Published on

Technology

Ini 4 manfaat dari keberadaan aplikasi kesehatan di Indonesia

Maria Yuniar

Ingin-gunakan-aplikasi-kesehatan-Kenali-dulu-manfaatnya-EKRUT.jpg

Proses perkembangan dunia teknologi digital telah mempengaruhi banyak bidang. Salah satunya, bidang kesehatan. Pengaruh yang dirasakan pada dunia kesehatan adalah dengan kemunculan aplikasi-aplikasi kesehatan yang dapat dengan mudah diakses melalui perangkat smartphone atau tablet.

Sebagai contoh, di negara-negara maju, saat ini proses pemeriksanaan kesehatan telinga atau pendengaran anak dapat dilakukan menggunakan smartphone. Melalui perangkat tersebut sang dokter dapat mendiagnosis infeksi dan mempersiapkan pengobatan yang tepat untuk pasiennya.

Semakin banyaknya aplikasi mobile di bidang kesehatan tentunya akan mempermudah jalannya perawatan pasien. Aplikasi semacam ini juga berkembang di Indonesia. Sejauh apa sih aplikasi kesehatan ini membawa dampak di Tanah Air?

1. Sarana edukasi dan awareness

Ingin gunakan aplikasi kesehatan Kenali dulu manfaatnya EKRUT
 
Manfaat aplikasi kesehatan salah satunya adalah mengedukasi masyarakat - EKRUT

Manfaat pertama dari aplikasi kesehatan adalah menyebarluaskan informasi untuk mengedukasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan.

Agar menarik pengguna, beberapa dia ntaranya dilengkapi dengan fitur gamification serta terhubung ke media sosial. Setidaknya ada lima jenis aplikasi kesehatan yang bisa kamu coba.

  1. Aplikasi pendukung olahraga, seperti Endomondo dan Pear Training Intelligence. Di antaranya memanfaatkan fitur GPS dan pengukur denyut nadi.
  2. Aplikasi edukasi untuk menghentikan kebiasaan merokok, seperti SmokeFree dan quitSTART.
  3. Aplikasi penghitung kalori untuk membantu program diet, seperti MyFitnessPal dan Lose It!
  4. Aplikasi edukasi untuk perawatan gigi, seperti CAESY dan DDS GP.

Baca juga: The FIT Company akuisisi 3 startups ini tujuannya

2. Sarana diagnostik 

Ingin gunakan aplikasi kesehatan Kenali dulu manfaatnya EKRUT 
Aplikasi juga akan membantu mendiagnosa pasien - EKRUT

Selain itu, aplikasi kesehatan ternyata juga bisa mendiagnosis sekaligus merawat pasien. Bahkan dengan telemedicine, pasien dapat diperiksa dari jarak jauh.

3. Dukungan untuk pasien

Ingin gunakan aplikasi kesehatan Kenali dulu manfaatnya EKRUT 
Tujuan dari adanya aplikasi kesehatan ini adalah mendukung perawatan pasien - EKRUT

Pengaplikasian ini bertujuan untuk mendukung keberlanjutan perawatan pasien seperti memeriksa kondisi pasien, mengingatkan untuk minum obat, dan melakukan penjadwalan perawatan. Penerapannya biasanya dilakukan melalui SMS atau dengan aplikasi smartphone. 

4. Kemudahan

Ingin gunakan aplikasi kesehatan Kenali dulu manfaatnya EKRUT 
Aplikasi kesehatan semakin canggih dibuat semakin mudah bagi para anggotanya - EKRUT

Semua orang menginginkan aplikasi canggih yang bekerja dengan cepat. Pelajaran berharga dari aplikasi kesehatan di Indonesia yang pertama adalah bahwa semakin sederhana suatu aplikasi, maka semakin baik.

Tidak ada yang ingin memiliki aplikasi canggih, tapi lambat dalam pengoperasiannya.

Karena dibuat untuk bisa dinikmati para penggunanya semudah mungkin, maka pembuat aplikasi kesehatan di Indonesia terus mengamati jalan pikir, kebiasaan, serta karakter pengguna. Langkah ini sangat penting dalam membangun suatu aplikasi seluler.

Baca juga: 3 Startup kecantikan di Indonesia ini bisa kamu jadikan acuan sesuai kebutuhanmu

Aplikasi kesehatan memang di satu sisi mempermudah masyarakat. Namun, kita harus tetap berhati-hati dalam membagikan data. Sebab, rekam medis merupakan informasi yang sensitif.

ingin gunakan aplikasi kesehatan kenali dulu manfaatnya - EKRUT
 Last update 4 September 2020

Sumber:

Tags

Share