careers

6 Tips manajemen energi agar kerja lebih produktif

Tsalis Annisa

25 April 2019

manajemen-energi-EKRUT.jpg

Selain pandai manajemen waktu, untuk menggapai kesuksesan kamu juga perlu cekatan dalam manajemen energi. Meski tidak mudah, dengan mampu mengaturnya dengan baik kamu dapat meningkatkan produktivitas kerja. Lalu, bagaimanakah cara yang tepat?

1. Ketahui tujuan yang ingin kamu capai

Ketika kamu menargetkan sebuah pencapaian tinggi pada proyek penting yang panjang, kamu perlu menjaga stabilitas energi tetap pada posisinya. Jika tujuan yang ingin kamu capai cukup panjang, jangan biarkan energimu terkuras habis di awal masa pengerjaan target.

Sebaiknya, jaga ritme kerja dan antusiasmemu tetap tinggi dari awal hingga akhir untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Hal ini akan membantu manajemen energi yang baik untuk membuat kerja lebih produktif.

2. Jaga kepercayaan dirimu tetap tinggi

Riset menunjukkan bahwa turunnya rasa percaya diri mampu menurunkan kadar energi dalam tubuh. Jadi, cobalah untuk lebih percaya agar kamu dapat merasa lebih energik.

Salah satu cara untuk menjaga rasa percaya diri tetap tinggi adalah dengan selalu berusaha mempelajari hal baru setiap harinya. Namun, jangan biarkan dirimu menerima terlalu banyak informasi, sebab hal ini ternyata dapat menguras energi.

Sebaiknya pilihlah area spesifik yang ingin kamu pelajari dan fokus pada hal tersebut untuk membantumu meningkatkan kinerja dan kemampuan diri.

manajemen waktu - EKRUT
Belajar manajemen energi dengan jadwalkan waktu beristirahat - EKRUT

3. Jadwalkan waktu untuk beristirahat sejenak

Jadwalkan jeda untuk beristirahat sejenak secara teratur. Ikuti jadwal tersebut secara disiplin meski kamu merasa tidak butuh istirahat. Hal ini dapat membantu menghalau datangnya kebosanan yang mampu menguras energimu juga.

Ketika dalam masa istirahat, gunakanlah waktu ini untuk melakukan hal menyenangkan. Kamu juga bisa melakukan hal yang dapat membuatmu nyaman seperti relaksasi.

4. Ketahui apa yang menguras energimu dan apa yang mempertahankannya

Terkadang, ada beberapa hal yang dapat menguras energimu secara tiba-tiba. Kamu perlu menghindari hal tersebut untuk menjaga manajemen energi yang kamu jalani tetap stabil.

Misalnya saja kamu akan merasa energimu langsung menurun ketika ada orang yang mengutarakan masalah tanpa memberikan ide atau solusi. Maka, kamu perlu menghindari percakapan, tugas, dan kegiatan yang mungkin akan menempatkanmu dalam kondisi tersebut.

Kamu juga perlu tahu apa hal yang kira-kira mampu menjaga kualitas energimu berada di level yang tinggi. Jika sudah mengetahuinya, lakukanlah aktivitas-aktivitas yang menurutmu membuatmu kembali berenergi itu.

Baca juga: Ingin sukses? Kuasai dulu kiat manajemen waktu berikut ini

manajemen energi - EKRUT
Agar memudahkan kamu dalam manajemen energi, kenalilah kapan energimu melonjak - EKRUT

5. Ketahui kapan energimu sedang melonjak tinggi

Setiap orang memiliki ritme dan waktu terbaiknya masing-masing. Jika sebagian orang merasa lebih nyaman bekerja dan berkegiatan pada malam hari, sebagian lainnya mungkin lebih nyaman melakukannya di siang hari dan membiarkan waktu malam untuk beristirahat.

Jadi, kamu perlu mengetahui, kapan waktu kamu paling berenergi dan produktif melakukan sesuatu. Cara mengetahuinya dapat dilakukan dengan mencatat apa saja yang kamu lakukan pada jam-jam tertentu dan lihat polanya.

6. Berikan penghargaan pada diri sendiri setelah mencapai sesuatu

Cobalah untuk membuat daftar tujuan untuk dilakukan dan dicapai setiap harinya. Tidak perlu yang terlalu rumit atau sulit, hal-hal sederhana pun tidak masalah. Lalu, ketika kamu berhasil mencapai tujuan tersebut, berikanlah penghargaan atau hadian untuk dirimu sendiri.

Misalnya dengan membiarkan dirimu memiliki waktu untuk membaca buku, majalah entertainmen, bermain bersama teman, atau hanya bermalas-malasan. Sedikit penghargaan kecil untuk dirimu sendiri ini akan mampu membantu manajemen energi yang kamu lakukan menjadi lebih efektif.

Jika biasanya orang hanya memberikan penghargaan untuk dirinya selepas mencapai hal besar saja, sebaiknya kamu jangan melakukan hal itu. Sebab hal tersebut akan memakan waktu yang terlalu lama dan terus menguras energimu tanpa memberi kesempatan untuk mengisinya kembali.

Jadi, itu dia beberapa tips manajemen energi agar kerja lebih produktif. Dengan energi yang terjaga dengan baik, kamu dapat melakukan pekerjaan dengan semangat dan hasil yang didapatkan bisa lebih baik.

Ingat, jangan hanya melakukan manajeman waktu, ya, luangkan juga waktumu untuk manajemen energi untuk mencapai tujuan-tujuan yang kamu harapkan. Semangat menjaga energi dan produktivitasmu, ya!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share