Published on

Careers

15 Keahlian teamwork yang harus dikuasai dalam dunia kerja saat ini

Anisa Sekarningrum

H1_1._15_Keahlian_teamwork_yang_harus_dikuasai_dalam_dunia_kerja_saat_ini.jpg

Keahlian apa saja yang sudah kamu miliki untuk menunjang efektivitas kerjamu? Keahlian yang berikut ini sangat esensial dan perlu kamu miliki untuk sukses dalam pekerjaanmu. Keahlian itu adalah teamwork atau kerja sama. 

Simak penjelasan lengkap mengenai teamwork berikut untuk membantumu menjadi lebih unggul dalam kariermu. 

Apa itu teamwork?

Apa itu teamwork?
Teamwork adalah aksi gabungan sebuah tim yang efektif dan efisien - Pexels

Dalam bahasa Indonesia, teamwork berarti kerja sama. KBBI menjelaskan bahwa kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Sementara The Dictionary mendefinisikan teamwork sebagai aksi gabungan sebuah tim yang efektif dan efisien. Teamwork adalah sebuah proses yang membutuhkan usaha banyak orang. 

Kemampuan teamwork akan membantu kamu bekerja dalam tim terutama saat melakukan percakapan, presentasi, rapat, atau kerja kolaborasi lainnya karena ada asumsi bahwa bekerja bersama akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Dalam istilah bisnis, teamwork adalah aksi sekumpulan orang yang berkolaborasi bersama untuk meraih tujuan bersama. Termasuk juga mengatasi kekurangan antar anggota tim dan menyingkirkan konflik pribadi. 

Setiap orang dalam tim juga diharapkan dapat menjaga komunikasi dan berkolaborasi dengan anggota lain untuk memperkaya ide dan solusi. Dalam teamwork juga dibutuhkan feedback yang konstruktif untuk meningkatkan kemampuan antar anggota, tanpa ada dendam dan permusuhan. 

Baca juga: 7 Tips kerjasama tim untuk kamu yang introvert 

Apa pentingnya teamwork?

Apa pentingnya teamwork?
Teamwork penting untuk mendapatkan banyak ide - Pexels

Dalam bisnis, teamwork penting untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan yang signifikan. Teamwork juga penting untuk membangun hubungan antara pegawai dan perusahaan. Memiliki kemampuan teamwork seperti memiliki empati, bekerja efisien, dan bertanggung jawab akan membantu kamu mencapai tujuan karier, mengembangkan resume, membangun relasi, hingga membuka kemungkinan peluang baru dalam kariermu. Berikut beberapa alasan mengapa teamwork itu penting:

1. Bekerja lebih efektif

Hubungan antar karyawan yang harmonis dan minim konflik dapat membuat karyawan lebih semangat dan jauh dari beban pikiran psikologis sehingga mereka akan bekerja dengan lebih efektif. Implementasi dari kualitas Teamwork yang efektif dalam sebuah organisasi dapat meningkatkan motivasi kerja dan meningkatkan kepuasan kerja (Griffin, Patterson, & West, 2001). Ketika bekerja dalam tim, ada banyak orang yang bekerja sehingga beban kerja dapat dibagi dan tidak memberikan tekanan pada individu tertentu. Apalagi jika semua orang dalam tim memiliki tujuan yang sama, mereka akan berusaha meningkatkan efisiensi kerja untuk membuahkan hasil yang terbaik.

2. Mendapatkan banyak ide

Ada waktu di mana kamu memiliki ide yang sangat banyak bahkan kamu dibuat kewalahan oleh ide-ide besarmu. Namun ada juga saat di mana kamu bahkan tidak bisa menemukan satu ide pun seperti ada penghalang di otakmu. Dengan banyaknya anggota yang ada dalam sebuah tim, akan ada beragam ide baru dan segar yang dapat dibagikan kepada tim. Perbedaan antar anggota seperti usia, latar belakang, keahlian, dan pengalaman juga dapat meningkatkan kualitas ide. 

Ini lah mengapa memiliki tim adalah hal yang baik, karena semakin banyak kepala maka akan semakin banyak ide yang muncul. Tidak hanya soal kuantitas, dengan teamwork kamu juga dapat menstimulasi kreativitas satu sama lain dengan berdiskusi. Dengan terciptanya ruang yang aman tentunya akan meningkatkan keinginan anggota tim untuk menciptakan dan membagikan ide brilian tanpa rasa takut untuk dikritik.

3. Saling mengandalkan satu sama lain

Teamwork akan secara otomatis menyatukan beberapa individu untuk bekerja bersama. Sudah menjadi perilaku sosial manusia untuk membangun pertemanan ketika sekelompok orang bekerja bersama di lingkungan yang kondusif dan positif. Akan ada saat di mana kamu tidak bisa menyelesaikan masalahmu sendiri dan kamu butuh teman untuk bisa diandalkan, inilah gunanya punya rekan satu tim agar dapat saling mengandalkan satu sama lain. Dalam pertemanan yang sehat, orang-orang cenderung menunjukkan persaingan yang sehat dan saling percaya, termasuk juga saling mengandalkan satu sama lain. 

4. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

Teamwork dapat menumbuhkan lingkungan belajar, di mana anggota dapat saling memahami pekerjaan satu sama lain. Tidak hanya mempelajari hal baru, anggota tim juga dapat memperoleh keterampilan baru, seperti kemampuan menyelesaikan masalah. Lingkungan teamwork mendorong karyawan untuk lebih terbuka dan berani mengungkapkan pendapat. Perbedaan perspektif ini dapat memberikan wawasan tentang berbagai aspek masalah. Masalah pun dapat diselesaikan dengan cepat dan efektif.

Baca juga: 6 Cara buat karyawan lebih loyal dengan perusahaan 

15 Keahlian teamwork yang harus dikuasai

15 Keahlian teamwork yang harus dikuasai
Kolaborasi ide adalah salah satu keahlian teamwork yang harus dikuasai - Pexels

Kandidat dengan kemampuan teamwork yang kuat sangat dibutuhkan oleh pencari kerja karena mereka mampu menunjukkan kepemimpinan, kolaborasi dan komunikasi yang baik. Berikut adalah beberapa keahlian teamwork yang perlu kamu kuasai:

1. Komunikasi dalam tim

Saat bekerja dengan orang lain, berbagi ide, pemikiran dan informasi adalah hal penting. Sehingga kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan efisien adalah keterampilan teamwork yang sangat dibutuhkan. Berkomunikasi verbal dibutuhkan saat melakukan meeting dengan tim atau saat melakukan presentasi. Sementara komunikasi nonverbal dibutuhkan saat mengirimkan email atau komunikasi lain via teks seperti WhatsApp.  

Terutama setelah pegawai bekerja dari rumah, jalur komunikasi pun berubah drastis dari komunikasi secara verbal menjadi tertulis via WhatsApp. Kamu perlu memperhatikan gaya bahasamu supaya tidak terjadi miss communication.

2. Tanggung jawab

Dalam teamwork, masing-masing anggota harus memiliki tanggung jawab, karena seringkali pekerjaan satu sama lain saling terkait. Misalnya saat salah satu anggota tidak disiplin menyelesaikan tugas tepat waktu, anggota lain mungkin akan terlambat menyelesaikan pekerjaan mereka. Akhirnya tugas tim secara keseluruhan dapat terhambat. Dengan seluruh tim bertanggung jawab atas pekerjaan mereka masing-masing diharapkan tujuan tim dapat tercapai dengan baik dan hasil kerja dapat dicapai secara maksimal.

3. Kejujuran antar rekan kerja

Kejujuran adalah kebiasaan yang harus dimiliki semua orang, termasuk saat bekerja dalam tim. Jika ada masalah dalam pekerjaan atau konflik pribadi antar anggota tim, sebaiknya dibicarakan secara jujur dan diselesaikan secara kekeluargaan. Tanpa transparansi akan sulit bagi tim untuk mengembangkan kepercayaan antar anggota sehingga akan sulit untuk bisa bekerja sama secara efisien. 

4. Mendengarkan dengan baik

Sama halnya seperti komunikasi, mendengarkan secara aktif dapat membantu anggota tim memahami dan mempercayai satu sama lain. Saat mendengarkan seseorang, kamu harus berusaha memusatkan perhatianmu terhadap orang yang sedang berbagi ide, pikiran ataupun perasaan mereka. Mengajukan pertanyaan dapat menggali lebih dalam tentang hal yang dibicarakan. Menjadi pendengar yang baik sangat penting untuk pemimpin. Dengan mendengarkan, kamu bisa mengerti apa yang dikhawatirkan oleh anggota tim, melakukan klarifikasi atas kesalahpahaman dan menunjukkan kepedulianmu terhadap anggota tim. 

5. Empati terhadap anggota tim

Memiliki empati untuk rekan satu tim dapat membantu kamu lebih memahami perasaan mereka. Ditambah lagi jika kamu meluangkan waktu untuk mendengarkan dan memahami bagaimana orang lain berpikir dan bekerja dapat membantu kamu berkomunikasi dengan mereka dengan cara yang tepat.

