Published on

jobs

Apa itu content creator? Kenali 9 Langkah membangun karier sebagai content creator

Tsalis Annisa

cara-menjadi-content-creator-EKRUT.jpg

Content Creator merupakan sebutan bagi orang yang bekerja dengan menciptakan konten atau media untuk dibagikan secara online. Saat ini, pekerjaan Content Creator semakin popular di dunia kreatif. Akan tetapi, untuk menjadi Content Creator tidak mudah, lantaran harus menciptakan beragam jenis konten sekaligus, mulai dari tulisan hingga video, layaknya seorang Blogger, Vlogger, dan Podcaster yang menjadi satu.

Nah, jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, berikut ini adalah beberapa cara menjadi Content Creator di startup yang perlu kamu ketahui.

Proyeksi karier Content Creator 2021

Proyeksi karier Content Creator 2021
Tahun 2021 membawa banyak peluang untuk menjadi content creator - Unsplash

Jika kamu masih bertanya-tanya apakah pekerjaan content creator dapat menghasilkan, jawabannya adalah iya dan benar. Tahun 2021 memiliki lebih banyak peluang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dilansir dari brokeandchic.com, ada beberapa hal yang melatarbelakangi proyeksi karier content creator semakin menjanjikan di tahun 2021 yaitu sebagai berikut.

  • Semua orang sudah terhubung secara online. Pandemi global telah memaksa kita untuk tinggal di rumah. Dari kelas hingga perusahaan, semuanya dilakukan secara online. Namun, hal tersebut justru menjadi peluang sempurna untuk pembuatan konten digital. Setelah semua orang menggunakan internet, konten yang kamu buat memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak orang daripada sebelumnya.
  • Pemasaran dari pengalaman pengguna merupakan peluang untuk content creator. Saat ini, perusahaan lebih senang memasarkan produk atau layanannya dengan metode user experience atau pengalaman pengguna. Mereka senang menggunakan content creator karena mereka menghadirkan konten asli kepada audiens dan membagikan pengalaman nyata sebagai pelanggan ketika menggunakan produk atau layanan tertentu. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau brand lebih memilih menggunakan content creator untuk memasarkan produk mereka di tahun 2021 ini.
  • Revolusi konten yang sedang berlangsung. Dengan begitu banyak platform media sosial baru yang bermunculan, dunia pembuatan konten akan selalu berubah. Adaptasi cepat dalam bidang kreatif adalah salah satu hal yang dicari dari seorang content creator. Jadi, jika kamu ingin ambil bagian dalam revolusi konten yang sedang berlangsung, sekarang adalah waktu yang tepat. 

9 Langkah membangun karier Content Creator

Cara menjadi Content Creator EKRUT 
Seorang Content Creator harus memperhatikan siapa audiensnya-EKRUT

Nah, jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, berikut ini adalah beberapa cara menjadi Content Creator yang perlu kamu ketahui.

1. Pelajari audiens dari industri yang kamu geluti

Kamu perlu menyadari bahwa bekerja sebagai kreatif di dunia bisnis membuatmu takluk dengan keinginan dan kebutuhan audiens yang kamu miliki. Kreativitasmu harus terus mengikuti pola keinginan dan kebutuhan audiens untuk menjaga serta menambah massa mereka.

Oleh sebab itu, cara menjadi content creator selanjutnya adalah mampu mempelajari perilaku audiens dari industri yang kamu geluti sedalam mungkin. Kamu mungkin saja dapat menemukan ketertarikan dan peluang kreatif baru yang tidak sengaja ditemukan berkat keinginan atau kebutuhan mereka.

Baca juga: Tips agar konten yang kamu buat menjadi viral, apa saja sih?

Salah satu kualitas terbaik dari Content Creator yang sukses adalah mereka mengetahui audiens-nya luar dan dalam. Kamu juga harus mampu meneliti keinginan dan kebutuhan dari audiens yang belum mampu kamu penuhi. Dalam menilai hal tersebut, sebagai Content Creator kamu dapat mengelompokkan audiens berdasarkan usia, gender, lokasi, anggota keluarga, profesi, hingga gaji. Jadi, proses penilaianmu juga akan lebih mudah dan terorganisir.

2. Belajar membuat konten yang berkualitas

Cara menjadi Content Creator EKRUT 
Penting bagi Content Creator untuk membuat konten yang berkualitas-EKRUT

Sebagai ahli pembuat konten, kamu harus mampu secara profesional menciptakan beragam konten dengan kualitas terbaik yang dapat kamu berikan. Lalu, seperti apa konten yang dapat dinilai berkualitas?

Menurut Google, konten yang berkualitas harus mampu menyuguhkan informasi secara detail namun tidak bertele-tele. Selain itu, konten tersebut juga harus ditulis dengan tata bahasa yang baik dan telah disunting untuk dipastikan kualitas bahasanya.

Tidak hanya itu, konten yang berkualitas juga perlu mengedepankan user experience. User harus mampu merasa nyaman dan tidak terganggu ketika melihat, mendengar, atau membaca konten yang kamu buat. Biasanya sebagai Content Creator, kamu juga tidak hanya akan fasih membuat konten tulisan tetapi juga menghandle Content Creator Youtube yang tugasnya membuat konten di YouTube.

3. Selalu update dengan kondisi terkini dari industri yang digeluti

Cara menjadi Content Creator EKRUT 
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah selalu update dengan perkembangan informasi dan teknologi-EKRUT

Usahakanlah untuk selalu update dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai segala macam hal yang terjadi di dalam industrimu. Misalnya, kamu adalah seorang Content Creator di sebuah perusahaan kosmetik, maka pastikanlah kamu mengikuti tren kecantikan yang sedang berkembang pada saat itu.

Carilah konten maupun berita relevan terkait industri yang kamu geluti dan selalu ikuti setiap perkembangannya. Jangan sampai ketinggalan satu hal pun yang sedang viral agar konten yang kamu buat nantinya tetap selalu baru serta mengikuti tren yang ada.

4. Menulislah secara rutin

Cara menjadi Content Creator EKRUT 
Content Creator juga harus terus melatih kemampuan menulis-EKRUT

Seorang Content Creator atau Content Creative yang sukses sadar pentingnya konsistensi dalam mengembangkan kualitas tulisan. Menulis menjadi salah satu keahlian untuk menjadi Content Creative. Dengan menulis secara rutin dalam keseharian akan mampu meningkatkan kemampuanmu dalam menciptakan konten tulisan dan ide-ide yang diperlukan di dalamnya.

Mungkin, ada masanya seorang Content Creator tidak tahu apa yang harus ditulis, namun mereka tahu bahwa mereka dapat menemukan ketika mulai menulis. Jadi, jadikanlah menulis sebagai kebiasaan setiap hari. Usahakanlah untuk menulis artikel 1.500 kata perharinya untuk terbiasa menulis dan menuangkan ide-idemu.

Baca juga: 8 Youtube channel terbaik untuk update seputar teknologi

5. Mengerti memasukan keyword dan SEO yang tepat

Cara menjadi Content Creator EKRUT 
Setelah membuat konten baiknya content creator memperhatikan juga SEO dari konten tersebut-EKRUT

Tidak hanya bermodalkan memiliki kemampuan menulis, membuat konten video dan bahkan mungkin menjadi dubber. Seorang Content Creative juga dituntut mengerti hal terkait SEO. Melalui manajemen SEO yang bagus, kontenmu dapat mudah ditemukan melalui mesin pencari.

Ini akan membantumu untuk menjadi lebih dikenal dan tentunya kontenmu lebih bermanfaat. Dari sana kamu bisa mendapatkan pemasukan dari Google. Apalagi bila dilihat sekarang ini sistem SEO tidak hanya dipergunakan untuk situs, namun juga meliputi gambar dan video.

6. Pahami KPI kamu 

cara menjadi content creator - EKRUT
Rancang strategi yang tepat untuk mengoptimalkan konten yang kamu buat - EKRUT

Hanya karena kamu mempublikasikan konten secara online tidak berarti konten yang kamu hasilkan dapat dilihat orang. Kamu bisa saja tidak mendapatkan traffic yang layak untuk konten-konten kamu.

Itu sebabnya pertama-tama kamu harus fokus pada KPI kamu sebelum mengoptimalkan konten yang kamu buat. KPI adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa baik konten yang kamu hasilkan terhadap ekspektasi kamu. Umumnya KPI meliputi social media traffic, direct traffic, organic traffic, atau submission. Setelah memilih fokus KPI, kamu bisa mencari tahu strategi yang tepat untuk mengoptimalkan konten yang kamu ciptakan agar sukses. 

Baca juga: Intip Algoritma Youtube 2020 dan cara mengotimalkan kanalmu

7. Berkolaborasi dengan Content Creator lain

cara menjadi content creator - EKRUT
Kolaborasi dengan sesama Content Creator dapat meningkatkan jumlah subscriber dan menambah jaringan-EKRUT

Conten Creator yang sukses mereka tidak berdiri sendiri. Mereka membangun jaringan dengan Content Creator lainnya untuk membuat suatu konten yang bisa dilihat oleh audiens. Seperti yang kamu lihat di Content Creator YouTube saat ini, ada banyak Content Creator yang membuat konten secara bersama-sama. Mereka berkolaborasi untuk menambah jumlah subscriber di samping mempelajari keberhasilan konten masing-masing.

8. Ikut komunitas dan online course untuk meningkatkan keahlian

Ikut komunitas dan online course
Salah satu cara untuk meningkatkan keahlianmu adalah dengan mengikuti online course - Unsplash

Selain berkolaborasi dengan content creator lain, bergabung di komunitas yang sesuai dengan industri yang kamu geluti juga menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan. Content creator yang sudah berhasil tahu bahwa kesuksesan yang didapat tidak hanya karena passion yang dimiliki melainkan juga karena ada sosok penting yang mengajari, menginspirasi, serta mendorong mereka untuk berpikir dengan cara yang berbeda dan itu semua bisa diperoleh dengan bergabung di komunitas.

Komunitas juga sering mengadakan kursus tertentu untuk meningkatkan keahlianmu dalam membuat konten, misalnya trik mengatur kamera, dasar-dasar menyunting video, atau kursus lain yang berhubungan dengan industri yang kamu geluti. Biasakan juga untuk membangun jaringan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan yang kamu miliki. Luangkan waktu di Twitter, Facebook, atau Instagram untuk terhubung dengan komunitas atau pemuka pemikiran di industri yang kamu geluti dan ikuti mereka di media sosial.

9. Minta kritik dan saran untuk perkembangan kontenmu

Minta kritik dan saran untuk perkembangan kontenmu
Tanggapan dari orang lain sangat bermanfaat untuk perkembangan kontenmu - Unsplash

Pekerjaan content creator tidak selesai begitu saja saat konten diunggah, justru ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kontenmu dengan mendengarkan tanggapan orang lain dan mempertimbangkan saran dari mereka untuk konten yang lebih baik lagi kedepannya. Content creator yang sukses menyadari bahwa masih ada banyak hal untuk dipelajari dan mereka akan bersikap terbuka terhadap pemikiran maupun cara pandang yang baru. 

Bagaimana menjadi Content Creator tanpa pengalaman sebelumnya?

Bagaimana menjadi Content Creator tanpa pengalaman sebelumnya?
Kemauan untuk belajar hal baru akan membantu kariermu sebagai Content Creator - Unsplash

Tak perlu khawatir jika kamu ingin menjadi content creator tetapi belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih platform tempat kamu akan membuat konten. Apakah itu melalui blog, saluran Youtube, atau siaran podcast? Atau apakah kamu akan berkonsentrasi di media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram?

Kemudian kamu juga perlu memikirkan tentang bagaimana cara untuk memonetisasi gagasan atau ide melalui platform yang kamu gunakan? Memiliki rencana bisnis merupakan hal yang penting karena kamu tidak akan langsung menerima pendapatan dari channel yang sedang dirintis. Tidak ada patokan tertentu untuk mencapai titik tersebut karena setiap content creator membutuhkan jangka waktu yang berbeda.

Sementara itu, kamu juga harus belajar banyak hal baru seperti algoritma yang digunakan di media sosial, pemasaran melalui media sosial, copywriting, dan lain sebagainya. Keahlian ini juga yang akan membantumu untuk mempromosikan channel yang sedang dirintis.

Jika kamu lebih senang bekerja sebagai pekerja lepas di bidang pembuatan konten, kamu bisa menjadi penulis untuk orang lain atau menjadi social media manager. Jika memutuskan menjadi pekerja lepas, kamu akan dibayar untuk membuat konten sehingga kamu tidak perlu membangun channel sendiri yang mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Baca juga: Intip algoritma Youtube 2020 dan cara mengotimalkan kanalmu

Itu dia beberapa cara menjadi Content Creator yang perlu kamu terapkan agar dapat mengejar mimpimu menjadi salah satunya. 
Yuk, mulai praktikan beberapa langkah di atas! Agar dapat mengembangkan strategi kontenmu dengan baik, kamu juga perlu mempelajari seluk-beluk Google Trends melalui video di bawah. 

cara menjadi content creator EKRUT
Last update: 27 Mei 2021

Sumber:

  • wsimag.com
  • weidert.com
  • singlegrain.com
  • hubspot.com
  • brokeandchic.com

Tags

Share