Published on

Technology

3 Cara menggunakan kalkulator uang TikTok untuk menghitung penghasilannya

Sylvia Rheny

3_Cara_menggunakan_kalkulator_uang_TikTok_untuk_menghitung_penghasilannya.jpg

Sebagai salah satu user TikTok, kamu bisa berbahagia karena TikTok adalah salah satu aplikasi yang bisa menjadi salah satu sumber penghasilanmu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang melalui TikTok dan kamu bisa menggunakan kalkulator uang TikTok untuk menghitung penghasilanmu.

Yuk, ketahui fungsi kalkulator uang TikTok, cara menggunakan kalkulator uang TikTok, dan beberapa rekomendasi aplikasi kalkulator uang TikTok berikut ini!

Baca juga: 12 Cara download video TikTok tanpa watermark

Main TikTok bisa dapet uang? Begini caranya!


Salah satu sumber penghasilan di TikTok adalah dari sponsor. (Sumber: depositphotos.com)

TikTok telah sukses menaklukkan pasar Indonesia dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai platform untuk menonton video yang menghibur, mulai banyak content creator TikTok yang serius untuk memproduksi video dan memanfaatkan TikTok untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang di TikTok:

1. Sponsor

Cara pertama untuk menghasilkan uang di TikTok adalah melalui sponsor. Untuk mendapatkan sponsor, kamu perlu membangun akun TikTok yang kamu miliki hingga dikenal banyak orang, memiliki banyak followers, dan membentuk niche market tertentu. Biasanya sebuah brand akan memilih content creator yang memiliki views, likes, followers, engagement tinggi, dan yang tidak kalah penting adalah yang sesuai dengan target market brand tersebut.

Nah, untuk itu, kamu bisa mulai memikirkan konten seperti apa yang ingin kamu tekuni hingga bisa menarik minat dari suatu pangsa pasar tertentu di TikTok. Setelah kamu menemukan niche konten tertentu, kamu bisa mulai rutin mengunggah video yang menarik, mengikuti challenge yang sedang viral, berkolaborasi dengan content creator TikTok lainnya, dan membagikan video TikTok kamu ke platform sosial media lainnya.

Baca juga: 8 Digital marketing tools yang wajib untuk kamu tahu!

2. Donasi / payout coins

Cara kedua untuk menghasilkan uang di TikTok adalah melalui donasi atau payout coins yang bisa kamu dapatkan saat melakukan live streaming. Donasi atau payout coins ini diberikan oleh penonton live streaming kamu dalam bentuk gift sticker yang nantinya bisa dikonversikan menjadi uang saat sudah terkumpul.

Untuk bisa memberikan gift, penonton harus membelinya terlebih dahulu. Itulah alasan mengapa gift ini nanti bisa dikonversi kembali menjadi uang. Gift yang diberikan oleh penonton ini merupakan sebuah apresiasi yang diberikan untuk content creator yang telah memberikan hiburan atau informasi bermanfaat kepada penonton.

Lalu, apa semua pengguna TikTok bisa melakukan live? Jawabannya adalah tidak. Fitur live ini hanya bisa diakses oleh pengguna TikTok yang memiliki minimal 1000 pengikut dan berumur 16 tahun ke atas.

3. TikTok marketing

Cara ketiga untuk menghasilkan uang di TikTok adalah melalui TikTok marketing atau memanfaatkan TikTok sebagai media untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Cara ini biasanya dimanfaatkan oleh pemilik bisnis atau usaha tertentu untuk mempromosikan produknya.

Lalu, bagaimana cara melakukan TikTok marketing? Caranya kurang lebih sama dengan Facebook dan Instagram Ads, yaitu kamu membuat iklan di TikTok Ads. Algoritma yang dimiliki oleh TikTok ini memungkinkan target audiens menonton iklan yang kamu buat. Pengguna TikTok yang menyukai kuliner biasanya akan menerima iklan-iklan produk makanan.

Selain itu, TikTok juga melakukan remarketing dengan menampilkan kembali iklan-iklan yang sebelumnya berhasil menarik perhatian dan membuat pengguna berinteraksi dengan iklan tersebut. Ini akan membuat audiens semakin dekat dengan brand milikmu dan semakin tertarik untuk membeli produk yang kamu iklankan.

Baca juga: Inilah prediksi tren media sosial 2022 yang perlu kamu ketahui

Apa itu kalkulator uang TikTok beserta fungsinya


Fungsi kalkulator uang TikTok adalah mencari tahu analitik dan penghasilan akun TikTok. (Sumber: depositphotos.com)

Setelah mengetahui beberapa cara untuk menghasilkan uang di TikTok, selanjutnya kamu juga perlu tahu apa itu kalkulator uang TikTok. Kalkulator uang TikTok adalah alat yang digunakan untuk mencari tahu estimasi pendapatan yang akan diterima oleh seorang content creator.

Tidak hanya itu, kalkulator uang TikTok juga berfungsi untuk melihat statistik analitik akun TikTok. Melalui kalkulator uang TikTok ini, seseorang bisa melihat jumlah follower, konten, dan likes dari suatu akun TikTok.

