Published on

Careers

10 Jurusan kuliah untuk berkarier di bidang IT

Anisa Sekarningrum

H1_1._10_Jurusan_kuliah_untuk_berkarier_di_bidang_IT.jpg

Beberapa tahun belakangan, bidang IT semakin populer seiring berkembangnya industri teknologi yang ditandai oleh kemunculan perusahaan-perusahaan rintisan baru. Karena prospek kerjanya terus menjanjikan, peminat pada jurusan kuliah IT pun meningkat.

Berkarier di bidang IT


Menurut LinkedIn, pekerjaan di bidang IT masih menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari - Pexels

Banyak sekali alasan untuk mengambil jurusan IT karena lulusannya banyak dibutuhkan perusahaan dari berbagai bidang dan industri, peluang kerjanya luas serta fakta bahwa teknologi masih akan terus berkembang. Belajar jurusan IT juga berarti membuat kamu punya keahlian yang spesifik yang dibutuhkan di dunia kerja. Umumnya, pekerjaan di bidang IT memiliki gaji yang tinggi karena rumitnya pekerjaan yang dilakukan sehingga membutuhkan keahlian khusus.

Berkarier di bidang IT juga merupakan pilihan yang sangat direkomendasikan mengingat tingginya permintaan untuk pekerja di bidang IT. Data yang dirilis oleh LinkedIn pada November 2020 menyebutkan bahwa bidang IT masih menduduki posisi 10 besar pekerjaan dengan permintaan terbanyak secara keseluruhan dan pekerjaan dengan permintaan yang tumbuh paling cepat. Pekerjaan-pekerjaan tersebut seperti software developer, database administrator, hardware engineer, system analyst, network architect, web developer, information security analyst, IT support, system manager, programmer, dan lain-lain.

Baca juga: Kebutuhan rekrutmen tenaga IT meningkat 5x lipat sepanjang tahun 2018

10 Jurusan kuliah untuk berkarier di bidang IT


Berbagai jurusan kuliah untuk berkarier di bidang IT seperti teknik komputer - Pexels

Namun, bidang IT tak melulu soal belajar coding. Ada banyak hal-hal yang bisa dipelajari di sana. Bagi kamu yang tertarik mencari peluang karir di bidang IT, berikut ini 10  jurusan kuliah yang patut kamu pertimbangkan sebelum mengikuti tes masuk di universitas pilihanmu.

1. Teknik komputer

kuliah IT - EKRUT
Kamu dapat mengasah pengetahuan mengenai perangkat lunak di jurusan Teknik Komputer - EKRUT

Ketika masuk jurusan Teknik Komputer, kamu akan diarahkan untuk bisa mengimplementasikan perangkat lunak pada perangkat keras. Secara umum, pada jurusan ini, materi mengenai perangkat lunak memiliki porsi 45 persen dan perangkat keras 55 persen.

2. Ilmu komputer

kuliah IT - EKRUT
Kemampuan logika dan analisis teori dibutuhkan alam Ilmu Komputer - EKRUT

Di jurusan ini, para dosen akan membantumu memahami dan menganalisis berbagai teori komputasi serta pengembangan software. Untuk bisa masuk jurusan Ilmu Komputer, kamu diwajibkan memiliki dua kemampuan, yaitu kemampuan logika dan analisis teori yang tinggi.

3. Software engineering

kuliah IT - EKRUT
Pastikan waktu kuliah untuk mengembangkan pengetahuan yang berguna bagi bekal bekerja - EKRUT

Apa sih yang akan kamu pelajari di jurusan Software Engineering? Sebagai mahasiswa, kamu akan berlatih mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak dan rekayasanya.

Baca juga: 6 Pilihan profesi terbaik bagi lulusan baru bidang IT

4. Sistem informasi

kuliah IT - EKRUT
Menguasai ilmu manajemen juga dapat menunjang pekerjaanmu di bidang IT - EKRUT

Kamu tidak hanya mendapatkan materi tentang ilmu komputer di sini, tapi juga ilmu manajemen. Sebab, jurusan ini fokus pada analisis kebutuhan dan pengembangan software untuk memenuhi permintaan korporasi. Jadi, jangan kaget kalau ada mata kuliah manajemen, meski kamu bukan berada di Fakultas Ekonomi.

5. Teknologi informasi

kuliah IT - EKRUT
Kamu dapat belajar mengenai pengembangan software di jurusan Teknologi Informasi - EKRUT

Sejauh apa sih, cakupan jurusan Teknologi Informasi? Kamu akan banyak mempelajari perencanaan, implementasi, konfigurasi, hingga maintenance peralatan yang berkaitan dengan teknologi serta pengembangan software.