Baca juga: Panduan memiliki komunikasi efektif dan cara membangunnya 

6. Kolaborasi ide

Memiliki sekelompok individu yang bekerja bersama dapat menyatukan berbagai keterampilan dan bakat untuk menuju tujuan bersama. Sehingga teamwork menjadi kesempatan yang bagus untuk berbagi ide. 

7. Saling menghargai antar anggota

Dalam teamwork, sangat penting untuk saling menghargai antar anggota tim dan mengakui hasil kerja satu sama lain. Dalam keadaan khusus, hasil kerja anggota dapat dihargai lebih dengan memberikan binus atau jenis reward lainnya.

8. Rasa percaya terhadap anggota

Kepercayaan adalah salah satu unsur penting dalam kesuksesan tim. Tanpa kepercayaan, kamu tidak dapat berkomunikasi secara terbuka dan menyelesaikan masalah bersama. Selain itu, tanpa kepercayaan banyak keterampilan lain yang terkait dengan kerja tim tidak dapat dilakukan secara efektif.

9. Pengambilan keputusan

Membuat keputusan terkadang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun bersama tim, pengambilan keputusan dapat lebih mudah dilakukan, salah satunya dengan melakukan voting. Dengan mengambil keputusan, anggota tim dapat belajar untuk mendengarkan pendapat satu sama lain dan menurunkan ego mereka untuk bekerja menuju tujuan bersama.

10. Keterampilan organisasi dan perencanaan

Keterampilan organisasi dan merencanakan sesuatu adalah hal yang diperlukan dalam sebuah teamwork. Ini digunakan untuk mengatur dan membagi tugas antar anggota serta memastikan bahwa tugas yang dibagikan tidak tumpang tindih.

Baca juga: 12 Tips membangun kerja sama tim yang wajib diterapkan 

11. Memberikan dan menerima feedback

Dalam teamwork penting untuk memberikan feedback kepada anggota tim yang lain dan kamu juga akan menerima feedback dari anggota lain. Tim akan tumbuh dan berkembang lebih cepat ketika diberikan feedback yang membangun dibandingkan kritik semata.

12. Manajemen konflik

Keterampilan teamwork yang penting lainnya adalah kemampuan untuk menengahi masalah antara anggota tim. Keterampilan ini termasuk kemampuan negosiasi dan menyelesaikan perselisihan agar semua anggota baik-baik saja. Sebagai seorang pemimpin, kamu perlu kemampuan manajemen konflik untuk mengingatkan anggota tentang tujuan bersama dan menggunakannya untuk memfokuskan kembali dan bangkit setelah terjadi konflik.

13. Dapat diandalkan

Kamu harus bisa menjadi anggota tim yang dapat diandalkan agar rekanmu dalam satu tim dapat mempercayai kamu dengan informasi perusahaan atau tugas yang penting. Jika kamu berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu, hal ini akan menambah kepercayaan padamu bahwa kamu dapat diandalkan.

14. Saling menghormati dan toleransi

Menunjukkan rasa hormat dan tidak menganggap remeh siapapun serta mendengarkan mereka secara aktif sangat penting dalam teamwork. Menunjukkan rasa toleransi juga merupakan rasa hormat yang dapat ditunjukkan kepada anggota lain, karena toleransi dan rasa hormat berjalan beriringan. Kemampuan ini akan membuat lingkungan kerja menjadi lebih nyaman. Suasana yang nyaman akan menghasilkan produktivitas dan hasil kerja yang lebih baik.

15. Problem solving

Memecahkan masalah dengan berpikir out-of-the-box diperlukan dalam teamwork. Kemampuan untuk melihat masalah dari berbagai sudut dan memanfaatkan keterampilan manajemen waktu berdasarkan keterampilan masing-masing anggota tim mendorong kinerja dan kesuksesan seluruh tim.

Baca juga: 6 Cara untuk memotivasi karyawan agar rajin kekerja 

Kamu sudah mengetahui keterampilan dalam teamwork yang akan kamu butuhkan saat bekerja. Namun jika saat ini kamu masih belum memiliki pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUTNah, sekarang kamu sudah tahu 15 keahlian dalam kerja sama tim yang perlu kamu kuasai. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu menjadi karyawan yang lebih giat lagi, ya! Tonton juga video mengenai tips meningkatkan motivasi kerja karyawan berikut ini.

sign up EKRUT

Sumber: 

  • naukri
  • myaccountingcourse
  • indeed
  • the balance careers
  • mercubuana 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read
    H1_10__Rekomendasi_Peralatan_Kantor_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Kamu_Miliki.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Peralatan Kantor beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Miliki

    Farah Reginda

    01 July 2022
    6 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read

    Video