Published on

Careers

7 Contoh CV lamaran kerja dan informasi yang perlu dicantumkan

Algonz D.B. Raharja

H1_CV_Lamaran_Kerja.jpg

Kamu tentu saja sudah akrab dengan apa yang disebut CV atau curriculum vitae bukan? Ya, CV atau dapat diartikan sebagai daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang berisi tentang informasi seseorang secara lengkap. Umumnya, CV digunakan untuk seseorang untuk melamar pekerjaan maupun pendidikan lanjut. Lewat dokumen CV inilah seseorang dapat merepresentasikan perjalanan hidupnya; entah dalam pendidikan maupun pengalaman kerja; kepada orang lain.

Lantas, apa saja sih yang perlu kita cantumkan dalam sebuah CV lamaran kerja? Mari simak beberapa ulasan berikut ini dengan seksama!

Baca juga: 5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

Apa saja informasi yang perlu dicantumkan dalam CV lamaran kerja

Apa saja informasi yang perlu dicantumkan dalam CV lamaran kerja
CV lamaran kerja diperlukan sebagai representasi calon pelamar kerja secara umum (Sumber: Pexels)

Sebelum membuat sebuah CV untuk melamar pekerjaan, kita perlu tahu dulu informasi apa saja yang perlu dicantumkan di dalam CV tersebut. Informasi ini nantinya akan menjadi subjek acuan yang dipakai perusahaan atau pihak perekrut karyawan sebagai informasi mengenai calon pekerja atau pelamar kerja. Adapun informasi-informasi yang perlu dicantumkan dalam sebuah CV adalah sebagai berikut.

1. Deskripsi singkat

Sebuah CV yang baik seyogyanya diawali dengan deskripsi singkat mengenai dirimu. Hal ini dapat berisi penjelasan sepanjang satu paragraf atau maksimal dua paragraf penjelas tentang siapa dan bagaimana kesan pertama yang ingin kamu sampaikan kepada orang lain. Deskripsi singkat dalam CV dapat berupa perkenalan, hobi, hingga keahlian dan pengalaman singkat (terakhir) yang telah kamu capai.

2. Informasi pribadi

Informasi selanjutnya yang perlu dicantumkan dalam CV lamaran kerja tentu saja adalah informasi pribadi. Setelah dibuka oleh deskripsi singkat tentang dirimu, langkah yang kamu lakukan selanjutnya adalah menulis secara rinci tentang informasi pribadimu. Informasi pribadi ini dapat berupa biodata, alamat kontak, atau jika perlu ditambahkan hobi dan kesukaan.

3. Prestasi

Bagian selanjutnya yang dapat mendukung CV buatanmu adalah pencantuman prestasi pribadimu. Capaian-capaian dalam perjalanan hidupmu mungkin akan berguna untuk membuat impresi pertama pihak perekrut karyawan. Namun tentu saja, kamu tidak perlu mencantumkan semua prestasimu di dalam sebuah CV, cukup cantumkan prestasi-prestasi yang relevan dengan posisi atau jabatan yang kamu lamar agar CV-mu tidak terlalu bertele-tele.

4. Riwayat Pendidikan

Informasi penting yang harus ada dalam CV adalah riwayat pendidikan. Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa perusahaan memberi prioritas bagi calon pekerja dengan latar pendidikan dari institusi pendidikan tertentu; seperti kampus atau universitas terbaik dan sebagainya; atau melihat kelancaran studi calon pekerja. Umumnya, kamu perlu mencantumkan nama sekolah mulai sekolah dasar hingga universitas, atau hanya sekolah menengah atas/kejuruan dan universitas berikut dengan tahun masuk hingga tahun lulus.

Tak cukup dengan tahun masuk dan tahun lulus, kamu juga mungkin perlu mencantumkan nilai akhir saat kamu lulus dari sebuah institusi pendidikan. Hal ini bisa berupa nilai total ujian nasional (bagi lulusan SMA/SMK) atau indeks prestasi kumulatif (bagi lulusan Diploma, Strata-1 atau selebihnya). Lama masa pendidikan dan nilai akhir memungkinkan dirimu untuk menonjolkan nilai lebihmu pada perekrut.

5. Skill-set (Keahlian)

Setelah mencantumkan riwayat pendidikan, kamu perlu menambah representasi “nilai tawar” dengan beberapa keahlian yang kamu miliki. Keahlian ini dapat berupa hal-hal umum seperti penguasaan komputer, bahasa, atau perangkat lunak yang mungkin relevan dengan pekerjaanmu kelak. Untuk meyakinkan pihak perekrut, kamu juga dapat menyertakan sertifikat resmi atau pelatihan terkait keahlian-keahlianmu tadi seperti sertifikat bahasa atau kursus komputer.

