Register

careers

Mengenal link wheeling untuk strategi SEO

Tsalis Annisa

25 October 2020

link-wheeling-EKRUT.jpg

Menciptakan backlink merupakan cara agar situsmu mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian Google. Di dalamnya, ada teknik link wheeling yang dapat membantu situs mencapai peringkat tinggi dan mendapatkan traffic lebih banyak.

Teknik ini diketahui merupakan strategi SEO paling efektif yang pernah diinisiasikan. Sama seperti sebutannya, link wheeling merupakan kelompok dari link yang saling berkesinambungan dan membentuk alur seperti sebuah roda.

Alasan link wheeling berguna dalam membangun strategi backlink

link wheeling EKRUT 
Link Wheeling mampu memberikan peningkatan awareness dan rekognisi dalam mesin pencari - EKRUT

Alasan mengapa cara ini berguna dalam membangun backlink yang diperlukan SEO adalah karena link wheeling mampu memberikan peningkatan awareness dan menciptakan rekognisi otomatis oleh mesin pencari. 

Beberapa situs yang bagus untuk diterapkan cara ini adalah Wordpress, Squidoo, TypePad, Blogspot, dan lain-lain. 

Namun, tidak hanya beberapa situs 2.0 saja yang mampu menciptakan link wheeling. Cara lain seperti posting blog, link share media sosial, dan unggahan artikel juga dapat turut berpengaruh dalam kesuksesan teknik satu ini.

Baca juga: Tips SEO untuk pemula dari Lika Aprilia Samiadi

Lalu, bagaimana cara link wheeling bekerja?

link wheeling EKRUT
 
Pastikan artikel yang menjadi backlink memiliki link yang mengarah ke artikel lain - EKRUT

Strategi satu ini bekerja dengan cara saling menyisipi link di masing-masing artikel. Misalnya, kamu telah menulis sebuah artikel dan mempublikasikannya di salah satu situs, maka kamu perlu memasukkan link artikel dari situs utama ke dalam artikel yang baru dibuat tersebut.

Ketika saling menyisipi link, gunakanlah kata kunci yang ingin kamu capai nomor satu pencariannya menggunakan situs utama tersebut. 

Pastikan artikel yang menjadi backlink memiliki link yang dapat mengarahkan ke artikel lain juga. Jangan lupa ketika memasukkan backlink, gunakanlah anchor text yang berhubungan dengan topik utama situs kamu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat link wheeling

link wheeling EKRUT 
Gunakan konten yang berkualitas bagus saat kamu membangun link wheeling - EKRUT

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu membuat dan menjalankan Link wheeling. Agar tidak salah dan bisa bekerja lebih maksimal nantinya, mari perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Hanya gunakan konten dengan kualitas bagus (tidak plagiat, mudah dibaca, dan memenuhi standar SEO) dalam membangun Link wheelling. 
  • Jangan gunakan otomasi.
  • Gunakan kata kunci yang berbeda-beda dan bervariasi lalu campurkan dengan kata kunci yang mirip atau berhubungan. Hindarilah menggunakan keyword yang sama pada anchor text.
  • Buatlah link berkualitas yang terbatas dan jangan menciptakan terlalu banyak link pada saat yang bersamaan.
  • Bantu gunakan fitur sharing di media sosial dalam menciptakan link yang saling berkesinambungan.
  • Pastikan untuk membuat link secara acak untuk menghindari pola dan jejak yang dapat dideteksi sebagai spam.

Apakah strategi link wheeling legal?

link wheeling EKRUT 
Pada kenyataannya link wheeling tidak ilegal untuk digunakan - EKRUT

Banyak orang yang salah kaprah menganggap penggunaan strategi link wheeling merupakan cara yang ilegal, padahal kenyataannya hal ini sah-sah saja dilakukan.

Jika kamu memiliki beragam link dan menggunakan konten dengan kualitas bagus pada blog, hal ini 100 persen berguna dan tentu saja legal.

Namun, jika kamu memanfaatkan strategi ini dengan menggunakan konten yang tidak berkualitas atau plagiat yang bahkan juga memiliki kualitas SEO yang buruk, maka cara ini bisa dianggap sebagai cara ilegal dan situs milikmu akan dianggap dikerjakan oleh robot sehingga bisa saja diblokir.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan cara yang legal, maka ciptakan link wheeling dengan cara yang sehat dengan menggunakan konten original dan berkualitas.

Sebaiknya, terapkan strategi ini dengan perlahan seiring berjalannya waktu. Dengan kata lain, jangan membuat banyak link wheeling untuk banyak target keyword sekaligus, ya!

Baca juga: 6 Strategi konten dan SEO untuk mengembangkan website

Satu hal yang perlu diingat, teknik SEO memang membutuhkan waktu, begitu juga dengan link wheeling. Jadi, kerjakanlah dengan tekun dan bersabar, ya!

Semoga berhasil!

link wheeling EKRUT 
Last update 25 October 2020

Sumber:

Tags

Share