Lalu, siapa yang dibantu dengan adanya kalkulator uang TikTok ini? Jawabannya adalah content creator dan brand yang ingin melakukan endorse.

Dengan menggunakan kalkulator uang TikTok ini, sebuah brand bisa melihat keseluruhan engagement sebuah akun TikTok, sehingga bisa mempertimbangkan akun TikTok mana yang menguntungkan untuk di endorse dan menyesuaikan budget yang dimilikinya.

Sedangkan untuk content creator, kalkulator uang TikTok bisa digunakan untuk meyakinkan brand untuk memberikan sponsor dengan statistik analitik yang dimiliki oleh akunnya, menentukan biaya endorse, dan membuat penawaran kepada sponsor.

Baca juga: 6 Strategi internet marketing yang berguna untuk bisnis Anda

3 Cara menggunakan kalkulator TikTok dan beberapa rekomendasi aplikasinya


Salah satu rekomendasi alat kalkulator uang TikTok adalah Exolyt. (Sumber: depositphotos.com)

Terdapat banyak alat kalkulator uang TikTok yang bisa kamu akses di internet. Beberapa rekomendasi kalkulator uang TikTok yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

1. Exolyt


Kalkulator uang TikTok Exolyt. (Sumber: exolyt.com)

Rekomendasi kalkulator uang TikTok yang pertama adalah Exolyt. Melalui lamannya, disebutkan bahwa Exolyt adalah alat analitik TikTok yang membantu influencer, pemasar, dan content creator berkinerja lebih baik di TikTok. Fitur yang dimiliki  kalkulator uang TikTok Exolyt adalah menampilkan data mulai dari total like, jumlah followers, jumlah video yang diunggah, dan estimasi penghasilan setiap video yang dimiliki oleh suatu akun TikTok.

Exolyt membantu content creator dengan menyajikan laporan terkait engagement rate, tren terbaru, membandingkan dengan kompetitor, menganalisis video, dan memantau marketing campaign secara otomatis.

Cara menggunakan kalkulator uang TikTok Exolyt adalah sebagai berikut:

  • Buka browser pada laptop atau smartphone kamu, kemudian masuk ke situs exolyt.com.
  • Setelah halaman utama Exolyt menampilkan kolom penghitungan penghasilan TikTok, masukkan nama akun TikTok yang ingin kamu cari tahu pada kolom tersebut, kemudian klik tombol Hitung Penghasilan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses penghitungan selesai dan menampilkan hasil rata-rata penghasilan dari akun TikTok yang kamu tuliskan tadi.

2. Feed Pixel


Kalkulator uang TikTok Feed Pixel. (Sumber: feedpixel.com)

Rekomendasi kalkulator uang TikTok yang kedua adalah Feed Pixel. Feed Pixel tidak hanya menyediakan kalkulator uang TikTok saja, namun juga Instagram, YouTube, dan Facebook. Nah, cara menggunakan kalkulator uang TikTok pada Feed Pixel adalah sebagai berikut:

  • Buka browser pada laptop atau smartphone kamu, kemudian masuk ke situs feedpixel.com/tiktok-money-calculator.
  • Setelah halaman muncul, masukkan nama akun TikTok yang ingin kamu cari tahu pada kolom “TikTok username”, kemudian centang “I’m not a robot”, dan klik calculate.
  • Tunggu 3-5 detik sampai situs menampilkan statistik terkini dari akun TikTok yang kamu ketikkan pada kolom tadi. 

3. Influencer Marketing Hub


Kalkulator uang TikTok Influencer Marketing Hub. (Sumber: influencermarketinghub.com)

Rekomendasi kalkulator uang TikTok yang ketiga adalah Influencer Marketing Hub. Cara menggunakan Influencer Marketing Hub adalah sebagai berikut:

  • Buka browser dan masuk ke situs influencermarketinghub.com/tiktok-money-calculator.
  • Masukkan nama akun TikTok yang ingin dicari tahu pada kolom “Enter your TikTok Username”.
  • Setelah itu tekan Enter pada keyboard atau klik tombol di sebelah kanan kolom.
  • Tunggu beberapa saat hingga halaman menunjukkan data statistik akun TikTok yang kamu cari.

Baca juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Itulah beberapa cara untuk menghasilkan uang di TikTok hingga cara dan rekomendasi kalkulator uang TikTok yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu penghasilan TikTok suatu akun dan engagement rate yang dihasilkannya. 

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Rekomendasi Bacaan:

 

Sumber:

  • Grid
  • CNBC
  • Exolyt
  • Feed Pixel
  • Influencer Marketing Hub

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Mengenal_Web_Server.jpg

    Technology

    Mengenal Web Server: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

    Natasya Primatyassari

    30 September 2022
    6 min read
    H1_website_jurnal.jpg

    Lainnya

    10+ Rekomendasi Website Jurnal Gratis 2022

    Nurina Ulfah

    30 September 2022
    5 min read
    H1-10_Cara_Membuat_Foto_HD_dengan_Mudah_dan_Cepat.jpg

    Technology

    10 Cara Membuat Foto HD dengan Mudah dan Cepat Secara Online

    Lita Lia

    30 September 2022
    5 min read

    Video