Media

Jangan takabur! Alokasikan bonus akhir tahun kamu dengan bijak
By Nelson Simbolon - 10 December 2018
4 min read 134 Views

Semua karyawan pasti menanti-nantikan momen turunnya bonus akhir tahun. Biasanya, perusahaan akan memberikan bonus ini pada karyawan di luar dari gaji bulanan. Bonus ini bisa kamu manfaatkan untuk menghabiskan liburan dan menikmati hasil kerja kerasmu selama ini. Meski begitu, tak ada salahnya juga untuk mengelola bonus akhir tahun dengan baik agar dapat menghasilkan keuntungan, bukan? Untuk itu, simak beberapa tips berikut yang dapat kamu lakukan untuk mengelola bonus akhir tahun.

 

Lunasi utang

Pertama-tama, mari menilai rapor keuangan selama setahun terakhir. Apakah rapor keuanganmu masuk dalam rapor merah atau tidak? Bila beban utang yang harus kamu bayar setiap bulan tidak lebih dari 30 persen dari total penghasilan bulanan, berarti laporan keuanganmu masuk dalam rapor biru.

Sebaliknya, bila beban utangmu lebih dari 30 persen, berarti laporan keuanganmu masuk dalam rapor merah. Bila demikian, sebaiknya gunakan bonus akhir tahun untuk melunasi utang-utangmu karena melunasi utang lebih awal akan mengurangi beban keuanganmu di masa depan.

 

Dana darurat

Bonus akhir tahun juga dapat kamu pakai dengan bijak menyiapkan dana darurat serta investasi. Dana darurat ini dapat kamu gunakan untuk keperluan-keperluan mendesak, seperti sakit, kecelakaan, dan lain-lain. Bila kamu belum menikah, sebaiknya kamu memiliki dana darurat setara 3 bulan pengeluaran rutin. Namun, bila kamu sudah berkeluarga, sebaiknya kamu menyiapkan dana darurat setara 6—12 bulan pengeluaran rutin.

 

Investasi

Agar bonus akhir tahunmu tidak habis dengan percuma, kamu bisa menyisihkan sebagian bonus untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih reksadana jika menginginkan keuntungan jangka panjang, misalnya reksadana saham untuk 5—10 tahun. Kamu juga bisa memilih investasi lain seperti emas yang mampu memberi keuntungan jangka pendek untuk 1—3 tahun. Pilihan lainnya, kamu dapat berinvestasi lewat deposito karena belakangan ini bunga deposito bank terus naik.

 

Menghargai diri sendiri

Bila sudah mengalokasikan bonus untuk keperluan jangka panjang seperti melunasi utang atau investasi, tak ada salahnya bagi kamu untuk memanjakan diri sendiri atas kerja keras selama setahun. Jika kamu memiliki keinginan untuk berbelanja atau berjalan-jalan, jangan ragu menggunakan sebagian bonus akhir tahunmu untuk hal-hal tersebut. Namun, tetap ingat batas anggaran agar kondisi keuanganmu tak terganggu.

 

Sedekah

Kamu juga bisa membuat bonus akhir tahunmu lebih bermakna dengan menggunakan beberapa persen dari bonusmu untuk disumbangkan ke organisasi amal. Dengan begitu, hasil kerja kerasmu selama setahun juga bisa menjadi bermakna bagi orang lain.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags:

  • bonus akhir tahun
  • investasi
  • hutang
  • gaji
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang