Published on

Careers

6 Ide games team building dalam ruangan untuk bangun kekompakan tim

Maria Tri Handayani

games-team-building---EKRUT.jpg

Team building untuk karyawan merupakan salah satu investasi yang tidak kalah penting dipertimbangkan oleh perusahaan.

Pasalnya, mengadakan team building menjadi satu cara membangun kepercayaan, mengurangi konflik, mendorong komunikasi hingga kolaborasi antar karyawan atau tim. 
Nah, bila kamu sedang merancang kegiatan  tersebut, beberapa ide games team building ini bisa jadi ide yang dapat kamu jadikan inspirasi. 

Ide games team building outdoor 

games team building - EKRUT
Games team building di outdoor akan cocok dimainkan bila jumlah karyawan yang mengikuti banyak - EKRUT

Pilihlah games team building yang dapat dimainkan di luar ruangan khususnya bila peserta terbilang banyak. Beberapa ide permainan yang bisa kamu jadikan inspirasi games team building outdoor, antara lain: 

Egg drop 

Games team building ini menantang pemain untuk dapat membangun struktur yang dapat mencegah telur pecah. Permainan ini dapat diikuti oleh 6 hingga 50 pemain. 

Cara bermain: Kumpulkan kelompok yang terdiri dari tiga hingga lima orang. Beri setiap tim berbagai bahan untuk membuat bentuk bangunan seperti sedotan, gulungan selotip, koran, satu telur mentah, dan lain-lain. Tantang setiap tim dalam durasi waktu yang ditentukan untuk membangun struktur dengan telur di dalamnya. 

Ketika waktu berakhir, semua struktur bangunan akan dikumpulkan. Seseorang yang menjadi wasit akan melemparkan struktur bentuk bangunan dengan telur di dalamnya itu  dari ketinggian.

Setelah itu ia akan memeriksa apakah telur yang berada di dalamnya masih utuh atau pecah. Pemenang games ini adalah kelompok yang berhasil melindungi telur tetap utuh meski telah dilempar dari ketinggian tersebut. 

Kelebihan: Meningkatkan kerja tim, kreativitas, manajemen waktu dan problem solving. 

The Mine Field 

Pilihlah lokasi di luar ruangan yang cukup luas untuk bermain games team building ini. Kamu dapat memilih lahan parkir kosong, lapangan atau taman. 

Cara bermain: Tempatkan benda (kerucut, bola, botol, dan lain-lain) secara tersebar lapangan atau tempat parkir kosong tadi. Buatlah tim dengan jumlah genap. 

Satu orang akan ditutup matanya, sementara lainnya berperan sebagai pemandu yang harus mengarahkan rekan timnya untuk berpindah tempat dari ujung satu ke ujung lainnya tanpa menginjak benda-benda tersebut. 

Agar lebih menantang buatlah rute tertentu yang harus dilalui oleh anggota tim yang ditutup matanya. 

Kelebihan: Jenis games ini dapat melatih kerja tim, kepercayaan, komunikasi dan kemampuan mendengarkan karyawan. 

Baca juga: Mudah, ini 9 tips membangun kerja sama tim yang baik

Sport day 

Jika perusahaan tidak memiliki waktu untuk merancang team building, maka cobalah untuk mengadakan hari khusus dengan karyawan untuk melakukan pertandingan olahraga bersama. 

Cara bermain: Lakukan survei untuk mengetahui jenis olahraga seperti apa yang menarik  minat karyawan. Kamu dapat merancang beberapa jenis olahraga untuk dipertandingkan secara langsung seperti sebuah festival olahraga. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu adakan seperti badminton, futsal, lari estafet,  voli pantai, tarik tambang, dan lain-lain. 

Lalu, buatlah tim dari masing-masing divisi atau secara acak antar divisi lalu adakan pertandingan olahraga di antara tim tersebut. 

Kelebihan: Selain dapat mengasah kekompakan tim, acara olahraga adalah cara yang sempurna untuk mengalihkan perhatian karyawan dari pekerjaan sejenak dan bersosialisasi dalam suasana santai. 

Ide games team building indoor

games team building - EKRUT
Beberapa permainan sederhana dapat kamu lakukan dari dalam ruangan - EKRUT

Games team building karyawan tidak selamanya harus dilakukan secara outdoor. Beberapa permainan membangun kekompakan tim terbilang sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan di dalam ruangan kantor. Berikut beberapa contohnya.

What's my name? 

Ini adalah salah satu contoh games team building sederhana yang dapat kamu adakan di dalam ruangan dan cocok dimainkan untuk berapa pun jumlah grupnya. 

Pada dasarnya permainan ini menuntut para pemain untuk dapat menebak identitas orang dengan mencari petunjuk dari jawaban atas pertanyaan berformat yes or no question. 

Cara bermain: Setiap pemain menuliskan nama seseorang pada label nama yang bisa ditempelkan. Orang itu bisa jadi selebriti, tokoh terkenal, atlet, bahkan klien dari perusahaanmu. 

Label nama yang sudah dituliskan tersebut kemudian ditempel di bagian belakang pemain lain sehingga hanya anggota kelompok lainnya yang dapat melihat nama orang tersebut. 

Pemain yang mendapat giliran menebak nama orang yang tertulis di bagian belakangnya akan mengajukan berbagai pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak untuk membantu mereka mencari tahu siapa nama orang yang dimaksud. 

Setelah mereka berhasil menebak, mereka dapat menghapus label nama tersebut, lalu mengganti giliran dengan orang lainnya. 

Kelebihan: Merupakan jenis permainan yang cocok untuk mencairkan suasana karena karyawan dapat melakukan pemanasan dengan  berbicara satu sama lain dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. 

Escape Room 

Jenis permainan ini termasuk yang kerap dipakai sebagai latihan membangun kerja sama tim. 

Cara bermain: Seperti namanya permainan ini memberi tantangan pada pemain dalam beberapa tim yang  "dikunci" di dalam kamar untuk memecahkan teka-teki dan petunjuk tersembunyi demi mendapatkan kunci yang dapat membebaskan mereka dari ruangan tersebut. 

Agar semakin menantang berilah batas waktu dimana pemain harus membebaskan diri dari ruangan tersebut. Pemain atau tim yang berhasil keluar sebelum waktu habis adalah pemenangnya. 

Bila tidak dapat mengubah ruang kantor menjadi escape room, perusahaan dapat menyewa layanan yang menyediakan jasa penyelenggara games team building. 

Kelebihan: Jenis permainan ini  melatih keterampilan leadership, kerja tim, logika dan kesabaran. 

Baca juga: Tips kerjasama tim untuk kamu yang introvert

Blind drawing 

Games team building ini terbilang sederhana dan dapat dilakukan walau dalam ruangan sekalipun. Yang kamu butuhkan hanyalah papan tulis mini, penghapus dan spidol atau kertas dan pena. 

Cara bermain: Bagi tim dalam dua kelompok. Mintalah setiap orang duduk saling memunggungi. Satu orang memiliki gambar, sementara lainnya memiliki selembar kertas dan pena kosong.

Anggota tim dengan gambar tidak boleh memperlihatkan gambar itu kepada orang lain. Ia harus dapat mendeskripsikan gambar tersebut secara tersirat, dan anggota yang memiliki kertas dan pena harus dapat menebak apa yang dijelaskan rekannya dalam bentuk gambar. 

Misalnya gambar gajah di atas bola, pemain tidak boleh menyebutkan secara langsung. Ia harus dapat menggunakan kata dan arahan lain untuk menggambarkan apa yang ia lihat.

Gunakan batas waktu dimana pemain harus dapat menyelesaikan gambar yang dijelaskan rekan timnya.  Di akhir permainan, masing-masing tim dapat membandingkan hasil gambar akhir mereka. 

Permainan ini akan terasa semakin menyenangkan karena umumnya interpretasi gambar seringkali jauh berbeda dengan yang seharusnya.

Kelebihan: Permainan ini dapat mengasah kreativitas, dan kemampuan komunikasi karyawan. 

Beberapa ide games team building di atas bisa kamu coba terapkan dalam perusahaan. Tidak harus selalu permainan yang rumit, beberapa jenis permainan sederhana tetap dapat membangun kekompakan tim dengan cara yang menyenangkan, bukan?

games team building - EKRUT

Sumber:

Tags

Share