Published on

Technology

Berbagai layanan Google down, apa penyebabnya?

Tsalis Annisa

google-down-EKRUT.jpg

Hari ini, Senin (14/12/2020), Google dikabarkan mengalami down di berbagai layanannya. Mulai dari Google meet, Google Drive, Google Play Store, hingga YouTube. 

Beberapa pengguna Google menemukan error 500 pada saat hendak mengecek akun Google mereka, sedangkan sebagian lainnya mengalami error 404 pada saat akan mengakses Gmail mereka. 

google down - EKRUT
Banyak pengguna yang mengeluh dengan padamnya layanan Google - EKRUT

Hal ini pun membuat geger banyak penggunannya hingga menjadi trending di Twitter. Mulai dari #GoogleDown hingga #YouTubeDOWN pun masuk ke dalam Top 5 Trend sosial media ini.

"USA: Karena ada masalah dengan Google, beberapa sekolah mengumumkan bahwa hari ini sekolah diliburkan." Tulis akun @NorberrtEleskes

Pernah terjadi sebelumnya, pada tanggal 12 November 2020, YouTube juga sempat mengalami masalah pemandaman layanan, di mana banyak pengguna tidak dapat mengakses video. 

Tidak berselang lama, pihak YouTube melalui akun Twitter @TeamYouTube segera memberikan konfirmasi dan menyatakan bahwa tim mereka sedang berusaha memperbaiki masalah tersebut. 

Lalu, apa penyebab Google down hari ini? Melalui akun Twitter milik Google, hingga saat ini belum ada konfirmasi seperti yang dilakukan Tim YouTube bulan lalu. 

Sedangkan sebelumnya, pada 11 Desember 2020 Google sempat mengumumkan bahwa perusahaan ini akan menghapus email hingga Google Drive penggunannya yang sudah lama tidak aktif. Kebijakan ini akan mulai berlaku pada Juni 2021 nanti dan akan diterapkan mulai Juni 2023. 

Di mana jika akunmu sudah melebihi batas penyimpanan atau tidak aktif selama 2 tahun, Google akan mengirimkan email pengingat sebelum menghapus semua konten. 

Lalu, apakah Google down hari ini masih berkaitan dengan akan adanya kebijakan baru Google pada tahun 2021? Bagaimana menurut kamu?

google down - EKRUT

Sumber: 

 

Tags

Share