Media

Tips SEO untuk pemula dari Lika Aprilia Samiadi
By Tsalis Annisa - 6 June 2019
5 min read 147 Views

Search Engine Optimization atau SEO dibutuhkan agar situsmu mendapatkan traffic dari mesin pencari, dan dapat berada di halaman awal mesin pencari Google. Hanya saja, terkadang menerapkan trik SEO bukanlah hal yang mudah bagi pemula.

Demi memperkaya ilmumu dan memudahkan kamu dalam menerapkannya, di Expert's Corner kali ini ada Tips SEO untuk pemula yang diberikan langsung oleh pakarnya yaitu, Lika Aprilia Samiadi.

Lika Aprilia Samiadi merupakan mantan Editor in Chief Hellosehat yang saat ini menjadi Digital Media Content & SEO Consultant. Nah, dengan kemampuan yang dimilikinya dalam membuat traffic Hellosehat melejit, berikut ini adalah beberapa Tips SEO untuk pemula dari Lika Aprilia Samiadi yang menarik untuk kamu praktikan.

1. Pastikan aspek teknis situsmu sudah mendukung untuk search engine

Crawlability, sitemap, page loading speed, URL structure, UI/UX, dan lain sebagainya, memang bukan hal utama untuk SEO. Akan tetapi, aspek teknis ini sangat membantu baik untuk user experience maupun untuk Google.

2. Riset keyword dengan seksama, tapi hindari diperbudak keyword

Lakukan riset keyword supaya kamu tahu keyword apa saja yang relevan dengan audience situsmu, dan konten seperti apa yang perlu diproduksi sesuai keyword tersebut. Tapi, pastikan konten yang kamu buat tersebut memang bermanfaat bagi user dan bukan hanya dibuat seadanya demi ‘memancingbot Google.

3. Fokus di judul dan deskripsi artikel yang menarik

Sebagus apapun kontenmu, jika judul dan deskripsinya (meta description) tidak menarik, situsmu tetap tidak akan diklik meski sudah muncul di halaman pertama Google.

4. Jangan lupakan backlinks

Semakin banyak situs yang memberi link ke situsmu, maka hal ini akan semakin baik. Caranya adalah dengan memproduksi konten yang bermanfaat sehingga akan semakin sering situs lain yang mencantumkan link artikel atau situsmu.

Baca juga: Kenali link wheeling untuk strategi SEO

5. Prioritaskan pembaca manusia, bukan bot Google

Kebanyakan praktisi SEO di Indonesia hanya fokus pada aspek teknis dan keyword saja. Padahal, tujuan Google membuat algoritma search adalah untuk merekomendasikan situs yang paling relevan dan kualitasnya paling bagus.

Pada akhirnya, yang menentukan apakah suatu situs kualitasnya bagus atau tidak adalah pengunjung atau pembaca situs tersebut, yang adalah manusia.

Jadi, buatlah konten yang menarik, enak dibaca, mudah diakses, bermanfaat, dan memicu engagement (share, komen). Dengan begini, lama kelamaan situsmu akan direkomendasikan Google di halaman pertama hasil pencarian.

Itulah beberapa tips SEO untuk pemula dari Lika Aprilia Samiadi yang perlu kamu perhatikan dalam menjadikannya sebagai senjata untuk meningkatkan traffic dan ranking situsmu. Mudah, bukan? Semoga berhasil, ya!

tips SEO untuk pemula - EKRUT

Lika Aprilia Samiadi

Digital Media Content & SEO Consultant (Former Editor in Chief HelloSehat.com)

About the expert

 

Lika Aprilia Samiadi adalah mantan Editor in Chief HelloSehat.com yang saat ini bekerja sebagai Digital Media Content & SEO Consultant untuk beberapa perusahaan. Dengan pengalamannya di dunia media selama hampir 14 tahun, Lika Aprilia Samiadi sangat berperan penting dalam meningkatnya traffic dan ranking situs kesehatan HelloSehat.com.

 

Tags:

  • tips
  • seo
  • tips seo untuk pemula
  • expert's corner
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang