Published on

Careers

Lowongan Kerja BUMN 2022: Begini Tips Jitu Lolos Rekrutmennya!

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Lowongan_Kerja_BUMN_2022__Begini_Tips_Jitu_Lolos_Rekrutmennya!.jpg

Apakah kamu sedang mencari lowongan kerja BUMN? Nah, ini saatnya untuk mendaftar karena Kementrian BUMN telah membuka lowongan pekerjaan untuk ribuan posisi dari berbagai perusahaan. Lowongan kerja BUMN ini diperkenankan untuk lulusan SMA hingga S2. Tidak hanya itu, terdapat pula kuota penerimaan yang disediakan untuk penyandang disabilitas. Apabila kamu yang sedang mencari lowongan kerja BUMN, tentu ini kesempatan yang tepat untuk menemukan posisi yang tepat. Simak daftar lowongan kerja BUMN, beserta list perusahaan dan tips jitu lolos rekrutmennya berikut ini.

Daftar lowongan kerja BUMN terbaru 2022


Hanya ada satu situs khusus pendaftaran rekrutmen BUMN.  (sumber: Pexels)

Cara mendaftar lowongan kerja BUMN terbilang cukup mudah. Namun, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut ini cara mendaftar lowongan kerja BUMN yang penting untuk kamu pahami.

  • Membuka situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Penting untuk kamu ketahui bahwa lowongan kerja BUMN tidak menggunakan situs lain.
  • Melakukan registrasi dengan fitur yang ada di pojok kanan halaman depan.
  • Melakukan aktivasi akun sebelum melanjutkan proses pendaftaran. Informasi akan dikirimkan melalui email yang kamu daftarkan sebelumnya.
  • Melengkapi CV (Curriculum Vitae) di menu “Daftar Riwayat Hidup”. Kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan, seperti KTP, foto profil, SKL (Surat Keterangan Lulus) atau ijazah, SKCK, transkrip nilai, hingga surat rekomendasi.
  • Memilih posisi yang kamu inginkan. Kamu diperbolehkan untuk melamar maksimal tiga posisi pekerjaan yang berbeda di BUMN.
  • Apabila pendaftaran sudah selesai, kamu bisa memantau  proses lamaran, jadwal, dan pengumuman di halaman “Lamaran Saya” atau email yang kamu daftarkan.

Baca juga: 10 Cara Melamar Kerja Ini Bisa Bikin HRD Terkesan

List perusahaan dan website lowongan kerja BUMN


Terdapat berbagai posisi dalam lowongan kerja yang disediakan BUMN. (sumber: Pexels)

Lowongan kerja BUMN kerap kali menjadi incaran banyak pencari kerja. Tidak heran karena bekerja di perusahaan BUMN dinilai lebih menjanjikan, terutama berkaitan dengan kesejahteraan dan tunjangan karyawan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa perusahaan BUMN yang membuka lowongan pekerjaan. Lowongan kerja BUMN terdiri dari berbagai posisi. Kamu bisa memilih yang paling kamu minati dan sesuai dengan keahlianmu. Berikut ini berbagai lowongan kerja BUMN yang disediakan oleh beberapa perusahaan.

Perusahaan Posisi Website
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Rekrutmen Eksternal Tingkat SLTA D3 https://recruitment.kai.id
PT Pelayanan Nasional Indonesia (Persero) 1. Staff Designated Persons Ashore QHSSE
2. Staff Hukum
3. Staff Pengembangan
4. Strategi dan Bisnis
5. Staff Satuan Pengawas Intern
6. Staff Perencanaan & Transformasi Perusahaan
7. Staff Keagenan
8. Staff Pemasaran
rekrutmen.pelni.co.id
PT Surveyor Indonesia 1. Verifikator
2. Web Programmer
rekrutmen@ptsi.co.id
PT Indofarma (Persero) Tbk Terbaru Staff Desain Kemasan https://indofarma.id/kesempatan-berkarir/
PT PP (Persero) Tbk 1. Engineer Staff - Project
2. Accounting Staff - Project
sdm.infra1@ptpp.co.id
PT Nindya Karya (Persero) 1. Content Creator - Divisi Properti
2. Staf Administrasi Kontrak 
3. Staf Database dan Administrasi Estimating
recruitment@nindyakarya.co.id
PT Sucofindo (Persero) Divisi Umum dan Manajemen Aset Membuka Kesempatan Berkarya Sebagai Pegawai Tidak Tetap https://www.sucofindo.co.id/id/karir
PT Pos Indonesia (Persero) Oranger Loket https://kemitraan.posindonesia.co.id/registration
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Treasury Market Research recruitment@btn.co.id


Baca juga: 12 Tips melamar kerja yang baik agar cepat dipanggil interview

Tips jitu lolos rekrutmen kerja BUMN


Persiapkan semua berkas yang dibutuhkan degan lengkap. (sumber: Pexels)

Dibukanya lowongan kerja BUMN merupakan kesempatan menarik untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan. Kamu tentu sudah menyadari, betapa ketatnya persaingan antar pendaftar kerja di perusahaan BUMN. Oleh karena itu, kamu memerlukan beberapa strategi yang dapat membantu kamu lolos seleksi.

  • Mengecek posisi yang akan kamu lamar dan mencari tahu informasi perusahaan selengkap mungkin. Setelahnya, kamu bisa menyesuaikan posisi tersebut dengan kompetensi atau pengalaman yang kamu miliki. Hal ini akan mempermudah proses rekrutmen terutama saat proses wawancara.
  • Saat melamar pekerjaan, kamu tentunya harus menyiapkan dokumen atau berkas yang diperlukan. Saat daftar lowongan kerja BUMN, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja berkas yang dibutuhkan. Selain melengkapi berkas, kamu juga harus mencermati daftar riwayat hidup.
  • Apabila kamu lolos seleksi administrasi, kamu harus mempersiapkan tahap berikutnya untuk mengikuti tes kemampuan dasar dan tes kompetensi bidang. Kamu dapat mempelajari contoh soal TKD dan TKB melalui internet, buku, atau program lainnya.
  • Banyaknya peminat yang melamar pekerjaan terkadang membuat laman situs sulit diakses. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan kamu memiliki jaringan internet yang stabil.

Baca juga: 7 Masalah melamar pekerjaan dan cara mengatasinya

Lowongan kerja BUMN selalu menarik banyak minat pelamar pekerjaan. Hal itu sendiri berkaitan dengan perusahaan-perusahaan BUMN yang memiliki banyak keuntungan untuk karyawannya. Pastikan kamu mencari informasi sebanyak mungkin saat menemukan lowongan kerja BUMN yang diminati. Semoga berhasil, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • idntimes.com
  • cnnindonesia.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video