Media

Mengenal growth hack marketing dan cara menyusun strateginya
By Tsalis Annisa - 28 June 2019
5 min read 109 Views

Pertumbuhan konsumen berperan penting dalam perkembangan suatu bisnis. Jika jumlah konsumen meningkat pesat, perusahaan akan bertambah besar melalui produk atau layanannya. Inilah keunggulan yang ditawarkan growth hack marketing.

Kata ‘hack’ dalam strategi pemasaran ini memiliki konsep tersendiri, yakni sebagai jalan pintas untuk menambah jumlah konsumen. Dengan kata lain, growth hack marketing adalah cara cepat dan cerdas untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Apa itu growth hack marketing?

Growth hack marketing atau growth hacking adalah strategi marketing terbaru yang berfokus pada pertumbuhan suatu perusahaan. Strategi ini mengincar peningkatan jumlah konsumen dalam waktu cepat dengan biaya seminimal mungkin

Terdapat tiga jenis strategi utama yang digunakan dalam growth hacking, yakni:

  • Marketing konten, atau menggunakan konten untuk mempromosikan bisnis
  • Marketing produk, yaitu upaya mempromosikan produk dengan menawarkan produk itu sendiri maupun melalui cara lain
  • Periklanan atau promosi berbayar

Ketiga strategi marketing tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni memberikan keuntungan bagi perusahaan melalui komitmen konsumen. Keuntungan ini diperoleh melalui lima tahapan sebagai berikut:

  • Akuisisi: perusahaan menemukan cara untuk mengenalkan produk maupun layanan kepada target konsumen. 
  • Aktivasi: konsumen mulai mencoba produk tersebut.
  • Retensi: perusahaan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.
  • Pendapatan: konsumen telah menggunakan produk atau layanan dan mulai mengenalkannya kepada orang lain.
  • Rujukan: Pendapatan yang diperoleh dari konsumen mengalir secara konsisten sehingga menjaga kelangsungan perusahaan.

growth hack marketing - EKRUT
Menentukan target konsumen hingga memanfaatkan referral marketing dapat menjadi cara menyusun startegi growth hack marketing - EKRUT

Cara menyusun strategi growth hack marketing

Berikut adalah beberapa cara menyusun strategi growth hack marketing bagi perusahaan: 

1. Menentukan target konsumen

Cara terbaik untuk menentukan target konsumen adalah dengan membuat profil konsumen itu sendiri. Buatlah suatu profil yang mencantumkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, informasi kunci, potensi, serta tantang yang dimilikinya.

Dengan informasi ini, perusahaan memahami bagaimana produk dan layanannya dapat mengatasi masalah konsumen. Inilah yang menjadi dasar dari growth hack marketing suatu perusahaan.

2. Membuat website produk atau layanan

Website kini telah menjadi salah satu strategi marketing unggul yang dapat memikat lebih banyak konsumen. Agar manfaatnya lebih optimal, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuat website:

  • Website harus menyediakan informasi yang mudah diakses oleh konsumen
  • Website memiliki fitur yang memungkinkan pengunjung untuk berlangganan
  • Pahami cara pengguna berinteraksi dengan website tersebut untuk mengantisipasi masalah teknis yang dapat menghambat strategi perusahaan

3. Memanfaatkan referral marketing

Referral marketing adalah strategi promosi produk melalui rujukan pengguna. Contohnya, saat pengguna baru pada suatu aplikasi menggunakan referral code yang kamu bagikan, kamu akan mendapatkan saldo dengan besaran tertentu.

Strategi ini sangat efektif untuk mendatangkan konsumen baru. Pasalnya, setiap konsumen akan mempromosikan produk atau layanan tersebut agar mendapatkan semakin banyak keuntungan.

4. Membangun kemitraan dengan bisnis lain

Kolaborasi dan kemitraan adalah salah satu cara efektif untuk menunjang pertumbuhan bisnis. Selain memancing animo pengguna media sosial, cara ini juga dapat meningkatkan traffic pada website produk.

Kemitraan tidak harus selalu melibatkan perusahaan dari industri sejenis. Misalnya, aplikasi pemesanan hotel seperti Airbnb bisa saja berkolaborasi dengan aplikasi berita seperti Flipboard.

5. Ciptakan sebuah tool gratis

Selain melakukan beberapa hal di atas, cobalah untuk menciptakan tool gratis yang bisa digunakan dan diunduh oleh pengunjung website hanya dengan mendaftarkan email mereka. 

Dengan begini, selain kamu dapat memasarkan produkmu, kamu pun bisa mendapatkan email mereka yang kelak bisa kamu gunakan untuk mengirimkan berita terbaru, promosi, atau dan sebagainya. 

6. Mengadakan promosi dan diskon dengan batas waktu

Promosi dan diskon dapat meningkatkan minat pengguna lama maupun calon konsumen baru. Melalui promosi, konsumen cenderung membeli lebih banyak karena beranggapan lebih hemat.

Jika promosi hanya berlangsung selama batas waktu tertentu, pengaruhnya bahkan bisa lebih besar lagi. Para konsumen tentunya tidak ingin ketinggalan promosi sehingga berlomba-lomba untuk membeli suatu produk.

Selain beberapa hal di atas, langkah growth hack marketing juga bisa kamu lakukan adalah dengan mengadakan kompetisi. Hal ini dapat membantumu dalam mendapatkan pengguna baru, dan meningkatkan antusias pengguna untuk secara tidak langsung memasarkan produkmu.  

Pertumbuhan adalah tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan. Melalui growth hack marketing, perusahaan mampu meningkatkan pertumbuhan lewat potensi terbesar yang dimilikinya, yakni konsumen.

Perlu diketahui bahwa tidak ada satu pun jenis strategi yang dapat menyelesaikan semua masalah perusahaan. Jadi, perusahaan perlu mengeksplorasi berbagai cara untuk menemukan solusi terbaik.

Rekomendasi bacaan:

Sumber: 

Tags:

  • karier
  • tips
  • pemasaran
  • startegi
  • marketing
  • growth hack marketing adalah
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang