Published on

Careers

Lupa EFIN pajak? Jangan panik, lakukan 5 cara ini

Nur Lella Junaedi

lupa-efin-pajak-EKRUT.jpg

EFIN pajak kerap dibutuhkan ketika kamu akan melapor SPT online. Akan tetapi, banyak dari wajib pajak, mungkin termasuk kamu yang lupa dengan nomor EFIN atau bahkan hilang begitu saja. 

Untuk memudahkanmu mendapatkan nomor EFIN kembali, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

Begini caranya jika kamu lupa EFIN Pajak

Begini caranya jika kamu lupa EFIN Pajak EKRUT 
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika lupa EFIN pajak - EKRUT

Ketika kamu lupa EFIN pajak atau kehilangan kertas EFIN pajak, pastikan dulu untuk mencarinya di berbagai tempat, terutama brankas penyimpan dokumen yang mungkin belum sempat kamu cek. 

Bila kamu masih belum menemukan kertas EFIN atau nomor EFIN tersebut, kamu juga bisa mencarinya di alamat email yang kamu daftarkan untuk pajak, dengan mengetik EFIN di kolom pencarian email. 

Akan tetapi, bila langkah ini tidak membuahkan hasil, kamu bisa melakukan beberapa upaya ini, seperti: 

1. Menelpon agen kring pajak 

Saat kamu lupa EFIN pajak, kamu bisa menghubungi agen kring pajak resmi di nomor 1500 200. Akan tetapi, pastikan bila kamu menghubungi call center ini di jam operasionalnya yakni dari hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 hingga 16.00. 

Selain itu, sebaiknya saat kamu menanyakan EFIN jangan pernah untuk mengalihkannya kepada orang lain atau meminta orang lain melakukan hal tersebut. 

Sebab, petugas call center akan melakukan proof of record ownership (PORO) yakni proses konfirmasi data wajib pajak bahwa yang menelpon memang adalah wajib pajak yang bersangkutan dan bukan orang lain. 

Tidak hanya itu, satu layanan panggilanmu juga hanya berlaku untuk satu layanan nomor EFIN saja. 

2. Mengirimkan email resmi ke kantor pajak 

Selain melalui layanan telepon, wajib pajak baik perorangan atau perusahaan juga bisa menyampaikan permohonan ulang EFIN melalui alamat email resmi yang dimiliki oleh KPP. 

Adapun alamat dari email resmi KPP tempatmu mendaftar bisa dilihat dari laman https://www.pajak.go.id/unit-kerja. Sama seperti saat menelpon ke layanan Kring Pajak, satu email yang ditujukan ke KPP juga hanya untuk satu layanan nomor EFIN saja. 

Di samping itu, terdapat juga beberapa persyaratan dalam bentuk dokumen yang harus kamu lengkapi ketika mengirimkan email tersebut. Hal ini sebagai salah satu prosedur dalam proses PORO. Berikut daftar berkas yang harus dilengkapi di antaranya: 

  • Melampirkan swafoto sambil memegang kartu NPWP dan KTP.
  • Melampirkan foto NPWP atau surat keterangan terdaftar (SKT).
  • Melampirkan hasil scan dari dokumen formulir permohonan efin yang bisa kamu unduh di alamat ini https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin.
  • Melampirkan foto identitas berupa KTP atau KITAS atau KITAP bagi WNA. 

Setelah merasa berkasmu lengkap, kamu bisa mengirimkannya ke alamat email resmi, yang nantinya petugas akan memeriksa kesesuaian data yang diberikan dengan database DJP. 

Bila data tersebut valid, maka petugas akan mengirimkan nomor EFIN mu dalam bentuk PDF ke email pribadimu.

3. Mengirimkan pesan ke media sosial KPP 

Cara yang paling mudah lainya yang bisa dilakukan saat lupa EFIN pajak adalah dengan menanyakan langsung melalui direct message ke media sosial resmi KPP yang terdapat di berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Instagram atau media sosial KPP daerah setempat tempat kamu mendaftar pajak.

Biasanya kamu tidak akan langsung diberitahu tentang nomor EFIN mu karena para petugas mengutamakan prosedur PORO tadi. Umumnya petugas akan memberitahukan tentang prosedur atau persyaratan yang dibutuhkan. Bila persyaratan itu valid maka petugas akan mengirimkan nomor EFIN tersebut. 

4. Layanan telepon resmi KPP 

Bila layanan kring pajak tidak bisa digunakan akibat dialihkan, kamu juga bisa menggunakan layanan telepon atau WhatsApp resmi KPP tempat di mana kamu mendaftar. 

Untuk nomor telepon atau WhatsApp nya sendiri bisa dilihat dari alamat ini https://www.pajak.go.id/unit-kerja. Jangan lupa juga bahwa satu nomor telepon atau WhatsApp yang dipakai hanya bisa digunakan untuk satu layanan nomor EFIN saja.

5. Menghubungi melalui layanan Chat 

Cara mendapatkan EFIN via online selain beberapa cara di atas juga bisa dengan menggunakan layanan chat. Tinggal pergi ke alamat https://pajak.go.id/id kemudian di bagian bawah pojok kanan kamu akan menemukan kotak chat pajak. 

Kamu tinggal menghubungi petugas lewat kotak chat pajak tersebut dan sampaikan keluhan yang ingin ditangani. Nantinya petugas akan memberikan instruksi lebih lanjut yang harus diikuti sebelum memberikan nomor EFIN mu.

Perlu diketahui juga bahwa hampir semua layanan pajak tersebut hanya bisa dihubungi saat jam operasional berlangsung, yakni dari hari Senin hingga Jumat di pukul 08.00 hingga 16.00. 

Baca juga: Mudah, begini syarat dan cara membuat NPWP

Lebih paham mengenai EFIN pajak 

lebih paham efin pajak EKRUT 
EFIN pajak berisi 10 digit angka yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak untuk memfasiitasi transaksi elektronik pajak termasuk melapor SPT - EKRUT

EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah 10 digit rangkaian sebuah nomor yang berisi 10 digit dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak bagi wajib pajak untuk memfasilitasi transaksi elektronik seperti melakukan pembuatan kode billing pajak dan melapor SPT melalui e-filing. 

Setiap wajib pajak akan mempunyai nomor EFIN nya tersendiri karena ini sebagai bentuk autentifikasi supaya transaksi pajak online yang kamu lakukan bisa terenkripsi dan aman. 

Kamu bisa mendapatkan EFIN pertamamu melalui prosedur online lalu dilanjutkan dengan prosedur offline di kantor pajak. Pembuatan EFIN sendiri terbilang cepat hanya memerlukan waktu satu hari saja. 

Namun, sebaiknya setelah mendapatkan EFIN kamu langsung melakukan aktivasi maksimal setelah 30 hari EFIN itu terbit. Lantaran lebih dari 30 hari kamu harus mengulang ke kantor pajak untuk mendapatkan EFIN yang baru. 

Cara melakukan aktivasi EFIN bisa dilakukan melalui alamat https://djponline.pajak.go.id/account/login yang nantinya EFIN ini setelah diaktivasi bisa digantikan fungsinya oleh password DJP yang kamu buat. 

Baca juga: Masih bingung bagaimana cara pengisian SPT pajak?

Setelah kamu mendapatkan kembali nomor tersebut dan paham pentingnya EFIN, ada baiknya mulai sekarang kamu menyimpan data nomor EFIN dengan baik. Jangan sampai kamu kehilangan kedua kali, ya! 

Lupa efin pajak EKRUT

Rekomendasi video:

 

Sumber: 

Tags

Share