghasilan dan bergantung penuh pada orang lain
  • Solvency. Di tahap ini kamu mulai dapat memenuhi pengeluaran kamu sendiri, namun terkadang kamu masih membutuhkan bantuan dari orang misalnya dalam bentuk pinjaman untuk memenuhi pengeluaran tersebut. 
  • Stability. Pada tahap ini kamu sudah dapat memenuhi kebutuhan sendiri, melunasi beberapa hutang, menekan pengeluaran dan mulai dapat menabung. Meski begitu, masih ada kemungkinan kamu tetap mengambil pinjaman karena pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan 
  • Debt freedom. Pada titik ini kamu telah mampu menyisihkan uang untuk dana darurat karena telah melunasi sebagian besar utang kamu. Kamu tidak lagi hanya memiliki cukup uang untuk bertahan hidup, namun juga berhasil memperbaiki keadaan keuangan menjadi lebih baik. 
  • Financial security. Kamu sudah mulai memasukkan dana untuk investasi berharga yang dapat menghasilkan pengembalian jangka pendek, menengah dan panjang. Kamu pun mulai menikmati keuntungan dari investasi yang kamu lakukan.
  • Financial independence. Kamu terus melakukan investasi jangka panjang secara solid hingga  suatu titik pendapatan dari investasi saja bahkan dapat menutupi kebutuhan gaya hidup saat ini. 
  • Financial freedom. Ini adalah kondisi dimana kondisi keuanganmu dapat mencukupi gaya hidup yang kamu inginkan. 

Bila pendapatanmu terus mengalir dan kondisi keuangan dapat memenuhi gaya hidup yang diinginkan, tidak menutup kemungkinan kamu bahkan dapat mencapai tahap keuangan paling akhir, yaitu abundance. Di tahap ini kamu memiliki pendapatan yang bahkan melebihi kebutuhan kamu sendiri. Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah mengelola kekayaan atau mempertimbangkan rencana untuk menurunkan kekayaan itu ke generasi penerus kamu.

Baca juga: Gajimu 10 juta? Ini 8 cara menabung yang tepat untukmu

12 Cara mewujudkan financial freedom

financial freedom adalah - EKRUT
Kebebasan finansial tiap orang bisa jadi berbeda - EKRUT

Ada beberapa langkah yang bisa kamu mulai terapkan dalam cara mencapai kebebasan finansial.

1. Pahami keadaan keuangan kamu saat ini 

Pahami keadaan keuangan kamu saat ini
Cara mewujudkan financial freedom dengan memahami keadaan keuangan saat ini. (Sumber: Pexels)

Langkah pertama dalam cara mencapai financial freedom adalah dengan mengenali keadaan keuangan kamu saat ini. Lihatlah berapa tabungan yang kamu miliki, uang yang kamu butuhkan dan hutang yang harus kamu lunasi. Bandingkan dengan pendapatan dan kebutuhan kamu setiap bulan. Dengan mengenali keadaan finansial saat ini kamu bisa tahu dari mana harus memulai memperbaiki dan mengembangkan kondisi finansialmu tersebut.

2. Tentukan tujuan

Tentukan tujuan
Cara mewujudkan financial freedom yaitu menentukan tujuan. (Sumber: Pexels)

Selanjutnya, cara mencapai financial freedom adalah dengan menentukan tujuan kebebasan finansial seperti apa yang ingin kamu capai.Setiap orang dapat mengartikan apa itu financial freedom menurut mereka. Contohnya, bisa jadi kebebasan finansial menurut kamu adalah ketika kamu dapat memilih mengembangkan karier yang kamu gemari tanpa mengkhawatirkan nominal gaji. 

Atau kebebasan finansial versi kamu adalah ketika kamu dapat menjalankan hobi traveling ke luar negeri setahun sekali tanpa perlu mengambil dana darurat dan berhutang. Dengan menentukan arti dan tujuan kebebasan finansial sendiri, kamu dapat lebih mudah menentukan cara tepat untuk mencapainya. Karena itu tentukan tujuan kebebasan finansial dan rentang waktu yang kamu perlukan secara spesifik. 

3. Mengelola keuangan dengan tepat 

Mengelola keuangan dengan tepat
Cara mewujudkan financial freedom dengan mengelola keuangan dengan tepat. (Sumber: Pexels)

Jika sudah memiliki tujuan kebebasan finansial, berikutnya cara mencapai financial freedom adalah dengan mengelola keuangan dengan tepat. Tidak mungkin kamu dapat mencapai kebebasan finansial bila selama ini kamu masih bertahan hidup dari gaji ke gaji, atau bahkan memiliki pemasukan yang lebih kecil dari pengeluaran.

Itu sebabnya kelola keuangan dengan tepat. Buatlah anggaran dan catat segala pengeluaran setiap bulan. Jika kamu tidak dapat mencatat segala pengeluaran, pastikan bahwa kamu setidaknya melakukan beberapa hal penting seperti: 

  • Menghindari pengeluaran yang melebihi penghasilan
  • Menghemat pengeluaran di beberapa pos keuangan yang dirasa tidak penting
  • Memastikan bahwa kamu sudah menyisihkan pendapatan untuk dana darurat dan tabungan pensiun.

Baca juga: 5 Cara menyiapkan dana pensiun sejak dini

4. Lunasi hutang

Lunasi hutang
Cara mewujudkan financial freedom dengan melunasi hutang. (Sumber: Pexels)

Hutang adalah kendala yang kerap dialami banyak orang untuk mencapai kebebasan finansial. Itu sebabnya, pastikan kamu mulai memasukkan pembayaran hutang ke dalam perhitungan anggaran dan pengeluaranmu. Bila kamu memiliki cukup banyak hutang, maka pertimbangkanlah untuk melunasi hutang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu.  Dengan mulai melunasi segala hutang yang menumpuk maka kamu jadi terbantu untuk membentuk fondasi yang tepat dalam membangun keadaan finansial yang lebih baik. 

5. Mulailah berinvestasi 

Mulailah berinvestasi
Cara mewujudkan financial freedom dengan mulai berinvestasi. (Sumber: Pexels)

Nilai uang yang kamu miliki lambat laun bisa berkurang karena pengaruh inflasi. Untuk menghindari hal tersebut, maka pilihan lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara mencapai financial freedom adalah dengan mulai berinvestasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih. Pelajari dan pilihlah dengan seksama investasi apa yang hendak kamu ambil baik jangka pendek atau panjang. 

6. Perkaya pengetahuan finansial 

Semakin banyak pengetahuan tentang keuangan yang kamu miliki, semakin mudah kamu membuat keputusan terhadap pengelolaan uang. Karena itu jangan lupa untuk terus memperkaya pengetahuan tentang keuangan dari berita, buku, podcast, seminar, internet dan sumber informasi lainnya. 

7. Terapkan pola hidup sederhana

Pilihan gaya hidup seseorang dapat memengaruhi pencapaian financial freedom. Jika kamu terbiasa menerapkan pola hidup sederhana maka akan lebih banyak uang yang dapat kamu alihkan untuk ditabung atau diinvestasikan. Menerapkan pola hidup sederhana berarti menekan keinginan terhadap barang-barang mahal.

Bagi sebagian orang yang sudah menerapkan pola hidup sederhana bahkan merasa tidak memerlukan barang-barang mahal. Mereka cenderung lebih memilih barang berdasarkan fungsi atau kegunaannya. Mereka akan selalu memilih opsi yang mengeluarkan paling sedikit uang. Menerapkan pola hidup sederhana dapat membuat kamu lebih cepat mencapai financial freedom karena kamu mampu mengalokasikan uang untuk sesuatu yang lebih menjanjikan di masa depan.

8. Bedakan dana tabungan dengan dana darurat

Untuk mencapai financial freedom, kamu perlu membedakan kantong-kantong keuanganmu. Bedakan antara dana darurat dengan dana untuk ditabung. Dana tabungan ditujukan untuk kebutuhan jangka panjang sedangkan dana darurat adalah dana yang dialokasikan untuk pengeluaran yang tidak terduga. Dengan tidak mencampuradukkan keduanya, maka keuangan kamu akan lebih teratur.

9. Atur penggunaan kartu kredit

Jika kamu memiliki kartu kredit, kamu perlu memanfaatkan kartu kredit tersebut sesuai kegunaannya. Perlu diingat kembali bahwa kartu kredit adalah alat bayar, meskipun kamu bisa membayar tagihan di akhir bulan atau melalui cicilan, namun tetap batasi penggunaannya. Jangan sampai kamu terlena hingga menghabiskan limit kartu kredit yang kamu miliki, ingat bahwa pada akhirnya kamu tetap harus membayar tagihan-tagihan tersebut. Perhitungkan juga biaya-biaya lain yang menyertai penggunaan kartu kredit dengan cermat. 

10. Mengembangkan potensi diri

Apapun jenis pekerjaan yang Anda lakukan, maka jalanilah dengan sepenuh hati. Jika bekerja dengan sungguh-sungguh, maka hal itu akan membawa Anda pada kebebasan finansial. Kebebasan finansial bukanlah soal menjadi kaya raya, tetapi lebih kepada memudahkan kehidupan. Saat Anda mengembangkan potensi diri, prospek karir akan lebih menjanjikan.

Misalnya, Anda bekerja keras untuk mengembangkan diri, nantinya akan mendapatkan posisi karyawan yang lebih baik. Dengan begitu, penghasilan Anda lebih meningkat. Dengan mengembangkan diri maka kamu telah berinvestasi terhadap dirimu sendiri. Menambah value diri dan mengasah skill tentu akan meningkatkan prospek karier. Selama kamu bisa membuktikan bahwa kamu adalah seseorang yang layak, maka kamu berpotensi mendapatkan pekerjaan promosi jabatan atau kenaikan gaji.

Kenaikan pendapatan bulanan tentu akan lebih memudahkan langkahmu dalam mencapai financial freedom karena semakin banyak uang yang bisa kamu alokasikan untuk ditabung dan diinvestasikan. Ingat untuk tetap menerapkan gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan.

11. Bangun passive income

Pendapatan pasif adalah pendapatan yang diperoleh dari sewa properti, kemitraan terbatas, atau perusahaan lain di mana seseorang tidak terlibat secara aktif atau merupakan penghasilan yang didapatkan dari sistem yang telah dibangun sehingga bisa mendapatkan penghasilan secara lebih fleksibel.

Cara paling mudah untuk membangun passive income adalah dengan cara memanfaatkan media internet, yaitu kamu bisa membuat konten yang menarik melalui blog, website, ataupun YouTube. Namun, kamu perlu bersabar karena tidak serta merta nominal yang kamu dapatkan biasanya akan naik secara bertahap dari bawah. Cara lain untuk membangun passive income antara lain menjual stock photo, membuat e-book, membuat video online course, berinvestasi, hingga menjual karya seni digital yang beragam.

12 Menemukan mentor

Cara terakhir untuk mencapai financial freedom adalah dengan cara belajar dari yang sudah mencapainya atau dengan kata lain temukan mentormu. Dengan memiliki mentor maka kamu bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membuat kamu semakin paham tentang langkah-langkah untuk mencapai financial freedom. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan banyak koneksi dari mentor kamu yang akan membuka peluang kamu mencapai financial freedom semakin lebih besar lagi.

Baca juga: Apa itu skala prioritas? Berikut 4 kuadran dan cara membuatnya!

Itulah informasi penting yang bisa kamu simak terkait apa itu financial freedom dan cara-cara untuk mencapainya. Nah, seperti apakah kondisi finansialmu saat ini? Sudahkah dekat dengan kondisi kebebasan finansial, atau  justru sebaliknya? Jika masih jauh jangan jadikan berhenti mewujudkan impianmu mencapai financial freedom, ya. Terus terapkan cara terbaik dalam mengelola keuangan dari sekarang maka niscaya keinginan tersebut bisa jadi kenyataan. 

Jika kamu masih berfokus mengembangkan diri atau mengejar karier impianmu, kamu bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT karena terdapat berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv.

financial freedom adalah - EKRUT
Last update: 12 October 2021 

Sumber: 

  • investopedia.com
  • daveramsey.com
  • spaceshipinvest.com.au
  • oberlo 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Biaya_Implisit_Adalah.jpg

    Lainnya

    Mengenal Perbedaan Biaya Implisit dan Biaya Eksplisit beserta Contohnya

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read
    Mengenal_Apa_Saja_Kelebihan_dan_Kekurangan_Kartu_Debit_dan_Cara_Menjaga_Keamanannya.jpg

    Lainnya

    Debit Adalah : Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menjaga Keamanannya

    Sylvia Rheny

    14 September 2022
    5 min read
    H1_fintech_indonesia.jpg

    Technology

    10 Aplikasi Fintech Indonesia Lengkap dengan Ruang Lingkup Bisnisnya

    Alvina Vivian

    12 September 2022
    6 min read

    Video