Careers

5 Fungsi Human Resource Management yang Berpengaruh dalam Perkembangan Sebuah Perusahaan

Published on
Min read
4 min read
time-icon
pexels-cottonbro-5989927.jpg

Istilah HR atau human resource mungkin sudah tidak asing di telinga. Di setiap perusahaan, pastinya memiliki bagian HR yang bertugas untuk membantu perusahaan dalam urusan SDM atau sumber daya manusia. Mulai dari membantu dalam perekrutan kandidat, mengurus cuti para karyawan, sampai dengan meningkatkan kemampuan pegawai di perusahaan. Tugas-tugas inilah yang disebut juga sebagai human resource management atau yang bisa disebut sebagai pengelolaan sumber daya manusia. Dengan adanya pengelolaan ini, ternyata bisa berpengaruh besar terhadap perkembangan perusahaan.

Baca juga: Mengalami Culture Shock? Begini Cara untuk Berdamai dan Mengatasinya!

Apa itu human resource management?


Jika tugas HRM efektif, maka bisa meningkatkan produktivitas perusahaan. (sumber: pexels)

Human resource management yang biasa disingkat menjadi HRM merupakan sebuah strategi yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengelola pegawai agar mereka bisa mendapatkan performa yang baik. HRM biasanya dilakukan oleh tim HR yang akan mengurus SDM di dalam perusahaan.

Contohnya adalah dengan diadakan pelatihan di setiap divisi. Dengan adanya pelatihan, skill para pegawai akan meningkat dan berbanding lurus dengan produktivitas perusahaan. Dengan begitu, tujuan perusahaan juga akan cepat tercapai jika kualitas SDM yang mereka miliki semakin baik.

Baca juga: Mengenal Apa itu Broadcasting? Definisi, Skill, hingga Peluang Karier di Tahun 2022

Fungsi human resource management


Proses rekrutmen merupakan salah satu fungsi HRM yang paling umum. (sumber: pexels)

Berikut ini adalah fungsi HRM yang ada di dalam sebuah perusahaan.

1. Proses seleksi dan rekrutmen

Salah satu fungsi utama HRM adalah melakukan proses seleksi dan rekrutmen terhadap kandidat atau calon karyawan pada sebuah perusahaan. Mereka akan menyeleksi setiap CV yang masuk baik secara online maupun offline. Beberapa HRD bahkan melakukan pencarian kandidat lewat job portal seperti LinkedIn agar mendapatkan calon pegawai yang fit dengan visi misi perusahaan.

2. Performance management

Di setiap perusahaan pasti ada yang namanya evaluasi performa. Nah, kegiatan ini ternyata masuk ke dalam fungsi human resource management. Biasanya, HR akan mengevaluasi performa setiap pegawai baik bulanan maupun tahunan. Cara untuk mengevaluasi performa juga beragam, salah satunya adalah dengan 1-on-1 dengan pegawai. Dalam sesi evaluasi, HRD akan memberikan feedback terhadap kinerja dari pegawai. Jika dilakukan secara tahunan, biasanya sesi ini akan dibarengi dengan kenaikan gaji atau appraisal.

3. Pengembangan karyawan

Dalam dunia kerja, sudah sewajibnya perusahaan memberikan pelatihan untuk para pegawai. Hal ini bertujuan agar pegawai mendapatkan pengembangan kemampuan sesuai dengan apa yang mereka kerjakan. Apalagi jika perusahaan yang bekerja di bidang digital, sudah pasti teknologi akan berkembang terus menerus secara cepat. Jika tidak diberikan pelatihan, sudah pasti performa akan menurun dan bisa jadi KPI perusahaan juga tidak tercapai. HR biasanya akan membantu mencarikan pelatihan yang tepat dan sesuai untuk para pegawai.

4. Pemberian kompensasi dan benefit

Salah satu fungsi dasar dari HRM adalah pemberian kompensasi yang adil bagi setiap perusahaannya. Jika kamu diberikan tawaran kerja oleh sebuah perusahaan, maka tim HR juga akan memberikan tawaran kompensasi dan juga benefit yang didapatkan saat bekerja di sana. Kompensasi dan benefit ini meliputi tunjangan, asuransi kesehatan, uang makan, sampai dengan reward untuk para pegawai sebagai tanda apresiasi.

5. Perencanaan karyawan

Sebuah perusahaan dikatakan sukses jika mereka bisa menjaga kontinuitas dari karyawannya. Misalnya jika seorang manajer yang akan resign sudah ada penggantinya sebelum mereka keluar, sehingga posisi ini tidak kosong. Jangan sampai HR menahan karyawannya untuk tidak resign sebelum menemukan penggantinya, karena hal ini bisa melanggar hak seorang karyawan.

Baca juga: Pahami 5 Jenis Feedback, Fungsi, Cara Penerapan, Serta Beberapa Contohnya

Apakah kamu berminat untuk menjadi seorang HR agar bisa melakukan tugas human resource management?

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • betterteam.com
  • open.lib.umn.edu
  • humanresourcesedu.org
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video