Published on

Technology

5 Tips Memilih Kamera Analog dan Rekomendasi Terbaiknya untuk Pemula

Detty Risetya

cover.jpg

Kamu pemula di bidang fotografi? Terkadang, ada banyak pertanyaan tentang bagaimana cara memilih kamera analog yang bagus dan apa merek kamera analog yang paling direkomendasikan. Meski begitu, jangan sampai kamu membelanjakan uang jutaan, tapi hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Untuk membantumu memilih kamera analog yang tepat, ada beberapa rekomendasi kamera analog berkualitas bagi Fotografer pemula. Namun, sebelumnya mari kita pahami dulu apa sebenarnya kamera analog itu?

Apa itu kamera analog?


Apa itu kamera analog. (sumber: Unsplash)

Secara umum, kamera analog adalah jenis kamera yang masih memakai bantuan manusia atau manual untuk memotret. Berbeda dengan kamera digital yang memiliki sensor otomatis. Selain itu, kamera analog akan mengirimkan gambar foto ke plat fotosensitif untuk disimpan ke media perekaman film. Sementara, kalau memakai kamera digital, sensor foto akan diubah menjadi gambar optik ke sinyal elektronik.

Rasanya, memang sepintas kamera analog ketinggalan dari kamera digital. Namun, jangan salah, di era modern kini, masih banyak orang yang memakai kamera analog karena dianggap mampu menghasilkan gambar-gambar lebih natural dan sangat peka terhadap cahaya.

Baca juga: 6 Cara menjadi videografer pemula yang andal

5 Tips memilih kamera analog


5 Tips memilih kamera analog. (sumber: Unsplash)

Setelah memahami apa itu kamera analog dan bedanya dengan kamera digital, mari ikuti tips-tips memilih kamera analog baru maupun bekas. Inilah beberapa hal yang perlu diperiksa:

1. Kecepatan rana

Pertama, cek dulu mengenai kecepatan rana kamera analog. Pastikan kamera analog memiliki kecepatan rana sekitar satu detik. Bila benar satu detik, maka artinya kecepatan rana berfungsi maksimal. Namun, apabila kamu memilih kamera berpenutup daun, kadang terdapat penumpukan minyak di dalam yang membuat tersangkut. Jadi, perlu dibersihkan secara rutin dengan cairan alkohol atau bawa ke toko kamera analog terdekat di kotamu.

2. Segel lampu

Dalam dunia fotografi, baik kamera analog maupun digital, membutuhkan cahaya agar bisa menangkap gambar berkualitas. Maka itu, usahakan segel lampu diperhatikan dengan baik. Periksa ulang di sekitar tepi pintu kamera apakah terdapat kebocoran cahaya atau tidak. Jangan khawatir, umumnya masalah kebocoran cahaya ini bisa diatasi oleh toko reparasi kamera analog.

3. Lensa kamera analog

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah apakah terdapat jamur, partikel debu, atau kotoran menempel pada permukaan lensa. Bersihkan lensa kamera secara teratur. Selain itu, cek apakah ada minyak di bagian aperture lensa. Kalau kotoran atau minyak menumpuk, bisa menyebabkan bila aperture macet dan tidak bisa menutup sempurna.

4. Fokus kamera analog

Semua orang pasti ingin menangkap gambar yang jernih dan tajam. Jadi, usahakan memeriksa akurasi fokus kamera analog dengan detail. Pastikan fokus kamera analog bisa berfungsi dan bergerak dengan benar secara horizontal dan vertikal saat disejajarkan.

5. Bawa baterai dan senter

Tips terakhir memilih kamera analog adalah bawa senter dan baterai saat akan membelinya. Kenapa begitu? Baterai baru dipakai untuk memeriksa kamera analog apakah semua fiturnya benar-benar berfungsi dengan baik. Sedangkan, senter dipakai untuk memeriksa bagian dalam lensa dan segel cahaya tidak ada yang pecah atau cacat produk.

Baca juga: 10 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya

5 Rekomendasi kamera analog untuk pemula


5 Rekomendasi kamera analog untuk pemula. (sumber: Unsplash)

Para pecinta fotografi, inilah rekomendasi kamera analog paling favorit yang cocok bagi pemula.

1. Nikon FE2

Model Nikon FE2 merupakan salah satu kamera analog yang punya nama di kalangan fotografer pemula. Fiturnya luas dan mudah dipakai. Apalagi, kamera analog ini juga punya bobot yang ringan seperti kamera genggam. Untuk kamu Fotografer pemula atau sudah berpengalaman dan sedang mencari kamera analog baru, Nikon FE2 sangat direkomendasikan.

2. Canon AE-1

Kamera analog berikutnya adalah Canon AE-1. Untuk sekelas fotografi film bagi para pemula seperti pelajar atau mahasiswa, kamera analog ini sudah cukup populer. Selain mudah dipakai untuk belajar fotografi, kamera analog ini juga membantu dalam semua pengaturan secara otomatis. Sehingga, Fotografer pemula bisa lebih fokus menangkap gambar.

3. Pentax K1000

Selanjutnya, kamera analog yang tak kalah berkualitas tinggi adalah Pentax K100. Umumnya, kamera analog Pentax dipilih karena kemudahan “point and shoot” yang praktis. Tapi di sisi lain, jangkauan SLR Pentax serta bobotnya yang kompak, sensitivitasnya juga cukup tinggi saat menangkap cahaya tak kalah dari kamera analog Nikon atau Canon.

4. Minolta SRT-101

Deretan kamera analog dengan fitur SLR berikutnya adalah Minolta SRT 101. Memang tak dipungkiri bobotnya agak berat, tapi jelas lebih kokoh dan tangguh. Bahkan, tahan goresan dan tahan benturan. Pastinya, produk kamera analog yang satu ini bisa diandalkan ketika dibawa bepergian.

5. Holga 120N

Bicara soal kamera analog untuk pemula, jelas Holga 120N tak boleh dilewatkan. Holga 120N dikenal sebagai kamera pemula yang mudah dipakai, bahkan seperti sekadar kamera mainan. Akan tetapi, kamera ini cukup canggih karena bisa merekam film format medium 35 mm dan 120. Harganya juga tak terlalu mahal. Jadi, sangat layak dicoba dan digunakan.

Baca juga: Kamera ponsel Tiongkok bocorkan data, benarkah?

Dengan perkembangan dunia fotografi yang makin maju, sekarang Fotografer bisa mengembangkan kemampuan diri untuk meraih karier maupun penghasilan yang lebih tinggi. Industri digital marketing yang menuntut hasil foto berkualitas, turut melejitkan peran Fotografer dalam dunia pemasaran media sosial.

Kalau kamu berminat mengembangkan karier sebagai Fotografer maupun di industri kreatif lainnya, sekarang saatnya kamu sign up di EKRUT! Hanya di EKRUT kamu bisa bertemu ribuan employer dari perusahaan ternama di Indonesia, cukup dalam satu platform. Tingkatkan juga wawasanmu seputar dunia karier lewat YouTube EKRUT Official atau EKRUT Media.

Sumber:

  • filtergrade 
  • urth 
  • teknobgt

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Cara_Refresh_Laptop_yang_Tepat_agar_Tidak_Lemot-2022.jpg

    Technology

    Cara Refresh Laptop yang Tepat agar Tidak Lemot (2022)

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    21 June 2022
    5 min read
    H1_Artificial_Intelligence.jpg

    Technology

    Artificial Intelligence (AI): Definisi, Cara Kerja, dan Contohnya

    Natasya Primatyassari

    14 June 2022
    5 min read
    cover.jpg

    Technology

    Apa Itu Power Supply? Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, 3 Komponen, dan Jenisnya

    Detty Risetya

    02 June 2022
    5 min read

    Video