Technology

Green Screen Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan 5 Tips Penggunaannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
green_screen_HL.jpeg

Kalau kamu pernah menonton film Blockbuster modern, pasti sudah tak asing dengan green screen. Green screen adalah sebuah backdrop atau background dengan latar berwarna hijau yang digunakan untuk pembuatan foto maupun video. Dahulu, green screen berwarna biru saat pertama kali chroma keying digunakan pada tahun 1940 oleh Larry Butler dalam The Thief of Baghdad yang membuatnya memenangkan penghargaan Academy Award. Untuk lebih jelasnya, mari simak pengertian, fungsi, cara kerja green screen di artikel ini.

Apa itu green screen?


Green screen adalah background berwarna hijau. (sumber: townsquare.media)

Green screen adalah sebuah background besar berwarna hijau yang ditempatkan sebagai latar belakang dalam sebuah shoot. Selama masa pasca produksi, background ini nantinya akan diedit dengan CGI (computer-generated imagery) atau pencitraan hasil komputer oleh digital artist sesuai dengan kebutuhan dan arahan sutradara.

Penggunaan green screen pertama kali pada tahun 1898 oleh George Albert Smith, ia menggunakan kain berwarna hitam untuk membuat sebuah objek seolah menghilang. Sementara itu, penggunaan green screen yang paling terkenal ada pada The Great Train Robbery (1903). Di film ini, mereka mengecat jendela kereta api dengan warna hitam agar bisa menambahkan scene pemandangan saat kereta berjalan. Beberapa momen penting lain dalam sejarah penggunaan green screen adalah sebagai berikut.

  • 1918. Frank Williams menciptakan travelling matte technique. Meski di sini mereka masih menggunakan warna hitam, akan tetapi Frank William berhasil menciptakan efek video kroma yang pertama.
  • 1933. The Invisible Man menggunakan teknik untuk membuat seorang pria tampak tidak terlihat.
  • 1940. The Thief of Bagdad menggunakan layar biru dan meraih piala Oscar dalam kategori best special effect.
  • 1970-an. Perangkat lunak keying mulai digunakan dalam film seperti The Empire Strikes Back (1980).
  • 1988. Who Framed Roger Rabbit memenangkan piala Oscar dalam kategori best special effect.
  • 1999. The Matrix mengembangkan penggunaan green screen ke tingkat yang lebih tinggi. 

Setelah beberapa dekade evolusi, chroma keying menjadi salah satu elemen penting dalam pembuatan video dan film.

Baca juga: Kenali 4 kegunaan SASS untuk Website Developer dan bedanya dengan SCSS

Mengapa harus warna hijau?


Alasan mengapa green screen berwarna hijau. (sumber: pinterest)

Jika ditanya mengapa harus warna hijau, ini karena warna saturasi pada manusia hanya satu, yaitu warna kulit. Sehingga untuk kepentingan green screen dipilihlah warna hijau yang tidak memiliki spektrum warna sama dengan kulit manusia atau objek.

1. Elemen warna

Warna ditentukan oleh persepsi kita, bukan oleh fisika. Manusia memiliki tiga jenis sel peka warna di retina mata dengan kepekaan warna berbeda. Kita dapat menganggapnya sebagai sensor "merah", "hijau", dan "biru", meski sensitivitasnya tumpang tindih dan memiliki kecenderungan ke warna kuning, hijau kebiruan, dan biru.

Untuk menggambarkan warna sepenuhnya, sangat membantu jika menggunakan tiga angka. Dengan intensitas merah, hijau, biru (RGB) atau representasi yang dikenal sebagai HSV. "Hue" (H) berhubungan erat dengan apa yang kita sebut warna, "saturasi" (S) seberapa kaya sebuah warna, dan "nilai" (V) atau tingkah kecerahan. Tiga koordinat warna ini menjelaskan bagaimana kita dapat menggambarkan warna sebagai “dark grey green” atau "light rich blue".

Kulit manusia memiliki rentang kecerahan, tapi rona dan saturasinya mirip. Intinya, lapisan kulit terluar (epidermis) bekerja secara optik sebagai filter berwarna netral di atas dermis, yang sebagian besar berwarna merah karena darah yang mengalir dalam kulit.

Fungsi green screen


Mengenal fungsi dari green screen. (sumber: kehointeractive)

Fungsi dari green screen adalah sebagai background agar bisa memasukkan fungsi CGI atau special effect di dalam sebuah video. Ini digunakan untuk mengganti warna dari background dengan special effect yang sudah diedit di dalam sebuah film. Proses pergantian warna background dari hijau dengan CGI ini disebut sebagai chroma keying.

Baca juga: MVP (Minimum Viable Product): Pengertian, 3 tahapan, tujuan, karakteristik, dan contohnya

Cara kerja green screen


Cara kerja green screen. (sumber: vividsnaps)

Penasaran bagaimana cara green screen bekerja? Di bawah ini akan jelaskan secara detail cara kerja green screen dan cara penggunaannya.

