Media

Semakin diminati, begini 6 cara menjadi Data Analyst handal
By Maria Yuniar - 12 May 2019
4 min read 5385 Views
Pekerjaan Data Analyst mulai banyak dicari - EKRUT
Pekerjaan Data Analyst mulai banyak dicari - EKRUT

Di zaman serba digital saat ini, kebutuhan terhadap Data Analyst pun meningkat. Apalagi dengan makin banyaknya perusahaan rintisan atau startup berbasis teknologi. Mereka pasti membutuhkan keberadaan Data Analyst untuk mengolah data perusahaan. 

Secara umum, data analyst bertanggungjawab menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang bisa dimengerti oleh manajemen. Setiap perusahaan pasti membutuhkan data penjualan, riset pasar, logistik, hingga biaya transportasi. Tertarik mengetahui cara menjadi seorang Data Analyst? Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang perlu kamu miliki.

1. Kemampuan analisis

Pekerjaan di bidang data mengharuskan seorang Data Analyst mampu mempelajari suatu persoalan dengan teknik dan kerangka kerja yang sistematis. Langkah ini mempermudah Data Analyst dalam melakukan analisis setiap masalah bisnis perusahaan.

2. Kemampuan menilai bisnis

Selain mampu menganalisis data, seorang Data Analyst diharapkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk menilai kemajuan bisnis suatu perusahaan. Jadi, insight yang dihasilkan Data analyst, akan sejalan dengan bisnis perusahaan.

3. Kemampuan berkomunikasi dan presentasi

Meskipun selalu membedah data, seorang Data Analyst juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Sebab, ia akan menjelaskan hal-hal teknis, menilai kemajuan bisnis perusahaan, dan menyampaikannya kepada banyak orang di perusahaan.

Baca juga: 4 pendekatan machine learning untuk bisnis

4. Memahami machine learning

Dalam mengalanisis data, mengajarkan komputer untuk dapat mengambil keputusan atau memprediksi sesuatu setelah memiliki data merupakan hal yang penting. Jika kamu belum memiliki kemampuan yang satu ini, cobalah untuk mulai mempelajarinya. Kursus online machine learning bahkan sudah mudah dicari.

5. Memahami statistik

Median, mean, mode, dan standard devisiasi merupakan contoh konsep statistik yang perlu kamu pelajari. Pasalnya, untuk menjadi Data Analyst, kamu perlu mampu menafsirkan data. Memiliki pemahaman statistik inferensial dan deskriptif yang kuat juga akan sangat membantu.

6. Memahami bahasa pemrograman

Sebagai seorang Data Analyst, akan lebih baik jika kamu juga memahami salah satu bahasa pemrograman. Meski begitu, semakin banyak bahasa pemrograman yang kamu pahami, tentu akan semakin lebih baik dan membantu pekerjaanmu.

Pemrograman SQL adalah yang paling umum di kalangan Data Analyst. Agar menjadi seorang Data Analyst yang handal, kamu perlu terus belajar dan memperkaya pengalaman. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Data untuk saling bertukar informasi dan meningkatkan kemampuanmu.

Baca juga: Yuk, kenali Spark SQL dan kegunaannya di sini!

Jika sudah yakin dengan kemampuanmu, kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT untuk mendapatkan berbagai peluang sebagai Data Analyst. Kamu hanya perlu mendaftar satu kali untuk ratusan potensi dari berbagai perusahaan, termasuk startup.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Last update: 12 Mei 2019

Tags:

  • startup
  • data analyst
  • data
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang