Media

Ini dia plus-minus berburu pekerjaan di job fair
By Nelson Simbolon - 6 December 2018
5 min read 185 Views

Ada banyak kesempatan untuk menemukan pekerjaan yang tepat di job fair. Berbagai perusahaan yang sedang mencari calon kandidat akan berada di pameran ini. Tentu lebih efektif dibandingkan mendatangi satu persatu perusahaan atau melayangkan lamaran secara manual. 

Ketika datang ke job fair, pastikan kamu sudah mempersiapkan berkas yang diperlukan dan juga kondisi fisik yang fit. Meskipun kelihatannya job fair mendatangkan peluang yang lebih besar untuk dapat kerja, tapi tetap ada juga sisi minusnya lho. Penasaran? Berikut uraian plus-minus beserta tips berburu pekerjaan di job fair.

 

Sisi plus berburu pekerjaan di job fair

1. Perusahaan yang ada dalam job fair banyak, kesempatan semakin besar

Tak hanya perusahaan swasta tetapi termasuk Departemen Pemerintah dan BUMN biasanya juga sering ditemui di job fair. Karena saking banyaknya perusahaan yang ada di job fair, kamu akan memiliki peluang berinteraksi dengan perwakilan dari perusahaan besar maupun lembaga  yang kamu ingin tuju secara langsung.

2. Memicu kepercayaan diri

Mengikuti job fair juga dapat memicu kepercayaan diri, lho. Karena di sini kamu akan berkomunikasi langsung dengan perwakilan perusahaan. Bisa juga di interview oleh HRD atau user langsung. Semakin kamu mengasah kemampuan komunikasi dan percaya diri untuk besar kemungkinan perusahaan juga akan melirik kamu.

3. Kesempatan meriset perusahaan yang ingin dituju

Job fair juga memberikan kesempatan bagi kandidat untuk meriset perusahaan yang dituju. Carilah informasi sebanyak-banyaknya di sini, mulai dari budaya perusahaan, lingkup kerja, kompetensi yang perlu dimiliki, hingga program kerja yang sedang dilaksanakan sekarang.

4. Mempelajari skill yang dibutuhkan

Dengan informasi yang kamu peroleh dari perwakilan perusahaan, kamu akan mengetahui berbagai skill yang dibutuhkan untuk bisa menjadi karyawan di perusahaan tersebut dengan profesi tertentu. Dari sinilah, kamu bisa tahu dan kemudian mengembangkan skill yang dibutuhkan tersebut.

 

Sisi minus dari berburu pekerjaan job fair

1. Saking banyaknya peserta membuat tidak fokus

Mengikuti job fair juga ternyata ada sisi minusnya, misalnya saja soal pesertanya yang melebihi kapasitas ruangan. Tak jarang peserta menjadi tidak fokus dengan perusahaan yang dituju maupun informasi yang didapat menjadi terbatas.

2. Kebanyakan perusahaan outsourcing

Beberapa perusahaan yang ikut juga banyak yang kategori outsourcing sehingga banyak peserta yang kecewa. Kamu pasti sudah tahu dong kekurangan hingga risiko di bawah perusahaan outsourcing.

3. Tidak mengeksplorasi banyak bakat dan minat kandidat

Permasalahan waktu yang terbatas kerap membuat perusahaan kesulitan mencari kandidat yang sesuai. Mungkin kamu memiliki skill mumpuni namun kerana masalah waktu tersebut dan terlalu banyaknya peserta yang diwawancara, membuatmu perusahaan tidak melirikmu. 

 

Tips berburu pekerjaan di job fair

Di job fair, nyatanya tak hanya pencari kerja, perusahaan pun berlomba mencari kandidat terbaik untuk duduk di kursi empuk miliknya. Agar tak pulang dengan tangan kosong, Ekrut akan berbagi tips jitu berburu pekerjaan di job fair yang selalu dipenuhi lautan pencari kerja.

1. Cari informasi yang akurat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi mengenai pameran job fair sesuai domisili daerahmu. Informasi tersebut dapat kamu temui melalui iklan di koran, internet, milis pencari kerja atau milis yang dimiliki oleh universitas yang memiliki portal lowongan pekerjaan. 

2. Persiapkan CV atau Resume terbaik

Curriculum Vitae (CV) merupakan hal pertama yang bisa menentukan berhasil atau tidaknya lamaran kamu. Oleh sebab itu, jangan pernah malas untuk membuat dan mempersiapkan CV dengan sebaik mungkin. Buatlah sebuah CV yang memang benar-benar bisa mewakili dirimu, dan memiliki kriteria CV yang semestinya. Periksa semua halaman dengan baik, hindari berbagai kesalahan penulisan dan juga tanda baca yang tidak perlu di sana.

3. Perhatikan penampilan dan berlatihlah dengan baik

Pastikan kamu datang dengan penampilan yang baik dan sesuai dengan yang semestinya. Datanglah dalam keadaan rapi selayaknya orang bekerja kantoran, sehingga kamu memang menunjukkan benar-benar siap untuk bekerja pada perusahaan yang kamu lamar di sana. Tak hanya itu, dengan penampilan yang baik kamu juga harus mampu menunjukkan kesiapanmu.

Jadi, sudah siap ikut job fair? Persiapkan semuanya dengan baik, istirahat yang cukup dan bersikaplah ramah dengan pengunjung lain. Segalanya akan berjalan dengan baik jika kamu mempersiapkannya dengan baik. Selamat berburu pekerjaan!

 

Sumber:

Tags: job fair

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang