careers

5 Kisah pengusaha sukses di bidang teknologi yang menginspirasi

Nur Lella Junaedi

23 May 2020

kisah-pengusaha-sukses-EKRUT.jpg

Kamu yang berpikir untuk menjadi pengusaha sukses namun tidak memiliki modal sepeser pun, tidak usah khawatir. Banyak orang di luar sana mengawali mimpi mereka tanpa pengetahuan dan modal sekalipun. 

Kira-kira siapa saja mereka? Berikut 5 kisah pengusaha sukses yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu

1. Jan Koum, pendiri WhatsApp

kisah pengusaha sukses EKRUT 
Jan Koum selaku founder WhatsApp berawal dari keluarga miskin yang berimigrasi ke Amerika- EKRUT

Kita mengenal Jan Koum sebagai salah satu pengusaha sukses lewat keberhasilannya membangun aplikasi populer WhatsApp. Tapi tahukah kamu bagaimana kisah pengusaha sukses yang satu ini? 

Jan koum berasal dari keluarga miskin yang bermigrasi dari Ukraina menuju Amerika. Seiring bertambahnya usia, ia semakin mencintai komputer. 

Uniknya pada umur 18 tahun, Jon Koum sudah diterima bekerja di Yahoo sebagai infrastructure engineer. Idenya menciptakan WhatsApp berawal saat dia berhasil membeli smartphone pertamanya. 

Bersamaan pada saat itu, ia pun memiliki ide untuk membuat aplikasi yang dapat memungkinkan orang untuk mengirim pesan antar ponsel melalui situs terlepas dari negara mana mereka berada. Dan kini ia telah sukses mewujudkan  mimpi tersebut. 

Baca juga: Ditinggal pendirinya, WhatsApp akhirnya mulai monetisasi

2. Steve Job dan Steve Wozniak

kisah pengusaha sukses EKRUT 
Steve Job dan Steve Wozniak rela keluar dari perkualiahan demi membangun perusahaan Apple-EKRUT

Siapa yang tidak tahu Steve Job di zaman ini. Dia adalah orang yang membangun brand ponsel pintar Apple. 

Job dan Wozniak keduanya keluar dari jenjang perkuliahan karena memutuskan untuk membangun perusahaan Apple Computers di garasi kediaman orang tua Job saat itu. 

Berbagai macam tantangan pernah dirasakan oleh Job termasuk bekerja di berbagai bidang dengan bayaran yang murah. 

Hingga pada saat dirinya dan Wozniak memutuskan membangun Apple, mereka harus mencari penjamin untuk dapat meminjam uang ke bank senilai USD 250.000. 

Namun kini lihatlah kisah pengusaha sukses ini. Nilai perusahaan yang mereka bangun dari garasi itu sudah  sudah mencapai lebih dari USD 10.2 miliar.

Baca juga: Bagaimana sih sejarah Apple, perusahaan yang kini bernilai triliunan dolar?

3. Jack Ma

kisah pengusaha sukses EKRUT 
Jack Ma telah ditolak 30 untuk bekerja di KFC sebelum sukses membangun Alibaba Group-EKRUT

Milioner asal Hangzhou China ini juga tak kalah keren. Ia berhasil membangun perusahaan raksasa Alibaba Group sebagai salah satu perusahaan paling bernilai di China saat ini. 

Padahal, jauh sebelum dirinya menjadi salah satu pengusaha sukses di dunia ini, ia pernah ditolak bekerja sebanyak 30 kali oleh perusahaan KFC dan hanya bisa menjadi guru Bahasa Inggris di negeri tirai bambu. 

Pada tahun 1995, saat Ma mengunjungi teman-temannya di AS ia pun diperkenalkan dengan internet. Saat itulah dirinya mulai belajar internet, membangun direktori online untuk China dan menerima proyek pengembangan situs untuk perusahaan dan organisasi China. 

Selama di negeri Paman Sam pengalaman Ma terus bertambah, meski begitu dirinya tak melupakan negara asalnya. 

Pada tahun 1999 ia kembali ke China dan mulai membangun marketplace online Alibaba Group. Perlahan-lahan perusahaan ini pun menjadi semakin berkembang hingga seperti sekarang. 

Bahkan kesuksesan Jack Ma membawanya menjadi dewan komisaris dari di Softbank, walau pada tahun 2020 ini Ma memutuskan keluar dari Softbank dan berkonsentrasi pada program filantropinya. 

4. William Tanuwijaya

kisah pengusaha sukses EKRUT 
William juga sempat menjadi penjaga warnet sebelum sukses membangun Tokopedia-EKRUT

Tak hanya tiga tokoh pengusaha dunia di atas, Indonesia juga memiliki deretan pengusaha sukses di bidang teknologi. Contohnya dalam jaringan bisnis marketplace seperti group Alibaba yakni, Tokopedia.

Sebagaimana kita tahu, Tokopedia dibangun oleh William Tanuwijaya pria sederhana yang berasal dari Pematang Siantar, Sumatera Utara. Menjelang dewasa keluarga William mengijinkan ia untuk berkuliah di ibukota tepatnya di Universitas Bina Nusantara. 

Untuk menambah uang saku, William pun bekerja sebagai penunggu warnet di dekat kampusnya tersebut. Ia pun mulai mengenal internet dan mulai banyak belajar dari sana. 

Setelah lulus, William sempat bekerja Software Developer dan Game Developer selama 10 tahun, namun ia enggan untuk selamanya menjadi karyawan. 

Lantaran dirinya aktif di grup online, terutama penjualan online yang kala itu banyak terjadi penipuan, William pun tergerak untuk membangun platform penjualan online. Sayangnya ia tidak memiliki cukup modal. 

Dua tahun ia habiskan untuk mencari modal kemana-mana bahkan ditolak oleh para investor yang meremehkan idenya. Tapi lihat kini Tokopedia jadi salah satu perusahaan Unicorn di Indonesia.

5. Nadiem Makarim 

kisah pengusaha sukses EKRUT
 
Nadiem Makarim menyediakan solusi bagi permasalahan ojek pangkalan lewan Gojek-EKRUT

Kisah pengusaha sukses Indonesia lainnya yaitu Nadiem Makarim, Founder Gojek yang kini menjabat juga sebagai Menteri Pendidikan Indonesia. 

Gojek dirintis sejak tahun 2010 lalu berawal dari kegelisahan Nadiem yang sering menggunakan jasa ojek langganan untuk menembus kemacetan ibukota. 

Ia pun sering mengobrol dengan tukang ojek langganannya dan mulai tahu permasalahan mereka yang banyak dihabiskan di pangkalan. 

Berawal dari permasalah itu dan keinginan untuk memperbaiki perekonomian tukang ojek tersebut, Nadiem kemudian mencetuskan ide untuk membuat perusahaan ride hailing Gojek. Kini gojek terus berkembang hingga menjadi salah satu perusahaansukses seperti sekarang.

Baca juga: Nadiem Makarim resmi jadi menteri Jokowi, ini penggantinya di Gojek 

Itulah lima kisah pengusaha sukses di bidang teknologi yang patut kita jadikan contoh. Dari sana kita belajar, bahwa teknologi khususnya internet memberi dampak besar bagi mereka yang ingin belajar. 

Tidak hanya itu, walaupun mimpi mereka awalnya tidak mudah diwujudkan, namun  nyatanya mereka bisa berjuang dengan mewujudkan ide dan mimpi-mimpi tersebut. Jadi, jangan pernah takut untuk memperjuangkan  ide dan mimpimu, ya. 

kisah pengusaha sukses EKRUT

Sumber: 

Tags

Share