6. Pengalaman Organisasi

Beberapa perusahaan mungkin memerlukan pengalaman organisasi untuk menilai kemampuan bersosialisasi seseorang. Kamu dapat menangani hal ini dengan mencantumkan pengalaman organisasi dalam CV yang kamu buat. Pengalaman organisasi ini dapat berupa organisasi intra sekolah seperti OSIS atau sejenisnya, Pramuka, Pecinta Alam, dan lainnya. Atau jika kamu pernah aktif dalam komunitas dan organisasi ekstra semasa kuliah pun perlu dicantumkan. 

Pengalaman organisasi dapat menjadi nilai tambah bagimu karena beberapa penilaian terkait relasi sosial, hingga kemapanan berorganisasi calon karyawan dapat nampak lewat hal ini.

7. Pengalaman Kerja

Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja dapat menunjang CV lamaran kerja agar tampak lebih profesional dan menjanjikan (Sumber: Pexels)

Dalam sebuah CV panjang, informasi tentang pengalaman kerja juga amat penting ditulis secara lengkap. Kamu bisa memulai dengan menulis pengalaman kerjamu yang paling awal. Bisa saja dimulai dengan magang atau kegiatan relawan (volunteering) hingga pekerjaan paruh waktu hingga penuh waktu yang pernah kamu jalani. Untuk beberapa kasus, beberapa CV hanya perlu mencantumkan dua atau tiga pekerjaan penuh waktu terakhir dengan rincian di masing-masing pekerjaan itu.

Pengalaman kerja beserta rinciannya dapat memungkinkan perekrut untuk melihat bagaimana kinerja dan pengalamanmu dalam suatu bidang pekerjaan tertentu. Terlebih lagi jika kamu memiliki pengalaman dengan latar belakang posisi atau jabatan relevan dengan jabatan yang kamu melamar di perusahaan perekrut.

8. Referensi

Informasi terakhir yang mungkin penting untuk dicantumkan dalam sebuah CV adalah referensi. Referensi adalah beberapa pihak yang dapat menjadi pendukungmu dalam sebuah lamaran pekerjaan. Referensi ini dapat berasal dari guru, dosen pembimbing, atau kepala bagian di tempat kerjamu terdahulu. Referensi umumnya dicantumkan dengan kontak atau komentar pendek dari seseorang dengan kredibilitas tertentu yang mengetahui kinerja dan kapasitas kamu dalam suatu pekerjaan atau pendidikan tertentu.

Baca juga: 12 Website membuat CV yang menarik dan profesional 2021

7 Contoh CV lamaran kerja

Riwayat pendidikan merupakan hal utama yang harus ada dalam CV lamaran kerja (Sumber: Pexels)
Riwayat pendidikan merupakan hal utama yang harus ada dalam CV lamaran kerja (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui apa saja informasi yang penting untuk dicantumkan dalam sebuah CV lamaran kerja, kita perlu tahu beberapa contoh CV lamaran kerja. Berikut ini adalah 7 Contoh CV lamaran kerja yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Contoh CV lamaran kerja sederhana

Sebuah CV lamaran kerja sederhana dapat mencakup beberapa informasi penting seperti yang telah disebut di atas, meski tidak terlalu lengkap dan lebih ringkas. Berikut contoh CV lamaran kerja sederhana tersebut.

Contoh CV lamaran kerja sederhana
Contoh CV lamaran kerja sederhana (Sumber: hloom.com)

Contoh CV lamaran kerja sederhana dengan foto
Contoh CV lamaran kerja sederhana disertai foto (Sumber: helpshared.com)

2. Contoh CV lamaran kerja untuk tech talent

Bagi kamu yang bekerja di bidang teknologi informasi, CV lamaran kerja dengan beberapa sertifikasi kemampuan dan pengalaman di bidang teknologi dapat menjadi hal utama yang perlu dimaksimalkan. Beberapa contoh CV lamaran kerja untuk tech talent ini antara lain adalah sebagai berikut.

Contoh CV lamaran kerja untuk tech talent
Contoh CV lamaran kerja untuk tech talent (Sumber: novoresume.com)

Contoh CV lamaran kerja untuk tech talent
Contoh CV lamaran kerja tech talent dengan skill- set lengkap di bidang IT (Sumber: myperfectcv.co.uk)

Baca juga: 10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik

3. Contoh CV lamaran kerja berpengalaman

Bagi seseorang dengan pengalaman kerja yang amat mumpuni dan banyak atau senior di bidang tertentu, sebuah CV perlu ditulis secara lengkap dengan beberapa posisi atau jabatan yang pernah diemban di pekerjaan berikutnya. Hal ini perlu dibuat secara holistik dan menyeluruh untuk menunjukkan kapasitas seseorang tersebut pada pihak perekrut.

Contoh CV lamaran kerja berpengalaman
Contoh CV lamaran kerja untuk senior talent atau experienced (Sumber: resumekraft.com)

4. Contoh CV lamaran kerja fresh graduate

Bagi pelamar kerja fresh graduate atau baru lulus sekolah/kuliah, umumnya CV dibuat dengan memaksimalkan kolom pengalaman organisasi atau pengalaman komunitas. Di samping itu, pelamar kerja juga perlu mencantumkan kemampuan personal, baik di bidang teknis maupun kemampuan sosial seperti berorganisasi dan kemampuan umum lain. 

Jika seorang fresh graduate telah memiliki pengalaman magang atau praktik kerja, maka kedua hal ini lebih baik dicantumkan untuk menunjang kapasitas dan pengalaman kerja mereka. Berikut beberapa contoh CV lamaran kerja untuk fresh graduate, baik untuk lulusan SMA maupun universitas.

Contoh CV lamaran kerja fresh graduate
Contoh CV lamaran kerja lulusan SMA (Sumber: cakeresume.com)

Baca juga: Tips dan contoh CV Bahasa Inggris yang profesional dan menarik

5. Contoh CV lamaran kerja untuk magang

Bagi kamu yang sedang berada di jenjang akhir sekolah menengah atas/kejuruan atau perkuliahan dan hendak mengajukan magang di suatu perusahaan, maka kamu perlu membuat CV dengan baik untuk meyakinkan perusahaan atau tempat tujuan magangmu. Berikut ini adalah beberapa contoh CV untuk internship atau magang.

Made Ngurah Bagus Setyasa

Jalan Raya Dauh Tukad, Kab. Badung, Bali 80035
madebagus@gmail.com
+62 857 534 459 21

OBJECTIVE
Computer Science major seeking to leverage my experience in robotics, Javascript, C+, and C into a role as an Engineering Intern at Robot Nusantara Technology. A highly motivated worker who is passionate about the future of computer technology and engineering.

EDUCATION
Udayana University – Badung, Bali
B.S. in Electrical Engineering (Graduated 2019) (3.7 GPA)
Honors: Cum laude

Relevant Coursework:
Computer Science Theory
Data Logic
Data Management

RELEVANT EXPERIENCE

Soup Kitchen Volunteer — Ubud, Gianyar
September 2019 – July 2020

  • Acted as a holiday volunteer manager at a local soup kitchen.
  • Assisted with preparing and distributing meals during holidays.
  • Organized a schoolwide food drive that collected over 250 cans of food in November 2019.

Udayana Robotics Club – Badung, Bali
Vice-President
November 2018 – Present

  • Lead a team of 6 other computer science students.
  • Developed, programmed, and built award-winning robots for annual conferences.
  • Won the second place prize at the 2019 Jakarta Robotic competition.

HARD SKILLS
JavaScript, C, C++, Linux, Visual Basic, Microsoft Office

SOFT SKILLS
Highly collaborative, public speaking, adaptable, leadership

AWARDS & ACHIEVEMENTS
MVP, Udayana Basketball Team
President of high school student union (OSIS) SMA 2 Tabanan

Contoh CV lamaran kerja magang lulusan strata-1 (Sumber: Ekrut)

6. Contoh CV untuk CPNS

Bagi mereka yang hendak mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS), pembuatan CV umum digunakan sebagai dokumen pelengkap administrasi selain surat lamaran dan surat pernyataan yang biasanya telah dibuat oleh kementerian atau lembaga terkait. Adapun beberapa contoh CV untuk pelamar CPNS adalah sebagai berikut.

Contoh CV untuk CPNS
Contoh CV lamaran kerja untuk CPNS (Sumber: hipvie.com)

Contoh CV untuk CPNS
Contoh CV lamaran kerja CPNS (Sumber: suratrasmira.blogspot.com)

7. Contoh CV kamaran kerja perbankan

Sektor perbankan merupakan salah satu sektor bisnis yang tiap tahun membuka pintu lebar-lebar untuk calon pekerja, baik bagi lulusan SMA/K maupun lulusan universitas dari segala jurusan. Untuk menangkap kesempatan dan peluang ini kamu perlu tahu beberapa contoh CV lamaran kerja untuk sektor perbankan seperti berikut ini.

 Contoh CV kamaran kerja perbankan
Contoh CV lamaran kerja teller bank (Sumber: cakeresume.com)

Baca juga: 10 Cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan

Nah, itu tadi adalah berbagai hal yang perlu diketahui tentang informasi-informasi penting dalam sebuah CV lamaran kerja. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengamati berbagai contoh CV lamaran kerja maupun magang untuk dapat mengembangkan CV yang akan kamu buat nantinya. Membuat CV sama seperti menggambarkan dirimu bagi orang lain yang tak mengenalmu. Oleh karena itu, kamu perlu membuat CV sebaik mungkin agar mendapat impresi positif dari orang lain.

Bagi kamu yang tengah mencari pekerjaan, buatlah CV-mu dengan baik dan menarik lalu daftarkanlah dirimu lewat EKRUT untuk menemukan berbagai peluang pekerjaan. EKRUT akan membantumu bertemu dengan berbagai perusahaan yang sedang berburu talent atau calon pekerja bagi mereka. Klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

daftar EKRUT

Sumber:

  • https://www.usertesting.com/blog/customer-personas
  • https://www.cakeresume.com/resources/contoh-cv-bank

Tags

Share