Expert's Corner

Mengenal apa itu Instagram Reels dan tips optimasi yang efektif 2022

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Natasya Primatyassari

Natasya Primatyassari has been dipping her toes into the digital marketing pool since 2018 and has helped numerous companies with their communication needs. Her passion is to make a business sparkle through its useful and engaging content.

H1_Mengenal_apa_itu_Instagram_Reels.jpg

Instagram Reels adalah format konten yang memungkinkan kamu membuat dan berbagi video pendek yang menarik. Berbeda dengan Instagram Stories, video yang diunggah di Instagram Reels tidak akan hilang secara otomatis setelah 24 jam. Banyak pembuat konten yang menggunakan Reels untuk meningkatkan kehadiran mereka secara digital di Instagram.

Apa itu Instagram Reels?


Instagram Reels menawarkan seperangkat fitur penyuntingan video - Pexels

Dikutip dari hootsuite.com, Instagram Reels adalah video yang berdurasi hingga 60 detik. Hampir sama dengan TikTok, Instagram Reels menawarkan seperangkat fitur penyuntingan yang memungkinkan pengguna membuat rekaman video yang menarik dan menyenangkan. Instagram Reels juga dapat menyertakan beberapa klip video, filter, teks, latar belakang interaktif, stiker, dan banyak lagi. Video-video di Instagram Reels dapat diakses melalui ikon Reels yang terdapat di bagian bawah halaman beranda aplikasi Instagram. Selain itu, Instagram Reels juga banyak ditampilkan melalui halaman Explore

Baca juga: 8 Software edit video untuk Android dan iOS terbaik 2022

Algoritma Instagram Reels 2022


Algoritma Instagram Reels mengutamakan akun-akun yang sering berinteraksi dengan akunmu - Freepik

Algoritma Instagram Reels 2022 lebih mengutamakan akun-akun yang sering terlibat dan berinteraksi dengan akunmu. Jika kamu menyukai, mengomentari, melihat, dan membagikan video Reels dari akun Instagram tertentu, aktivitas ini dinilai sebagai sebuah sinyal yang akan dikirimkan ke algoritma Instagram bahwa kamu menikmati konten di akun tersebut. Dilansir dari statusbrew.com, berikut adalah sinyal terpenting, berdasarkan peringkatnya, yang digunakan untuk menentukan algoritma Instagram Reels.

1. Aktivitas pengguna

Instagram melihat video Reels yang baru-baru ini disukai, dikomentari, dan terlibat dengan pengguna. Aktivitas ini memberi tahu Instagram konten yang relevan untuk pengguna.

2. Riwayat interaksi

Instagram melihat jika kamu pernah berinteraksi dengan pembuat video Reels di waktu sebelumnya. Jika kamu tidak pernah mengikuti pembuatnya, tetapi kamu pernah menyukai, berkomentar, atau menonton salah satu Instagram Reels mereka secara berulang, kemungkinan besar kamu akan melihat videonya lagi di timeline.

3. Informasi yang terdapat di video Reels

Instagram melihat apakah audio yang digunakan di video Reels sedang tren atau tidak, popularitas Reels, piksel dan seluruh frame-nya, serta kontennya. Instagram akan mengabaikan video Reels dengan kualitas rendah, memiliki watermark, dan terkait dengan isu politik tertentu.

4. Informasi mengenai pembuat konten

Seberapa menarikkah konten tersebut untuk pengguna lain? Jika pembuat konten memiliki banyak video Reels yang viral, ini menunjukkan Instagram bahwa pengguna menyukai konten mereka, dan mereka akan membagikannya lebih banyak di beberapa timeline pengguna.

Baca juga: Panduan lengkap membuat akun Instagram bisnis 2022

5 Fitur Instagram Reels


Efek Augmented Reality (AR) adalah salah satu fitur yang tersedia di Instagram Reels - Pexels

Dalam Instagram Reels, kamu akan menemukan berbagai fitur penyuntingan kreatif yang menunjang pembuatan klip video seperti dikutip dari instagram.com sebagai berikut.

1. Audio

Dengan fitur ini, kamu dapat mencari lagu tertentu dari penyimpanan musik di Instagram. Kamu juga bisa menggunakan audio dari suaramu sendiri dengan merekamnya langsung saat membuat Instagram Reels.

2. Efek Augmented Reality (AR)

Kamu juga bisa memilih berbagai efek yang tersedia di galeri. Efek tersebut dibuat oleh Instagram dan pembuat konten di seluruh dunia untuk memfasilitasi pengguna agar dapat merekam banyak klip video dengan efek yang berbeda.

3. Pengatur waktu dan hitungan mundur

Fitur lain yang tersedia di Instagram Reels adalah pengatur waktu yang memudahkan kamu merekam video tanpa harus menekan tombol rekam secara terus-menerus. Ada dua pilihan waktu perekaman yaitu selama 15 detik atau 30 detik. Setelah menekan tombol rekam, kamu akan melihat hitungan mundur selama 3 detik sebelum perekaman dimulai.

4. Menggabungkan beberapa klip video

Selain pengatur waktu, kamu juga dapat menggabungkan objek dari klip video sebelumnya dan menyelaraskan dengan klip video berikutnya agar menciptakan transisi yang mulus. Sebagai contoh, fitur ini sangat dibutuhkan ketika kamu membuat video berganti pakaian atau menambahkan teman baru dalam video tersebut.

5. Pengaturan kecepatan

Fitur terakhir yang dimiliki oleh Instagram Reels adalah mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audio yang dipilih. Fitur ini dapat membantumu untuk tetap selaras mengikuti irama maupun membuat video dengan gerakan lambat.

Tips optimasi Instagram Reels yang efektif


Membagikan konten-konten di balik layar adalah cara yang efektif untuk mengoptimalkan Instagram Reels - Pexels

Instagram Reels yang sukses, kemungkinan besar akan ditampilkan di halaman Explore—tempat yang digunakan lebih dari 50% akun Instagram untuk menemukan hal baru setiap bulannya. Jika Reels kamu berhasil ditampilkan di halaman ini, kamu memiliki peluang besar untuk mengekspos merekmu kepada pengikut baru.

Berikut lima kiat jitu yang dikutip dari hootsuite.com untuk mengoptimalkan Instagram Reels sebagai bagian dari strategi pemasaran media sosial.

1. Bagikan konten yang informatif

Membuat konten yang informatif adalah cara yang bagus untuk memulai Instagram Reels. Kamu bisa membagikan konten, seperti, 5 langkah merawat kulit wajah, rahasia membuat pancake lezat dalam 10 menit, atau 5 tips melipat pakaian. Ada banyak hal bermanfaat yang dapat dipelajari oleh pengikutmu di media sosial. Kamu juga bisa menambahkan tagar yang sesuai dalam deskripsi video.

2. Tunjukkan produkmu

Seluruh pengguna Instagram dapat mengakses video di Instagram Reels melalui menu khusus dan halaman Explore. Hal ini mendatangkan keuntungan karena pengguna Instagram yang tidak mengikuti akunmu juga dapat melihat konten yang kamu buat. Untuk membantu algoritma memahami kontenmu dan menyajikannya kepada audiens yang tepat, kamu dapat menggunakan bantuan tagar dan caption yang deskriptif.

3. Bagikan konten di balik layar

Konten di balik layar membantu pengikut akunmu memahami siapa kamu dan mengapa kamu menjual produk atau layanan tersebut. Beberapa ide konten yang dapat dicoba antara lain:

  • Bagikan bagaimana kamu memilih bahan terbaik untuk produk yang dijual
  • Bagikan proses pembuatan produk
  • Bagikan kehidupan sehari-hari tim kamu
  • Bagikan kisah bisnismu—bagaimana mendapatkan ide bisnis tersebut dan hal-hal yang telah dilalui selama ini.

Konten di balik layar seperti ini dapat menumbuhkan kepercayaan audiens dan membantu membangun hubungan dengan mereka.

4. Berjualan dan bagikan penawaran menarik

Bagaimana kalau menggunakan Instagram Reels untuk berjualan? Sebenarnya sah-sah saja seperti yang dilakukan oleh Tarte Cosmetics. Mereka menerapkan tips ini dan berhasil mendapatkan banyak engagement dari pengguna Instagram. Dua hal yang perlu diingat adalah tetap membuat konten sesuai dengan identitas merekmu dan jangan terlalu eksplisit atau hard selling. Kamu juga bisa menambahkan penawaran menarik di akhir video agar audiens semakin tertarik untuk membeli produk atau layananmu.

5. Gunakan iklan Instagram Reels

Mulai bulan Juni 2022, pengiklan Instagram dapat memilih Reels sebagai bagian dari penempatan iklan mereka. Beriklan di Instagram Reels menawarkan cara baru kepada brand untuk menjangkau audiens yang tepat sesuai dengan konten yang sering dilihat oleh mereka.

Baca juga: 6 Cara meningkatkan engagement Instagram

Sebagai digital marketer, kamu harus terus beradaptasi dengan fitur-fitur baru yang diluncurkan di media sosial. Selain mengoptimalkan fitur-fitur tersebut, kamu juga tetap harus memantau dan melacak engagement yang terjadi. Kamu bisa cek video di bawah ini untuk mengetahui metrik penting yang berguna untuk mengukur performa Instagram Ads sekaligus mengevaluasi kinerja media sosialmu.

sign up EKRUT

Sumber:

  • hootsuite.com
  • statusbrew.com
  • instagram.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video