1. Pixel warna yang masuk ke green screen

Pixel warna yang jatuh pada irisan lingkaran hue-saturation, yang berpusat pada green hue akan dianggap sebagai green screen. Kemudian, saklar video akan menggantikan pixel warna tersebut dengan pixel warna dari background video channel, sebagai contoh peta cuaca. Pixel dengan rona warna lain seperti oranye (warna kulit), merah, kuning, magenta, dan biru yang berasal dari kamera dibiarkan masuk.

2. Hasil output video

Output video yang dihasilkan nanti berupa petugas pembaca cuaca yang diposisikan di depan peta cuaca. Dalam kondisi seperti ini, video dengan unsur warna hijau di dalamnya tidak akan mempengaruhi komponen pada green screen. Yang perlu diperhatikan, sebaiknya petugas pembaca cuaca tidak menggunakan pakaian berwarna hijau. Green screen bekerja lebih baik pada video karena banyak pixel hijau pada desain kamera umum dibanding warna merah atau biru.

5 Tips menggunakan green screen


Tips menggunakan green screen. (sumber: greenerystudios)

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam memaksimalkan penggunaan green screen dalam pembuatan film.

1. Perhatikan tingkat pencahayaan

Perhatikan baik-baik tingkat pencahayaan, karena tingkat pencahayaan punya pengaruh besar terhadap keberhasilan penggunaan green screen. Pencahaanmu harus di-setting secara konsisten baik di area depan latar atau di belakang latar.

2. Jangan mengabaikan bayangan

Background hijau harus tampak solid dengan warna yang utuh supaya proses keying bisa bekerja. Sehingga, subjek harus berada beberapa meter di depan layar saat proses shoot berlangsung, dan harus diterangi oleh three-point lighting.

3. Depth of field

Depth of field di area depan dan latar background harus sesuai, karena jika tidak, maka komposisi gambar yang dihasilkan tidak sesuai dengan mata manusia dan akan terlihat aneh.

4. Gunakan tripod agar tetap stabil

Agar green screen kamu berfungsi, kameramu harus tetap stabil dan berada pada fokus yang sama. Kamera yang goyah di depan background bisa membedakan stabilitas di latar belakang.

5. Hindari pakaian dan alat peraga warna hijau

Pakaian atau alat peraga berwarna hijau dapat merusak green screen, sehingga pastikan wardrobe para pemain tidak berwarna hijau.

Baca juga: 3 Cara menggunakan kalkulator uang TikTok untuk menghitung penghasilannya

Masa depan green screen


Masa depan green screen. (sumber: nyfa.edu)

Kita sudah melihat bagaimana penemuan hingga perkembangan green screen di masa lalu dan masa kini. Lantas, di masa mendatang, apakah kita akan tetap menggunakan chroma keying atau malah ada alternatif lainnya? Nah, TV series The Mandalorian yang tayang sejak tahun 2019 ini telah mengadopsi teknik baru sebagai pengganti green screen, yaitu dengan menggunakan LED wall. Kamu bisa menonton cuplikan videonya, melihat bagaimana canggihnya teknik mereka.

LED wall ini berfungsi seperti TV LED yang menyediakan grafik pada background saat shooting. Jadi, dibanding harus menggunakan koreografi dan shoot di latar berwarna yang kosong, mereka melakukan pengambilan gambar dengan background LED.

Ini sangat bermanfaat untuk aktor, sutradara, serta sinematografer. Bisa dikatakan jika biaya produksi jangka pendeknya tinggi tapi untuk jangka panjang relatif efisien karena dapat menghemat budget di lokasi, set bangunan, dan pasca produksi.

Sementara itu, perusahaan lain sudah mulai bereksperimen dengan camera VFX dan holographic image. Bisa jadi ke depannya, green screen tak lagi digunakan, tapi untuk sekarang, green is still king!

Itulah penjelasan detail mengenai green screen yang saat ini memiliki peranan penting di industri perfilman. Jika kamu tertarik terjun di dunia film, EKRUT punya segudang informasi dibidang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan hal lain terkait dengan pekerjaan impianmu.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • studiobinder.com
  • theconversation.com
  • masterclass.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Artificial_Intelligence.jpg

    Technology

    Artificial Intelligence (AI): Definisi, Cara Kerja, dan Contohnya

    Natasya Primatyassari

    17 November 2022
    5 min read
    API-adalah-EKRUT.jpg

    Technology

    API: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Arsitektur, dan Contohnya

    Nur Rosita Dewi

    14 November 2022
    6 min read
    H1_black_box_testing.jpg

    Technology

    Black Box Testing: Definisi, Teknik, Kelebihan dan Kekurangan beserta Contohnya

    Nurina Ulfah

    24 October 2022
    6 min read

    Video