Published on

Careers

6 Ide email marketing menarik dan efektif meningkatkan bisnis

Tsalis Annisa

email-marketing-EKRUT.jpg

Email memungkinkan kamu untuk menjangkau para pelanggan email secara lansung tidak seperti media pemasaran lainnya. Email bersifat lebih personal dan mampu lebih mendekatkan kamu dengan customer.

Agar memudahkanmu dalam menghasilkan email marketing yang menarik, berikut ini adalah beberapa ide yang bisa menjadi inspirasimu.

Buat email selamat datang untuk customer baru

email marketing - EKRUT
Email selamat datang memberi kesan pertama yang baik untuk pelanggan - EKRUT

Email ucapan selamat datang bagi customer baru adalah hal yang perlu kamu terapkan dalam strategi pemasaran via email. Hal ini mampu menciptakan kesan pertama yang baik dari customer untuk ke depannya.

Namun, jangan sembarangan dalam membuat email ucapan selamat datang atau bergabung. Usahakan untuk membuatnya terlihat kasual dan mudah dibaca, sehingga terdapat kesan sambutan hangat di penyampaian emailmu. Misalnya dengan menggunakan nada percakapan.

Selain itu, cobalah juga memberikan keuntungan dari bergabungnya mereka dengan bisnismu. Misalnya voucher potongan harga yang dapat digunakan pada transaksi selanjutnya. Tidak hanya memberikan customer kesan baik di awal, hadiah semacam ini juga mampu mengarahkan mereka untuk kembali berkontribusi dengan bisnismu.

Kirimkan email pengumuman perkembangan bisnismu

email marketing - EKRUT
Berikan informasi mengenai pembaruan di aplikasi atau promosi yang sedang berjalan - EKRUT

Perkembangan bisnis baiknya diketahui oleh customer setiamu, jadi jangan malas untuk selalu memperbarui informasi dengan mengirimkan email berisi pengumuman perkembangan bisnis.

Pengumuman ini dapat kamu isi dengan promo terbaru yang sedang berjalan, fitur-fitur yang baru ditambahkan,  hingga memasarkan produk atau layanan baru.

Tidak hanya itu saja, Kamu juga dapat mengirimkan pengumuman pencapaian atau berita baik tentang bisnismu kepada para customer. Cara menjangkau yang satu ini mampu meningkatkan rasa percaya mereka. Jadi, jangan lupa untuk mengirimkannya.

Baca juga: 4 Tips rahasia saat membangun startup marketing strategy

Buat email marketing promosi musiman tergantung bulan

email marketing - EKRUT
Valentine di bulan Februari merupakan salah satu momen yang bisa kamu gunakan untuk mengirim email marketing - EKRUT

Umumnya setiap bulan terdapat highlight tertentu, misalnya untuk Januari merupakan momen tahun baru, lalu Februari merupakan momen valentine dan Imlek.

Cara terbaik memanfaatkan momen ini adalah dengan membuat promosi musiman sesuai dengan hari perayaan yang sedang berlangsung. Lalu, kirimkanlah promosi musiman ini pada bulan yang sesuai.

Selain itu, Indonesia dikenal memiliki lima agama yang masing-masing memiliki hari raya besarnya. Kamu dapat memanfaatkan momen hari raya masing-masing agama ini dengan mengirimkan email promosi atau penawaran yang sesuai.

Kirimkan email marketing pengingat promosi yang sedang berjalan

email marketing - EKRUT
Kirimkan email pengingat agar pelanggan tidak melewatkan promosi - EKRUT

Ide email marketing yang terakhir adalah dengan mengirimkan email pengingat promosi. Terkadang, mengirimkan promosi atau kampanye yang sedang berlangsung di awal masa penayangannya saja tidak cukup. Sebab, tidak jarang customer menunggu hingga masa akhir tenggat waktu yang diberikan.

Jadi, mengirimkan email pengingat mengenai promosi atau kampanye yang sedang berjalan adalah hal yang cukup penting. Cara ini efektif dalam menjangkau customer lebih baik sehingga promosi dan kampanye yang sedang dijalankan tidak berlalu sia-sia.

Buat email buletin berisi tips

email marketing - EKRUT
Email newsletter bisa digunakan untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan - EKRUT

Ide lainnya yang bisa kamu gunakan adalah membuat email buletin atau newsletter. Rancanglah email newsletter berisi tip dan trik berharga yang dapat digunakan audiens kamu untuk memecahkan masalah, mencapai tujuan dan meningkatkan kehidupan mereka.

Cara ini dapat membantu kamu membangun solidaritas dengan audiens kamu dan menumbuhkan loyalitas pelanggan jangka panjang. 

Baca juga: 8 Cara membuat newsletter yang efektif

Buat survei pelanggan terhadap produk atau layanan kamu

email marketing - EKRUT
Selain dengan cara tatap muka, kamu juga melakukan survei melalui email marketing - EKRUT

Survei yang kamu kirimkan dapat membantu dalam mengumpulkan informasi penting dari customer. Pendapat customer dalam survei dapat membantu dalam meningkatkan mutu produk dan layanan yang ditawarkan. Cara ini juga satu-satunya cara untuk mengetahui kepuasan mereka atas apa yang kamu tawarkan.

Namun, tantangan dari membuat survei adalah kurangnya ketertarikan customer dalam mengisinya. Jadi agar lebih termotivasi, buatlah survei yang memiliki tawaran hadiah menarik setelah mereka mengisinya.

Hadiah yang ditawarkan dapat berbentuk voucher potongan harga, voucher gratis ongkir, atau tiket masuk gratis dari acara yang kamu selenggarakan.

Pastikan emailmu memiliki konten yang jelas dan dapat mudah diakses dalam sekali klik untuk mengarahkan ke link survei. Selain itu, buatlah link survei yang kamu buat mobile-friendly agar memudahkan pengguna telepon genggam.

Itu dia lima ide email marketing menarik yang dapat kamu terapkan untuk kelangsungan bisnis yang lebih efisien dan efektif. Jadi, sekarang kamu sudah dapat inspirasi, kan?

Nah, agar kamu bisa mendapatkan informasi lainnya dalam dunia marketing, cobalah untuk bergabung dengan komunitas digital marketing. Dengan begini, kamu bisa memperluas pengetahuanmu, serta jaringan professional.

email marketing - EKRUT
Last update: 15 November 2020

Sumber:

Tags

Share