Media

Google Maps & Waze bantu cari rute alternatif ganjil-genap
By Widyanto Gunadi - 13 July 2018
3 min read 62 Views

Jalanan di Jakarta memang sering dilanda kemacetan. Oleh sebab itu, belum lama ini, pemerintah telah memperluas aturan ganjil-genap di beberapa ruas jalan ibukota. Namun, Anda tak perlu bingung menghadapi aturan baru ini. Kini, Google Maps dan Waze telah dilengkapi update yang memberikan Anda informasi rute alternatif. Berikut ini ulasannya.

 

Google Maps 

Pemilik smartphone pasti tak asing lagi dengan aplikasi peta besutan Google ini. Anda bisa mendapatkan fitur pencari rute alternatif di Google Maps versi terbaru. Unduh saja Google Maps versi 9.73, yang telah dirilis pada 16 Maret 2018 di Play Store. Dengan begini, Anda akan terbantu dalam memilih jalan di Jakarta yang harus dilalui kendaraan pribadi, tanpa melewati rute ganjil-genap.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Anda hanya perlu meminta petunjuk arah navigasi untuk jalur yang biasa dilalui, ketika aturan ganjil-genap diberlakukan. Selanjutnya, Google Maps akan secara otomatis menunjukan jalur alternatif yang tepat untuk Anda lewati. Aplikasi versi 9.73 ini telah dilengkapi fitur baru yang sudah ditanam Google. Perlu diingat, solusi otomatis ini akan muncul hanya saat jam pemberlakuan aturan ganjil-genap saja, ya, yaitu pada 07.00-10.00 dan 16.00-20.00. 

 

Waze 

Aplikasi ini serupe Google Maps. Bedanya, aplikasi Waze ini berbasis komunitas, dan telah menjalin kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Waze akan secara otomatis membantu pemilik kendaraan pribadi dengan memberi informasi rute untuk dilalui sesuai nomor plat mobil. Dengan begitu, Anda tak perlu mencari jalur alternatif, seperti pada Google Maps.  

Untuk menggunakan fitur rute alternatif di Waze, caranya amat mudah. Anda hanya perlu masuk ke bagian ‘Setting’ pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, buka menu ‘Navigasi’, dan pilih ‘License plate restriction’. Sekarang masukkan dua digit terakhir dari plat nomor kendaraan Anda. Sesudah itu, informasi jalan yang dapat dilalui kendaraan pribadi Anda pun akan muncul pada layar ponsel. Selamat mencoba! 

 

Rekomendasi bacaan:
Bekerja dari rumah vs. remote work, apa bedanya?
Setelah blokir dibuka, Tik Tok janji sediakan konten mendidik
AI bisa tebak kewarganegaraan lewat tulisan tangan

 

Sumber:
kompas.com
liputan6.com
instagram.com

Tags:

  • Google Maps
  • Waze
  • Jakarta
  • kemacetan
  • macet
  • ganjil genap
  • ganjil-genap
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang