Media

Trik jitu agar cepat dipanggil interview kerja
By Maria Yuniar - 21 June 2018
920 Views

Setelah selesai mengenyam pendidikan formal, Anda mungkin langsung ingin masuk ke dunia pekerjaan. Anda pasti ingin dong, memiliki penghasilan sendiri. Nah, dalam proses pencarian kerja, sebagai fresh graduate, Anda akan menghadapi berbagai tantangan. Mencari kerja pun ternyata bukan perkara mudah. Bahkan, untuk mendapatkan kesempatan wawancara dari perusahaan pun, kadang Anda harus menunggu hingga berbulan-bulan. Bagaimana sih caranya agar bisa cepat dipanggil untuk interview kerja?

 

Cantumkan keahlian

Saat melamar kerja dan menginginkan posisi yang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki, Anda harus dapat menjelaskan secara spesifik keahlian yang Anda miliki. Sebutkan juga software atau alat kerja apa yang Anda kuasai. Misalnya, jika ingin melamar sebagai akuntan, Anda harus menjelaskan kemampuan Anda dalam proses pembukuan keuangan serta keahlian dalam program komputer akuntasi. Dengan begitu, tim penyeleksi akan mengetahui potensi yang dimiliki dan Anda layak dipertimbangkan untuk diterima bekerja.

 

 

Jadikan media sosial sebagai portofolio

Di era canggih seperti sekarang, banyak pencari tenaga kerja yang memeriksa latar belakang kandidat dari aktivitasnya di media sosial. Karena itulah, jika ingin cepat dapat pekerjaaan, pastikan akun media sosial Anda digunakan untuk hal-hal yang positif. Anda juga dapat memanfaatkan akun media sosial Anda tersebut sebagai media portofolio. Contohnya, jika Anda memiliki blog, isi blog Anda dengan artikel-artikel yang membangun atau karya-karya yang pernah Anda buat.

 

 

Berteman dengan HRD via Linkedin

Anda bisa mencoba untuk berteman atau terkoneksi dengan tim sumber daya manusia atau human resources development (HRD) di LinkedIn. Staf maupun kepala HRD biasanya membagikan informasi lowongan kerja melalui status yang mereka tulis. Anda pun bisa melihat kualifikasi yang mereka butuhkan, dan kesesuaiannya dengan kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik.

 

 

Minta rekomendasi

Jika sebelumnya Anda pernah magang atau aktif di lingkungan kampus, ada baiknya Anda melampirkan surat rekomendasi yang dari orang-orang yang mengenal dan mengetahui potensi serta keahlian Anda. Surat rekomendasi bisa berasal dari dosen pembimbing, ketua organisasi tempat Anda pernah terlibat dan aktif, atasan tempat Anda pernah magang, atau dari kepala sekolah jika Anda lulusan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Dengan begitu, Anda memiliki poin plus karena sudah direkomendasikan oleh orang-orang yang pernah bekerja sama dengan Anda.

 

 

Bergabung dengan talent marketplace

Saat ini, Anda tidak perlu repot-repot mengirimkan lamaran yang berbeda untuk setiap perusahaan yang dituju. Cobalah untuk bergabung dengan talent marketplace yang disediakan EKRUT. Melalui talent marketplace ini, Anda bisa menghemat begitu banyak tenaga dan waktu. Sehingga, Anda bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk menghadapi proses interview. Setelah Anda memasukkan informasi yang diperlukan melalui portal marketplace, sistem kurasi akan berjalan untuk melihat kesesuaian profil Anda dengan kualifikasi kandidat yang dicari perusahaan. Begitu profil Anda memenuhi persyaratan perusahaan, Anda akan mendapatkan undangan interview dalam waktu singkat!

 

 

Coba lakukan setiap langkah di atas ya, agar Anda cepat dipanggil untuk interview kerja. Semoga berhasil!

 

Rekomendasi bacaan:
Ini jadwal peluncuran game-game E3
Di balik strategi flash sale Xiaomi
Kecanduan game ternyata gangguan mental lho!

 

Sumber:
moneysmart.id
liputan6.com
jobsdb.com
gudangcara.net
 

Tags:

  • interview kerja
  • kerja
  • interview
  • fresh graduates
  • fresh graduate
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang