Published on

Technology

Luncurkan agregator berita, Microsoft saingi Google News

Widyanto Gunadi

browser-1666995__340.png

Siapa yang tak mengenal Microsoft? Raksasa teknologi besutan Bill Gates itu kembali membuat gebrakan baru. Kali ini, Microsoft meluncurkan sebuah agregator berita. Tampaknya, aplikasi tersebut akan menandingi Google News.

 

Rilis Microsoft News 

Baru-baru ini, Microsoft resmi merilis sebuah aplikasi pengumpul berita yang diberi nama Microsoft News. Aplikasi ini dibuat untuk menggantikan MSN News. Aplikasi agregator berita ini sudah tersedia bagi pengguna iOS dan Android.  

 


Sumber: Twitter

 

Microsoft melalui blognya mengungkapkan, aplikasi baru ini merupakan pembaruan untuk MSN News. Tujuannya, untuk memberikan sentuhan baru, sekaligus kembali menarik minat pengguna MSN News.

 

Fitur Microsoft News 

Ada beberapa fitur baru seperti notifikasi breaking news, tema "dark mode", serta integrasi dengan iOS dan Android. Integrasi ini dilakukan melalui widget. Selain itu, ada pula fitur Story yang memungkinkan pengguna, untuk memberi likes dan comment pada cerita yang ditampilkan. Microsoft News juga dilengkapi fitur Speedy Mode. Fitur ini memungkinkan pembaca untuk menurunkan satu artikel, sehingga berita lain bisa dimuat lebih cepat, mirip Pocket atau SmartNews. 

Aplikasi pengumpul berita ini mendapatkan peningkatan dari dua sisi. Microsoft News mengklaim menghadirkan tampilan dan teknis yang lebih baik dari pendahulunya. Selain itu, Microsoft News juga diperlengkapi dengan algoritme khusus, untuk memunculkan berita yang relevan bagi penggunanya. 

 

Kerja sama dengan ribuan media

Menurut Microsoft, sudah ada lebih dari 100.000 berita yang masuk ke mesin Microsoft News. Berbagai berita yang telah tayang di Microsoft News, merupakan hasil sortir dari 800 editor di seluruh dunia. Berita-berita tersebut akan didistribusikan ke berbagai channel termasuk Windows 10, Skype, Xbox, dan Outlook.com. 

 

 

Guna mengumpulkan informasi yang lebih beragam, Microsoft juga telah bekerja sama dengan seribu penerbit dan 3.000 media. Harapan Microsoft sangat besar terhadap aplikasi ini, untuk dapat menyaingi Google News dan Apple News. 

Microsoft menyatakan, keragaman yang ada di newsroom dan penerbit menjadi satu daya tarik aplikasi baru ini. Mereka menyusun berita menarik dari berbagai sisi untuk setiap halaman di dalam aplikasi. Pemimpin redaksi Microsoft News menjelaskan, untuk dapat mewujudkan hal tersebut, ada kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang membantu mengumpulkan berbagai berita relevan untuk pembaca. 

 

Rekomendasi bacaan:
Kok PUBG Mobile yang baru mirip Fortnite?
Kenapa Instagram bikin TV ya?
Pekerja IT peroleh kenaikan gaji tertinggi

 

Sumber:
kompas.com
bleepingcomputer.com
appleinsider.com 

Tags

Share