Published on

Careers

5 Cara menyiapkan dana pensiun sejak dini

Nur Lella Junaedi

cara_menyiapkan_dana_pensiun_EKRUT.jpg

Dana pensiun disiapkan agar masa tua kamu dapat terjamin dan bahagia. Sayangnya masih banyak anak muda yang kurang peduli dengan hal ini.

Supaya kamu tidak menjadi salah satunya, ada baiknya kamu mempersiapkan dana pensiunmu sejak dini. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya bisa kamu ikuti lewat panduan cara menyiapkan dana pensiun seperti di bawah ini,

Putuskan kapan mulai pensiun

cara menyiapkan dana pensiun EKRUT 
Sebelum membuat anggaran untuk dana pensiun, baiknya memikirkan terlebih dahulu kapan kamu akan pensiun-EKRUT

Perlu sebuah kematangan pikiran untuk memastikan kapan kamu akan mulai pensiun. Sebab pada usia pensiun nanti, kamu mungkin tidak akan seproduktif  sekarang.

Pikirkan apakah kamu akan mengambil keputusan pensiun dini atau mungkin pensiun di usia pada umumnya seperti umur 55 tahun hingga 60 tahun.

Dari keputusan tersebut, kamu bisa memperkirakan berapa lama kamu harus menyisihkan uang untuk mempersiapkan dana pensiun tersebut.

Selain itu, kamu juga harus bisa memikirkan kebutuhanmu setelah pensiun nanti.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti di mana kamu akan tinggal, apakah  kamu akan tetap mencari sumber pemasukan lainnya, hingga seberapa banyak pengeluaran yang mungkin akan kamu butuhkan di masa pensiun tersebut.

Meski terdengar mengada-ada, tetapi tidak ada salahnya untuk memprediksikan sedini mungkin agar kamu dapat menyiapkan dana pensiun sesuai dengan yang kamu harapkan.

Baca juga: Mudah, ini 5 cara menabung yang benar untuk anak muda

Sisihkan dana tetap untuk dana pensiun

cara menyiapkan dana pensiun EKRUT 
Hitung pengeluaranmu lalu bagi 12 bulan pengeluaran itu untuk mengetahui dana pensiun yang cocok ditabung-EKRUT

Cara menyiapkan dana pensiun sejak dini lainnya yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan dana tetap setiap bulan untuk tabungan pensiun. 

Terkadang bukan hal yang mudah menentukan besaran dana tetap yang harus ditabung untuk dana pensiun tersebut.

Nah, untuk menghitungnya kamu bisa memperkirakan dari berapa banyak anggaran reguler yang biasa kamu habiskan.

Caranya, kamu tinggal tuliskan semua anggaran dalam jangka waktu bulanan. Contoh, ada tiga anggaran pengeluaran dalam beberapa catatan,

  • Anggaran pengeluaran premier, merupakan anggaran yang biasanya dikeluarkan untuk kebutuhan makan, pakaian, rumah, transportasi, dan perawatan kesehatan
  • Anggaran pengeluaran sekunder, merupakan anggaran yang biasanya dikeluarkan untuk kebutuhan tagihan per bulan seperti langganan TV kabel, layanan streaming, paket internet, listrik dan sebagainya
  • Anggaran pengeluaran biaya non-bulan, biasanya anggaran ini dikeluarkan untuk beberapa macam tagihan yang tidak dikeluarkan per bulan, semisal anggaran tagihan properti, premi asuransi, pajak kendaraan, dan lain-lain

Setelah kamu menuliskan semua anggaran pengeluaran ini, cobalah untuk menjumlahkan semua pengeluaran tersebut kemudian dibagi 12 bulan. 

Dengan begitu kamu akan mengetahui anggaran bulanan yang harus kamu sisihkan dalam anggaran dana pensiun. 

Persiapkan dana darurat

cara menyiapkan dana pensiun EKRUT 
Kehilangan pekerjaan atau di PHK adalah salah satu fungsi dari keberadaan dana darurat-EKRUT

Dana darurat diperlukan untuk melindungimu dari keadaan yang mendesak, misalnya dikeluarkan dari kantor, kerusakan kendaraan transportasi hingga kecelakaan.

Beberapa ahli keuangan menyarankan untuk mengumpulkan dana darurat ini dalam jangka waktu tiga bulan hingga enam bulan gaji sebagai persiapan dana darurat. 

Simpanlah cadangan dana ini di dalam rekening terpisah, sehingga kamu tidak akan memakainya.

Memperkecil tunggakan utang

cara menyiapkan dana pensiun EKRUT 
Melunasi utang sebaiknya dilakukan sebelum kamu pensiun-EKRUT

Apakah kamu saat ini memiliki tunggakan utang yang cukup banyak? Apabila benar, ada baiknya dalam beberapa tahun sebelum memutuskan pensiun, kamu sudah melunasi utang piutang tersebut.

Ini dilakukan agar pada masa tua nanti, kamu tidak harus lagi bekerja keras untuk melunasi tunggakan utang tersebut.

Sebab saat kamu sudah tua, kemampuanmu untuk menghasilkan uang pun semakin menurun. Maka dari itu, ada baiknya kamu melunasi segala utang dan mulai mengurangi kebiasaan meminjam uang sejak sekarang.

Mengikuti asuransi masa tua

cara menyiapkan dana pensiun EKRUT 
Cara menyiapkan dana pensiun salah satunya adalah mengikuti asuransi masa tua-EKRUT

Pemerintah telah memiliki badan untuk mengatasi dana pensiun yang bernama Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), kamu bisa mengikuti salah satu program ini.

Lembaga ini persis seperti lembaga yang menyiapkan asuransi masa tua. Prinsipnya nanti hampir sama seperti deposito berjangka, di mana uang yang kamu tabung tidak dapat sepenuhnya diambil sebelum jangka waktunya tiba.

Baca juga: Tertarik asuransi online, 3 unicorn danai PasarPolis ratusan miliar

Itulah beberapa cara menyiapkan dana pensiun yang bisa kamu coba lakukan.

Di luar itu, hal yang terpenting adalah menyiapkan dana untuk kesehatan, sebab semakin tua tubuh maka semakin rentan untuk terserang penyakit.

Tentunya, kamu juga bisa menyiapkan dana pensiun ini bersama dengan pasanganmu. Cobalah untuk membujuknya dengan menjelaskan betapa pentingnya menyiapkan hari tua yang terjamin.  

cara menyiapkan dana pensiun EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share