Technology

Google Maps update 2021: Menyertakan informasi status baterai pengguna

Published on
Min read
4 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Depositphotos_164445044_s-2015.jpg

Pada awal tahun lalu, Google Maps meluncurkan fitur untuk membantu penggunanya berbagi lokasi secara real-time ke pengguna lain. Tak lama lagi fitur tersebut memiliki tambahan, berupa informasi soal status baterai pengguna.

Dengan adanya tambahan informasi ini, temanmu bisa mengetahui kondisi baterai ponsel milikmu ketika kamu berbagi informasi lokasi ke temanmu itu. Informasi ini menjadi penting untuk menjauhkan kecemasan antarsesama pengguna Google Maps yang sedang berbagi informasi lokasi.

Antisipasi hal terburuk

Informasi ini akan sangat berguna dalam beberapa situasi, misalnya ketika kamu sedang berbagi lokasi dengan temanmu, namun tiba-tiba posisi temanmu tak bergerak lagi. Hal ini tentu bisa menimbulkan asumsi buruk. Misalnya, ponsel temanmu dicuri, temanmu mengalami kecelakaan, dan sebagainya. Informasi baterai ini pun tentunya bisa menjadi antisipasi terhadap hal-hal terburuk.

Akan tetapi, dengan adanya informasi soal baterai ini, tentu kamu bisa mengetahui alasan lokasi temanmu tak bergerak bila baterai ponsel temanmu sudah habis. Berkat fitur ini, kamu tak perlu lagi jadi galau karena mungkin saja temanmu tak memberi kabar karena baterai ponselnya sudah habis.

Masih dalam pengembangan

Format dasar fitur yang masih dalam tahap pengembangan ini adalah membaca daya baterai pengguna lain yang berkisar antara 50 sampai 75 persen, atau saat baterai sedang diisi. 

Jika Maps tidak dapat menunjukkan informasi soal baterai teman, itu berarti kita tak diizinkan untuk melihatnya. Mungkin saja, informasi tersebut juga sudah kadaluarsa. Dengan begitu, Maps akan menampilkan keterangan bahwa daya baterai pengguna lain tidak diketahui.

Tambah fitur jalan pintas

Di samping fitur soal informasi baterai, Google Maps berencana menambahkan fitur untuk mencari jalan pintas ke stasiun maupun tempat transit yang umum dikunjungi. Dengan fitur ini, kamu pun dapat mengetahui rute tercepat saat ingin menuju stasiun atau halte bus terdekat.

Fitur-fitur terbaru Google maps ini kabarnya segera dirilis bagi pengguna Android dan iOS. Bocoran fitur ini pun terlihat dari hasil review APK Google Maps 9.71 versi Beta. Kita tunggu saja fitur-fitur baru Google ini.

Sumber:
mashable.com
kompas.com
idntimes.com

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read
    H1_seo_youtube.jpg

    Technology

    Panduan SEO YouTube Terbaru untuk Tingkatkan Video

    Nurina Ulfah

    23 November 2022
    6 min read
    Cover.png

    Technology

    Mengenal Asana, Project Management Tools untuk Memudahkan Pekerjaan

    Yohanna Valerie Immanuella

    14 November 2022
    6 min read

    Video