Published on

Careers

7 Contoh Kekurangan Diri yang Positif Saat Interview Kerja

Detty Risetya

cover.jpg

Pernahkah kamu ditanya recruiter saat wawancara kerja, “Apa kelemahan terbesarmu?,” Sebagian orang mungkin akan menjawab apa adanya, namun sayangnya, tak semua orang tahu harus menjawab apa, lho! Sebab, tanpa kita mengenali kelemahan dan kekuatan diri sendiri, sulit mengungkap kekurangan diri yang positif. Apalagi, di saat interview kerja, ketika kita ingin dinilai mampu dan berbakat memenuhi posisi kerja yang ditawarkan.

Nah, apa saja contoh kekurangan diri yang positif yang bisa kamu jelaskan pada recruiter saat interview kerja? Berikut daftarnya!

7 Contoh kekurangan diri yang positif


Berikut ini adalah contoh kekurangan diri yang positif (Sumber: Pexels)

Berikut adalah beberapa contoh kekurangan diri yang positif yang bisa kamu sebutkan saat interview kerja.

1. Terlalu fokus pada detail


Kekurangan diri yang positif adalah terlalu fokus pada detail (Sumber: Freepik)

Jawaban brilian ini akan mengungkapkan sisi kekurangan diri yang positif. Orang yang berorientasi pada detail biasanya justru merupakan hal yang baik. Sebab, cenderung memberikan hasil yang maksimal.

Meski begitu, bukan berarti terlalu perfeksionis juga, ya! Kalau terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk hal-hal sepele dalam proyekmu, bisa-bisa malah membuat deadline proyek mundur. Yang dimaksud di sini adalah fokus pada hal detail, agar kamu bisa membantu perusahaan menghindari kesalahan sekecil apapun.

Baca juga: 3 Jenis Rasio Likuiditas, Manfaat, dan Panduan untuk Menghitungnya

2. Kesulitan mengatakan “tidak”


Kekurangan diri yang positif adalah kesulitan mengatakan tidak (Sumber: Freepik)

Kekurangan diri yang positif lainnya dalam wawancara kerja adalah sulit berkata tidak. Biasanya, saling membantu sesama tim kerja adalah hal yang lumrah. Namun, terkadang malah jadi boomerang karena tidak tidak tahu batasan kapan harus berkata ya atau tidak.

Contoh, saat libur akhir pekan, kamu dimintai rekan kerja untuk merevisi hasil desainnya. Padahal, kamu sedang kurang enak badan. Dari sudut pandang recruiter, seseorang yang selalu siap menangani semua tugas yang diberikan adalah orang yang berdedikasi. Tapi, kamu perlu ingat juga, bahwa ada saatnya kamu harus berkata tidak. Sebab, apapun alasannya, keseimbangan antara kehidupan personal dan karir itu penting.

3. Tidak sabar kalau proyek melebihi deadline


Kekurangan diri yang positif adalah tidak sabar saat deadline terlewat (Sumber: Freepik)

Hal lain yang bisa disebutkan dari kekurangan diri yang positif adalah betapa pentingnya deadline bagimu. Perusahaan akan sangat menghargai orang yang tepat waktu dan berusaha menjaga timeline proyek sesuai jadwalnya. Kalau kamu memakai ini sebagai kekurangan diri yang positif saat wawancara kerja, fokuskan jawabanmu tentang bagaimana kamu sangat menghargai proyek yang diselesaikan tepat waktu.

4. Terkadang kurang percaya diri


Kekurangan diri yang positif adalah terlalu fokus pada detail (Sumber: Freepik)

Sebagian orang berkata bahwa mereka kadang kurang percaya diri dalam kekurangan diri yang positif. Terutama, pekerja entry-level. Kurang percaya diri kadang bisa menyebabkan pekerjaan kurang efisien. Misalnya, kamu mungkin sering gugup saat presentasi atau bicara di depan umum.

Kalau kamu memiliki kekurangan diri yang positif ini saat wawancara, tekankan bagaimana caramu mengatasinya. Contohnya, persiapkan catatan dan data yang akurat untuk melengkapi presentasi. Sehingga, kamu bisa lebih percaya diri saat menyuarakan ide atau pendapatmu.

5. Kesulitan dengan tipe kepribadian tertentu


Kekurangan diri yang positif adalah kesulitan menghadapi sifat tertentu (Sumber: Freepik)

Bahkan orang yang paling fleksibel pun kadang masih mengalami kendala saat bekerja dengan karakter tertentu. Di sini, skill kolaborasi dan kerjasama sangat dibutuhkan. Bagaimana caramu menyesuaikan diri dengan tim kerja akan menjadi poin lebih. 

Kalau kamu memiliki kekurangan diri yang positif ini, jelaskan tipe kepribadian apa yang sulit kamu hadapi dan berikan alasannya. Contohnnya, kamu mungkin sulit bekerja sama dengan tipe orang agresif atau keras kepala. Sementara, kamu adalah tipe orang yang kalem. Jadi, kamu berusaha untuk mengenal dan memahami gaya komunikasinya agar bisa sama-sama berkolaborasi.

6. Sulit menjaga keseimbangan kerja/kehidupan yang sehat


Kekurangan diri yang positif adalah sulit menjaga keseimbangan hidup (Sumber: Freepik)

Siapa sih yang tak mau antara karir dan kehidupan pribadinya seimbang? Semua orang pasti setuju, kan! Meskipun etos kerja sangat penting, namun istirahat yang cukup akan meningkatkan produktivitas.

Saat interview kerja, kekurangan diri yang positif ini bisa menjadi penilaian lebih kalau kamu bisa menjelaskan cara-cara yang telah kamu pelajari untuk menyeimbangkan karier dan keluarga. Contohnya, kamu bisa menjelaskan saat liburan kadang kamu travelling, family time, atau relaksasi di tempat spa. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih segar dan semangat saat bekerja di hari Senin.

7. Tidak nyaman bekerja jika instruksinya ambigu


Kekurangan diri yang positif adalah terlalu fokus pada detail (Sumber: Freepik)

Kalau instruksi yang diberikan manajer tidak terperinci, terkadang akan membuat tim kerja kesulitan menyelesaikan proyek. Hal ini seringkali terjadi, bila manajer kurang skill komunikasi. Selain instruksi yang detail, kadang juga perlu menentukan apa saja langkah dan strategi yang dibutuhkan untuk mencapai target. Kalau kekurangan diri yang positif ini yang akan kamu tunjukkan saat wawancara kerja, jelaskan langkah untuk mengatasinya.

Contohnya, kalau kamu adalah seorang penulis dan ada tugas menulis artikel yang instruksinya ambigu atau tidak jelas, kamu akan membuat kerangka artikel terlebih dulu. Termasuk, judul, poin yang akan dikembangkan, serta isi pesan utama artikel yang akan dibuat. Sehingga, meski instruksi awalnya ambigu atau kurang spesifik, hasil artikelnya sesuai ekspektasi semua orang.

Baca juga: Simak 8 Jenis Prosedur Audit dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Gunakan kekurangan diri yang positif di atas untuk membantumu mengenali potensi diri. Selanjutnya, dengan kepercayaan diri, kamu bisa lebih mudah berbagai pertanyaan saat interview kerja.

Masih belum dapat panggilan wawancara kerja, meski sudah kirim banyak resume? Daftar EKRUT hari ini! Ubah kekurangan diri yang positif jadi kekuatan diri yang akan membuatmu terlihat lebih profesional bagi recruiter.

Bagaimana agar wawancara kerja lancar dan menjawab dengan benar? Tonton dulu video berikut, ya!

sign up EKRUT

Sumber:

  • 99
  • merdeka
  • enervon

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    persiapan-wajib-menghadapi-interview-EKRUT.jpg

    Careers

    6 Tips Persiapan Interview Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Idaman

    Maria Yuniar

    23 September 2022
    4 min read

    Video