Technology

10 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_10_Jenis_Kamera.jpg

Kamu seorang Fotografer atau sekedar hobi fotografi? Agar hasil fotomu semakin profesional, kamu wajib mempelajari berbagai jenis kamera beserta fungsinya terlebih dahulu. Komponen kamera yang satu ini dapat membuat kamu menghasilkan foto yang memuaskan. Ingin tahu lensa apa saja yang ada? Berikut kami paparkan jenis lensa kamera beserta fungsinya di artikel ini!

Baca juga: Modal Smartphone Cukup Buat 5 Pekerjaan Ini

Apa itu lensa kamera?


Lensa adalah komponen penting dari sebuah kamera. (Sumber: Pexels)

Lensa kamera atau bisa juga disebut mata kamera merupakan alat vital dari kamera yang berfungsi untuk memfokuskan pantulan cahaya dari berbagai objek agar dapat ditangkap oleh sensor pada kamera. Terdiri dari beberapa lensa yang diberi jarak dan bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda.

Baca juga: Mengenal 8 Jenis Esport, Industri yang Sedang Booming Mulai Beberapa Tahun Terakhir

10 Jenis lensa kamera


Berikut ini adalah 10 jenis lensa kamera yang perlu kamu ketahui. (sumber: pexels)

Jika kamu seorang Fotografer kamu pasti tau komponen penting yang satu ini. Pada dasarnya, alat ini mengumpulkan cahaya lalu menyebarkannya ke dalam atau ke luar kamera.

Tanpa berbasa basi lebih jauh, inilah 10 Jenis lensa kamera.

1. Kit lenses


Pengertian Kit Lenses atau lensa kit. (sumber: pexels)

Kit lenses atau lensa kit sangat umum dipakai karena harga yang tidak terlalu mahal dan bahkan dapat menjadi lensa pelengkap saat kamu membeli kamera.

Lensa kit ukuran 18-55 mm dengan jarak focal yang lebar sangat cocok untuk pengambilan gambar arsitektur, landscape, dan sebuah acara dengan pengambilan angle yang lebar. Namun, lensa kit ini tidak terlalu cepat, tidak seperti lensa berkualitas lainnya.

Dengan lensa kit, kamu tidak perlu bingung mengganti lensa untuk memperoleh jarak focal lensa sesuai dengan yang kamu butuhkan. Karena jika kamu ingin mengambil gambar dengan jarak focal yang lebar, kamu hanya perlu mengatur rentang fokal lensa.

2. Prime lenses


Pengertian Prime Lens atau Lensa Fix. (sumber: pexels)

Prime lenses atau biasa disebut lensa fix ini memiliki keunggulan yaitu hasil foto yang tajam, bukaan aperture yang luas, sehingga kamu dapat mengambil pengambilan foto di tempat yang remang-remang atau minim cahaya tanpa perlu menggunakan ISO yang tinggi.

Disamping keunggulan yang sudah dijelaskan, sesuai dengan namanya yaitu lensa fix, kamu perlu direpotkan sedikit saat ingin zoom untuk mengatur sudut pengambilan gambar, karena kamu harus bergerak maju atau mundur sesuai kebutuhanmu.

Adapun beberapa macam untuk ukuran lensa fix yaitu 35, 50, 85, dan 135mm. Kamu dapat memilihnya saat membeli lensa fix ini. Mengapa harus memilih salah satu dari itu? Karena jika kamu memilih lensa 35mm, lensa fix ini hanya akan memberikan perspektif 35mm.

Baca juga: Cara Verified Instagram Terbaru 2022 Agar Akunmu Memiliki Centang Biru!

3. Zoom lenses


Pengertian Lensa zoom. (sumber: pexels)

Jenis lensa zoom merupakan jenis lensa yang memiliki range focal length yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Lensa ini paling umum digunakan di kalangan Fotografer karena penggunaannya yang serbaguna, sehingga kamu bisa memotret apapun dari pernikahan, konser, hingga kehidupan liar (wildlife) di hutan.

Meskipun lensa ini tidak memiliki bukaan yang lebar seperti lensa fix, kamu tidak perlu membawa banyak lensa fix dengan berbagai focal length. Kamu hanya perlu membawa lensa zoom dengan focal length tertentu. Focal length lensa ini pun bervariasi dari 17-40mm, 24-105mm, hingga 70-200mm.

Namun, kekurangannya terdapat pada lensa yang cenderung lebih soft untuk fokusnya. Terutama untuk lensa yang memiliki rentang focal length yang cukup panjang.

4. Wide-angle lenses


Pengertian Wide-Angle Lenses. (sumber: pexels)

Jika kamu seorang Fotografer landscape, seharusnya kamu sudah tidak asing dengan lensa yang satu ini. Wide-angle lenses atau lensa sudut lebar ini memiliki cakupan sudut pandang yang cukup luas.

Dengan lensa ini, kamu dapat memotret berbagai jenis pemandangan, hutan, ladang, dan banyak lainnya. Secara umum, lensa ini memiliki ukuran 17mm-40mm. Fungsi lensa ini adalah untuk menangkap objek yang luas dalam jarak dekat. Semakin pendek jarak fokusnya, akan semakin luas objek yang ditangkap oleh kamera.

5. Normal lenses


Pengertian normal lenses. (sumber: pexels)

Lensa dengan ukuran 50mm biasa disebut dengan lensa standar. Lensa ini banyak digunakan oleh Fotografer pemula, karena saat membeli kamera kamu akan mendapatkan lensa standar ini.

