Published on

Technology

10 Kursus Developer Terbaik untuk Memulai Karier di Perusahaan Teknologi

Mentari Nurmalia

H1.jpg

Berencana menambah skill atau switching career dari pekerjaan sebelumnya? Mengikuti kursus developer mungkin bisa jadi salah satu pilihan alternatif. Kenapa harus mengikuti kursus ini? Hal ini dikarenakan keahlian yang satu ini harus diasah secara maksimal sehingga kamu harus mengikuti kursus. Dengan mengikuti kursus, kamu bisa belajar lebih maksimal dan mendapatkan materi-materi yang tidak bisa dipelajari sendiri. Saat ini ada banyak rekomendasi pelatihan developer yang bisa kamu temui dengan mudah, namun masing-masing menawarkan keunggulan yang beragam. Jadi, kamu sebisa mungkin harus selektif dalam memilihnya, apalagi semuanya dipelajari secara online. Berikut ini beberapa tempat kursus developer terbaik untuk memulai karier di perusahaan teknologi yang bisa dipilih.

Baca juga: Mengenal Profesi Developer, Mulai dari Kualifikasi Hingga Peluang Karier di 2022

1. Codecademy


Codecademy (sumber: codecademy)

Codecademy merupakan salah satu tempat kursus developer yang bisa dipilih. Tempat ini menawarkan pelatihan kursus full-stack development dengan program yang bermacam-macam. Untuk lebih lengkap, kamu dapat berkunjung ke website-nya untuk mengetahui berbagai kursus yang bisa diikuti sesuai dengan spesialisasi masing-masing. Ada banyak materi yang bisa dipelajari, mulai dari web developer, mendesain web, JavaScript, HTML, CSS, SQL, dan lain-lain. Jika ingin mengikuti kursus dari Codecademy, untuk keanggotaannya Pro dikenakan biaya sebesar $19 USD tiap bulannya. Dengan biaya tersebut, kamu bisa memilih program yang ingin diikuti. Sementara itu, jika memilih Codecademy Intensive kamu harus membayar sebesar $199 USD per kursusnya.

2. Skill Academy


Skill Academy (sumber: skillacademy)

Mencari pelatihan developer dengan harga yang affordable? Skill Academy bisa jadi pilihan yang tepat. Keunggulannya adalah kelas-kelasnya dibawakan dalam bahasa Indonesia, jadi akan lebih memudahkan kamu yang masih pemula dalam belajar seputar developer.

Ada banyak program yang ditawarkan terkait pelatihan full-stack development, mulai dari tingkat dasar sampai pro. Kamu sendiri bisa menyesuaikan program yang dipilih dengan kemampuan dan kebutuhan. Harga yang ditawarkan untuk mengikuti kelas developer di Skill Academy mulai dari Rp350.000. Biasanya, tiap melakukan pembayaran kelas tertentu, kamu akan mendapatkan video online dari tutor yang bisa dipelajari dalam waktu tertentu dan ada juga yang programnya berupa kelas live melalui Zoom. Keunggulan lain yang dimiliki, bagi pemilik Kartu Prakerja yang difasilitasi pemerintah, kamu juga bisa mengaksesnya menggunakan kartu tersebut dan berhak mendapatkan pelatihan gratis dari Skill Academy.

3. HTP

HTP (Hendevane Training Partner) merupakan lembaga yang secara profesional menyelenggarakan pelatihan secara offline dan online yang sudah memiliki standar internasional.  Ada kursus developer yang bisa kamu ikuti dan mengupas segala hal terkait back-end, front-end, Javascript, HTML, PHP, dan lain-lain. Keunggulan yang ditawarkan jika mengikuti kursus di HTP adalah biaya yang sangat terjangkau, diskon khusus jika melakukan pendaftaran kelompok, bisa mengulang kelas gratis, sampai disalurkan ke perusahaan rekanan bagi peserta berprestasi. Untuk biayanya sendiri, HTP biasanya mematok harga kursus untuk developer sekitar Rp4.000.000 dengan waktu pelatihan online selama 3 hari. Dengan mengeluarkan biaya tersebut, kamu bisa mendapatkan fasilitas yang telah disebutkan di atas.

4. HACKTIV8


HACKTIV8 (sumber: hactiv8)

HACKTIV8 menyediakan kursus developer dengan waktu pembelajaran akan dilakukan di luar jam kerja. Dengan biaya Rp7.999.000, kamu akan mengikuti sebanyak 16 sesi yang dilakukan dalam 2 kali seminggu pada pukul 19.00-21.00 WIB. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kursus yang ditawarkan oleh HACKTIV8 adalah kamu akan mendapatkan kesempatan dua kali dalam sebulan untuk melakukan mentoring secara private dengan mentor kelas yang kamu ikuti. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sesi career coaching yang memberimu kesempatan untuk belajar cara membuat CV yang baik, proses interview kerja, hingga cara negosiasinya. Profesi yang bisa ditekuni setelah mengikuti kursus, di antaranya web developer, web designer, software engineer, sampai front-end developer.

5. Udemy

Udemy merupakan salah satu tempat mendalami skill developer secara online. Tempat kursus online ini membuka kelas web development dengan harga Rp429.000 saja. Bagi yang mengikuti kursus ini, kamu akan mendapatkan dasar-dasar pemrograman web menggunakan bahasa pemrograman PHP, cara membuat halaman web menggunakan HTML dan CSS, mempelajari dasar-dasar menggunakan database MySQL dalam pemrograman web, hingga mengetahui dasar-dasar pemrograman JavaScript. Kamu berhak mengakses 12,5 jam on-demand video, akses untuk 3 artikel, full lifetime access video, dan sertifikat. Tidak hanya itu, ada juga materi yang diajarkan juga menggunakan studi kasus sehingga peserta bukan hanya belajar konsepnya saja melainkan juga belajar bagaimana penerapannya dalam membuat aplikasi berbasis PHP.

Baca juga: Perbedaan back-end, front-end, dan full-stack developer

6. Udacity


Udacity (sumber: udacity)

Udacity menawarkan program full-stack web developer nanodegree untuk membekali kamu yang ingin memiliki keterampilan yang satu ini. Lulusan program kursus ini nantinya akan mendapatkan skill pendukung untuk build database, API development and documentation, identity access management, sampai server deployment and containerization. Udacity juga memiliki beberapa keunggulan, seperti handle real project dengan perusahaan papan atas, dibimbing oleh mentor berpengalaman selama proses pembelajaran, review portfolio, dan optimasi LinkedIn untuk membantu pengembangan karier. Untuk mengikuti program dari Udacity memang tidak bisa dibilang murah. Kamu harus mengeluarkan biaya sebesar $399 tiap bulannya atau membayar $543 untuk akses selama 4 bulan. Pilih paket sesuai kebutuhanmu saja, ya!

7. Lazday Indonesia

Lazday Indonesia memiliki program kursus developer yang dilangsungkan selama 12 minggu. Kamu akan mendapatkan materi seputar cara membuat website, membuat aplikasi berbasis Android, belajar tentang coding, dan lain-lain. Untuk bisa mengikuti kursus di Lazday Indonesia, kamu hanya perlu mengeluarkan dana mulai dari Rp185.000 dan bisa memilih program mana yang ingin diikuti. Adapun hal yang membuat kursus di tempat ini berbeda dengan yang lainnya adalah tiap peserta nantinya harus mengikuti tes dan ujian ketika pelatihan berakhir. Rupanya cara ini dipercaya dapat membantu tiap peserta untuk mengukur kemampuan mereka.

8. Inixindo

Inixindo menjadi salah satu tempat kursus developer yang menggelar pelatihan secara offline dan bisa diikuti oleh siapapun. Biasanya Inixindo mengadakan program pelatihan pembuatan website dan aplikasi. Bagi peserta yang mendaftar, kamu akan mendapatkan materi pembelajaran yang lengkap, mulai dari teori sampai praktik. Selain itu, selama kursus juga kamu akan langsung diberikan study case sebagai bahan praktik saat kursus. Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu diharapkan bisa memiliki sedikit pemahaman tentang bagaimana cara mendesain aplikasi dan membuat website.

9. Coding Bee Academy

Coding Bee Academy merupakan salah satu kursus developer yang diperuntukkan untuk usia mulai dari 5-17 tahun. Di sini, mereka akan belajar tentang computer science, programming, STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics) dengan gaya pembelajaran yang menarik. Beberapa materi yang bisa dipelajari di antaranya Python, Java, JavaScript, dan lain-lain. Tempat kursus ini juga menawarkan free trial class bagi yang ingin mencobanya lebih dulu agar lebih yakin.

10. Cody’s App Academy


Cody’s App Academy (sumber: codyappacademy)

Materi belajar yang diajarkan di Cody’s App Academy sudah berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh tim terbaik. Peserta akan mendapatkan materi seputar pengenalan komputer, dasar programming, coding, game developer, dan lain-lain. Ada dua program yang dapat diikuti di Cody's App Academy, yaitu junior developer program yang diperuntukkan untuk pemula dan game developer program, yang dikhususkan untuk anak-anak yang ingin belajar coding. Levelnya sendiri terdiri dari level basic sampai advanced. Cody's App Academy sendiri bekerjasama dengan Dicoding Indonesia untuk menghasilkan calon developer dan startup masa depan Indonesia yang berkualitas.

Baca juga: 8 Skills Ini Perlu Dimiliki oleh Seorang Frontend Developer

Nah, itu dia informasi yang bisa didapatkan terkait tempat kursus developer terbaik untuk memulai karier di perusahaan teknologi, yang bisa diikuti oleh anak-anak sampai orang dewasa. Semuanya menawarkan keunggulan dan fasilitas yang berbeda-beda. Tentukan pilihan sesuai dengan kemampuan masing-masing, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Bukan hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • detik.com
  • teknovidia.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video