6. Rekayasa perangkat lunak (RPL)


Jurusan IT rekayasa perangkat lunak mempelajari teknik pemrograman Android - Pexels

Salah satu jurusan IT lainnya adalah jurusan rekayasa perangkat lunak yang tidak hanya membahas seputar software komputer, tapi termasuk juga teknik pemrograman seperti website, Android, dan desktop. Kamu juga akan bertemu mata kuliah tentang membuat game dan pemecahan masalah melalui algoritma. Belajar jurusan IT Rekayasa perangkat lunak memiliki peluang karier seperti software engineer, software programmer, mobile computing development, IT consultant, system analyst, game developer, software tester, dan lain-lain.

Baca juga: 10 Cara menjadi Data Analyst andal dan informasi gajinya

7. Desain komunikasi visual


Lulusan dari jurusan IT desain komunikasi visual dapat bekerja menjadi desainer grafis - Pexels

Jurusan IT desain komunikasi visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan dan tujuan tertentu. Jurusan IT DKV di ITB mempelajari pengembangan bentuk visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya.

Dikutip dari website ITB, berbeda dengan seni murni yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, karya seni desainer komunikasi visual lebih ditekankan kepada konsep yang ditujukan untuk target audience. Lulusan jurusan IT desain komunikasi visual memiliki peluang kerja sebagai desainer grafis, ilustrator, web designer, animator, advertising, serta biro konsultan desain.

8. Teknik komputer jaringan (TKJ)


Jurusan IT teknik komputer jaringan mempelajari tentang jaringan-jaringan internet untuk koneksi internet - Pexels

Jurusan IT teknik komputer jaringan memiliki fokus untuk mempelajari mengenai jaringan-jaringan internet untuk koneksi internet di berbagai perangkat komputer serta mampu melakukan instalasi jaringan komputer. Lulusan dari jurusan IT teknik komputer jaringan memiliki peluang kerja sebagai teknisi, network administrator, server administrator, computer integrator, linux administrator, integrator jaringan, serta web administrator.

Baca juga: 4 Kesalahpahaman publik soal profesi Product Manager

9. Manajemen informatika


Jurusan IT manajemen informatika tidak hanya mempelajari ilmu komputer tapi juga bisnis dan ekonomi manajemen - Pexels

Dalam jurusan IT manajemen informatika kamu akan mempelajari tentang penggunaan teknologi untuk memudahkan kegiatan bisnis, cara menganalisis, merancang, mengembangkan hingga mengelola teknologi informasi. Sehingga di jurusan ini, kamu tidak hanya belajar tentang ilmu komputer seperti programming tapi juga bisnis dan ekonomi manajemen seperti accounting, marketing, dan human resource. Pekerjaan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan IT manajemen informatika menjadi programmer, system designer, database administrator, hingga project manager dan chief information officer.

10. Teknik elektro


Jurusan IT teknik elektro mempelajari sistem energi tenaga listrik juga sistem elektronika - Pexels

Belajar di jurusan IT teknik elektro, kamu akan mempelajari sistem energi (tenaga listrik), sistem elektronika, sistem kontrol, sistem digital, sistem telekomunikasi, hingga IoT, programming dan jaringan komputer. Untuk kamu yang senang berhitung, jurusan ini bisa jadi rekomendasi kamu karena di awal kuliah kamu akan belajar tentang Matematika Teknik, Kalkulus dan Metode Numerik. Kamu juga akan belajar berbagai konsep dan ilmu dasar yang terkait dengan Teknik Elektro seperti Fisika, Kimia, Bahan Listrik dan Konsep Teknologi untuk memperkuat kemampuan matematis. Prospek bekerja lulusan IT teknik elektro adalah sebagai product manager, bagian perencanaan produk otomotif, perancang dan teknisi mesin, teknisi dan operator pabrik, dan teknisi robot.

Baca juga: 6 Kesalahan fatal saat interview ini bisa mengancam kariermu

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai jurusan-jurusan tersebut pada setiap situs universitas incaranmu.  Selanjutnya, apa yang harus kamu lakukan setelah lulus kelak? Kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Di sana, ada berbagai peluang karir di bidang IT dari ratusan perusahaan, termasuk startup.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai EKRUT, kamu juga bisa tonton video berikut ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • jalantikus.com
  • hipwee.com
  • kompas 
  • ITB

Tags

Share