Dengan ukuran 50mm, lensa ini dapat menangkap gambar sangat mirip dengan apa yang dilihat oleh mata manusia. Karena biasanya lensa dengan panjang fokus 40mm sampai 58mm akan terlihat hampir sama dengan mata manusia. Lensa ini biasa digunakan untuk memotret acara pernikahan, foto model, dan landscape.

Baca juga: Cara Memotong Video dengan Mudah di Windows, Android, dan IPhone

6. Telephoto lenses


Pengertian telephoto lenses atau lensa tele. (sumber: pexels)

Telephoto lenses atau biasa disebut lensa tele sangat ramai di kalangan Fotografer olahraga, karena jenis lensa ini digunakan untuk membidik suatu objek dengan jarak yang jauh. Secara teknis, lensa ini memiliki ukuran 70mm bahkan sampai 600mm.

Lensa ini sangat berguna bagi kamu yang ingin memotret, tetapi tidak dapat berada dekat dengan objek. Lensa tele banyak digunakan dalam kebutuhan fotografi, foto alam liar, foto model, hingga foto olahraga.

Lensa tele juga memiliki kelemahan, yaitu selain lensa yang besar dan cukup berat, kamu juga akan sulit melakukan foto dalam jarak yang dekat.

7. Fisheye lenses


Mengenal Fisheye Lenses atau Lensa Mata Ikan. (sumber: pexels)

Sesuai dengan namanya yaitu fisheye, lensa ini cenderung memiliki sudut pandang 180 derajat. Dengan keunikannya ini, lensa fisheye memiliki focal length 4-14mm.

Sama halnya seperti seekor ikan melihat dunia, lensa ini menggunakan jenis “pemetaan” tertentu yang sengaja mendistorsi garis agar terlihat lebih cembung. Namun, distorsi yang pada dasarnya merusak gambar ini ternyata memiliki efek unik tersendiri.

Lensa ini cenderung digunakan untuk memotret pemandangan, namun kamera pengawas pun sebagian besar menggunakan lensa ini karena mendapatkan cangkupan gambar yang lebih luas.

8. Macro lenses


Mengenal Macro Lenses. (sumber: pexels)

Jika kamu adalah seorang fotografer yang menyukai dengan detail atau atau close up yang ekstrem, maka lensa makro ini cocok untuk kamu.

Dengan lensa ini, kamu dapat memotret objek yang kecil, seperti serangga atau bunga. Lensa makro dapat menghasilkan gambar dengan perbandingan 1:1 dari objek yang difoto. Tanpa harus memikirkan hasilnya akan blur atau pecah, lensa ini miliki ketajaman yang sangat baik. Lensa makro memiliki berbagai macam focal length dari 50mm sampai dengan 200mm.

Baca juga: LinkedIn Adalah Media Sosial untuk Karier Profesional, Berikut 5 Tips Memanfaatkannya!

9. Tilt-shift lenses


Pengertian tilt-shift lenses. (sumber: pexels)

Apabila kamu memotret bangunan arsitektur, sudut kamera dapat membuat distorsi perspektif terlihat lebih jelas. Dengan lensa ini, kamu dapat memanipulasi gambar yang kamu hasilkan.

Lensa dengan ukuran 17mm hingga 35mm ini biasa digunakan untuk foto arsitektur atau fotografi seni rupa. Pergeseran atau kemiringan suatu objek dapat dimanipulasi dengan lensa ini. Selain itu, kamu juga dapat membuat objek terlihat lebih kecil dari objek aslinya.

10. Infrared lenses


Pengertian Infrared Lenses. (sumber: pexels)

Konsep dasar lensa inframerah adalah menangkap cahaya. Lensa yang satu ini dapat menangkap cahaya yang praktis tidak dapat ditangkap oleh mata manusia.

Lensa kamera ini tidak bekerja seperti lensa-lensa lainnya yang kurang lebih sama seperti mata manusia, menerima radiasi dalam spektrum cahaya tampak, dan mengubahnya menjadi gambar.

Lensa inframerah terbuat dari bahan seperti geranium, ataupun bahan lainnya dengan daya serap rendah dalam spektrum inframerah. Oleh karena itu, hasil gambar dari lensa inframerah pun akan menjadi visual yang unik.

Perlu kamu ketahui, di balik lensa yang memadai, kamu juga harus sering berlatih menggunakan kamera dan lensa yang kamu butuhkan. Tidak hanya alat yang memadai, tetapi kamu juga harus memiliki skill agar dapat menghasilkan gambar yang maksimal. Selamat berlatih!

Jika kamu ingin menjadi seorang Fotografer handal, EKRUT punya segudang informasi tentang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • coleclassroom
  • photoguard
  • masterclass
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Artificial_Intelligence.jpg

    Technology

    Artificial Intelligence (AI): Definisi, Cara Kerja, dan Contohnya

    Natasya Primatyassari

    17 November 2022
    5 min read
    10_Laptop_Terjangkau_Untuk_Desain_Grafis_Terbaik_Tahun_2022.jpg

    Technology

    10 Laptop Terjangkau untuk Desain Grafis Terbaik Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    06 October 2022
    7 min read
    H1_Mengenal_Firewall_beserta_Fungsi__Cara_Kerja__dan_Jenis-jenisnya_(1).jpg

    Technology

    Mengenal Firewall beserta Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

    Farah Reginda

    05 October 2022
    7 min read

    Video