Register

technology

890 ribu data nasabah KreditPlus diretas hacker

Nur Lella Junaedi

04 August 2020

kreditplus-diretas-EKRUT.jpg

Pembobolan data kembali lagi terjadi. Kini giliran data pengguna KreditPlus yang dijual di RaidForums. Kurang lebih ada sekitar 890.000 data nasabah yang mengalami peretasan.

Data ini diperkirakan telah dibagikan di forum tersebut sejak tiga minggu lalu, tepatnya pada tanggal 16 Juli 2020 oleh seorang anggota RaidForums yang bernama ShinyHunters. 

Setelah pengguna RaidForums membayar kredit sekitar Rp 50 ribu rupiah, ia membagikan tautan kepada pengguna lainnya untuk dapat mengunduh data-data korban dengan terlebih dahulu membayar sejumlah uang.

Setelah membayar sejumlah uang tersebut, pembeli akan diarahkan untuk mengunduh file berukuran 78 MB yang kemudian harus diekstrak untuk menghasilkan file sebesar 430 MB. 

Adapun  data-data yang dicuri meliputi informasi tentang nama, alamat, jenis kelamin, nama kantor, pekerjaan, nomor telepon, nama anggota keluarga, gaji per bulan, agama, penjamin pinjaman dan sebagainya. 

Baca juga: 5 cara membuat password yang kuat agar terhindar dari peretas

Pratama Pershada selaku pakar keamanan siber CISSReC mengatakan bila data-data ini rentan digunakan oleh pelaku kriminal untuk melakukan kejahatan. 

Dari sanalah Pratama mendesak kepada pemerintah supaya bisa cepat menyelesaikan  RUU Perlindungan Data Pribadi, sebab nantinya perusahaan yang tidak dapat mengamankan data bisa dituntut ke pengadilan dan dimintai ganti rugi. 

Selain itu, melalui RUU tersebut juga harusnya data pengguna menjadi prioritas keamanan perusahaan agar tidak terjadi lagi peretasan. 

Sebagai informasi, KreditPlus sendiri memiliki nama perusahaan PT Finansia Multi Finance dan  bergerak dalam bidang pembiayaan. 

Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1944 memberikan layanan pembiayaan untuk motor, mobil, peralatan berat, produk elektronik, furniture dan pinjaman dana. 

Perusahaan kemudian melakukan digitalisasi pada  bisnisnya sehingga nasabah lebih mudah untuk mengajukan kredit dan membayar cicilan dari mana saja. 

Bagi kamu yang ingin mengecek apakah akun kamu di KreditPlus mengalami peretasan atau tidak, kamu bisa menggunakan Haveibeenpwneed dengan memasukkan email melalui situs tersebut. 

Baca juga: 91 Juta data pengguna Tokopedia tersebar di Facebook

Lalu nanti lihat notifikasinya bila akun kamu diretas maka akan berwarna merah dan memiliki tulisan “Oh No- Pwned”! Sedangkan bila mendapatkan notifikasi berwarna hijau dengan tulisan “Good News - no Pwnage found”! Itu berarti akun kamu aman dari peretasan.

kreditplus diretas EKRUT

Sumber: 

Tags

Share