Published on

Careers

Menarik, ini 7 pekerjaan yang cocok untuk orang sensitif

Maria Yuniar

pekerjaan-untuk-orang-sensitif-EKRUT.jpg

Apakah kamu termasuk orang yang sensitif? Orang berkarakter sensitif memang biasanya menjadi yang pertama yang bertepuk tangan kala gembira, meneteskan air mata kala momen duka, serta pertama marah kala ada hal yang salah. Lalu, pekerjaan seperti apa yang cocok untuk orang-orang sensitif?  

Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang cocok bagi kamu yang memiliki sifat sensitif.  Mungkin saja dengan menggeluti bidang pekerjaan ini, perasaan dan pikiranmu bisa berjalan dengan seimbang. 

1. Pekerjaan di bidang pendidikan

pekerjaan yang cocok untuk orang sensitif - EKRUT
Salah satu jenis pekerjaan untuk orang sensitif yang bisa kamu coba adalah menjadi guru - EKRUT

Punya hobi mengajar? Dunia pendidikan ini bisa menjadi wadah tepat bagi orang-orang yang sensitif. Di sini, kamu bisa menghabiskan waktumu untuk menambah wawasan. Keselarasan antara perasaan dan aplikasi ilmu tentu akan terlihat di sini.

2. Profesi di bidang kreatif

pekerjaan yang cocok untuk orang sensitif - EKRUT
Pekerjaan seperti penulis dan desainer grafis cocok untuk orang yang sensitif - EKRUT

Banyak anggapan, orang-orang sensitif memiliki kreativitas lebih tinggi. Benarkah demikian? Cobalah untuk mengembangkan kreativitasmu. Ada baiknya jika pekerjaan yang diambil memanfaatkan sisi kreativitasmu. Seperti menulis atau menjadi desainer grafis. Puaskan dirimu dengan pekerjaan yang menuntut kreativitas. 

Baca juga: 7 Langkah cara menjadi Content Creator yang andal di startup

3. Profesi di bidang kesehatan

pekerjaan untuk orang yang sensitif - EKRUT
Pekerjaan di dunia medis membutuh kan orang yang juga memiliki empati tinggi - EKRUT

Dunia medis dan bidang kesehatan lainnya menuntut orang-orang yang tidak hanya cerdas di bidang tersebut, tetapi juga memiliki intuisi dan empati tinggi. Mereka begitu hebat dalam mengurus pasien satu per satu. Kamu bisa mengambil pekerjaan seperti konsultan kesehatan, pekerja rumah sakit, atau ahli terapi fisik.

4. Pekerja lepas

pekerjaan untuk orang yang sensitif - EKRUT
Pekerja lepas memiliki kesempatan untuk mengatur jadwalnya sendiri - EKRUT

Orang sensitif biasanya tidak menyukai bekerja tetap di sebuah perusahaan. Kebanyakan dari mereka merasa tidak bisa berkembang karena memiliki rekan kerja yang lamban. Daripada menimbulkan gesekan, mereka memilih menjadi pekerja lepas.

Apakah kamu juga tertarik? Kamu akan bekerja lebih independen dan memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal sendiri. Selain itu, karena bekerja dengan berorientasi pada hal detail, kamu akan terus memotivasi diri sendiri untuk berkembang.

5. Pekerjaan di bidang IT

pekerjaan untuk orang yang sensitif - EKRUT
Pekerjaan di bidang teknologi membutuhkan orang dengan intuisi kuat - EKRUT

Coding membutuhkan proses kreatif dan paling baik dilakukan oleh orang yang memiliki intuisi kuat. Banyak pekerjaan di bidang teknologi yang membutuhkan suasana kerja yang fleksibel. Selain itu, profesi semacam ini menawarkan peluang bekerja dari rumah. 

6. Bisnis

pekerjaan untuk orang yang sensitif - EKRUT
Orang yang sensitif juga cocok bekerja dalam bisnis - EKRUT

Kesalahpahaman yang umum dihadapi oleh orang-orang sensitif adalah mereka tidak bisa menjadi pemimpin. Siapa bilang? Orang sensitif justru berorientasi pada perkembangan. Misalnya dalam bisnis berskala kecil. Mereka mungkin akan menciptakan suasana pekerjaan yang ramah dan memikat bagi karyawan.

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

7. Pekerjaan yang berkaitan dengan hewan dan alam

pekerjaan untuk orang yang sensitif - EKRUT
Pekerjaan yang berkaitan dengan alam dan hewan memberi kesempatan bagi orang yang sensitif untuk bekerja secara mandiri - EKRUT

Meski orang yang sensitif sangat selaras dengan emosi manusia, mereka juga bisa sangat terikat dengan hewan dan alam. Karena itu kamu mungkin tertarik untuk memulai pekerjaan yang berkaitan dengan hewan dan alam.

Jenis pekerjaan ini juga memberi kesempatan untuk bekerja secara mandiri. Beberapa contoh pekerjaan yang berkaitan dengan hewan dan alam seperti ahli biologi, ahli botani, ahli ekologi, dog trainer, ilmuwan konservasi.

Dari tujuh bidang pekerjaan yang cocok ditekuni oleh orang sensitif tersebut, mana yang paling menarik buatmu? Yuk, pilih sesuai kepribadian dan bakat yang kamu miliki.

EKRUT
Last update: 24 Oktober 2020

Sumber:

  • fiscaltiger.com
  • highlysensitiverefuge.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Untitled_design-46.jpg

    Lainnya

    8 Rekomendasi Tes Kesehatan Mental Online beserta Kisaran Biayanya

    Tsalis Annisa

    15 August 2022
    7 min read
    cover_(5).jpg

    Careers

    Solusi Mengatasi Stres Saat WFH dengan Retail Therapy yang Bikin Bahagia

    Detty Risetya

    14 August 2022
    6 min read
    H1_produktivitas_adalah.jpg

    Careers

    10 Cara Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas saat Bekerja

    Alvina Vivian

    12 August 2022
    5 min read

    Video