Media

Ingin sukses? Kuasai dulu kiat manajemen waktu berikut ini
By Tsalis Annisa - 21 February 2019
5 min read 96 Views
Majemen waktu sangat penting diterapkan dengan baik demi kesuksesan kariermu - EKRUT
Majemen waktu sangat penting diterapkan dengan baik demi kesuksesan kariermu - EKRUT

Pernah mengira-ngira bagaimana orang sukses seperti Bill Gates, Oprah Winfrey atau lainnya bisa menjalankan bisnis mereka, menghabiskan waktu bersama keluarga, bahkan sempat juga menulis buku?

Tenang, ternyata hal tersebut bukan karena mereka memiliki kekuatan super. Namun, mereka tahu bagaimana cara manajemen waktu yang baik. Ingin tahu caranya? Coba sontek trik manajemen waktu yang diterapkan para orang sukses dunia berikut ini.

1. Ciptakan rutinitas pagi

Sebagian besar orang sukses ternyata punya kegiatan rutin yang setiap pagi mereka lakukan. Kegiatan ini bisa beragam mulai dari bangun lebih pagi, berolahraga, membaca berita, ataupun membuat sarapan sehat.

Rutinitas pagi ini ternyata bisa menjadi pondasi awal untuk menyelesaikan hari. Dengan memiliki rutinitas di pagi hari, seseorang dapat menjadi lebih fokus dalam mencapai tujuannya.

2. Buat daftar kegiatan

Selain melakukan rutinitas di awal hari, agar dapat melakukan manajemen waktu dengan baik kamu pun disarankan untuk membuat daftar tugas yang perlu kamu lakukan di hari tersebut. Kamu bisa menjadikan kegiatan ini menjadi rutinitas pagi juga.

Caranya mudah, tulis hal-hal yang wajib kamu selesaikan hari itu. Catatan ini bisa menjadi janji yang harus kamu tepati. Dengan begitu, kamu lebih terstruktur dalam menjalani hari dan mencapai target.

3. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin

Salah satu saran yang kerap orang sukses berikan adalah memandang waktumu seperti uang. Waktu adalah sumber daya terbatas sehingga perlu dijaga. Kamu pun perlu menyingkirkan segala hal yang bisa merusaknya.

Maka dari itu, ubah waktu-waktu yang biasa terbuang sia-sia menjadi saat produktif. Misal, bila kamu suka membaca buku, coba lakukan ini saat kamu mengantri atau naik transport pergi dan pulang kantor. Dengan begini, hobi bisa selalu tersalurkan tanpa menambah waktu lagi.

manajemen waktu - EKRUT
Membatasi durasi meeting sangat penting dalam majamen waktu, guna menghindari penurunan produktivitas - EKRUT

4. Batasi frekuensi meeting

Para orang sukses dunia seperti Elon Musk dan Oprah Winfrey ternyata menghindari meeting kecuali kegiatan itu sangat penting dilakukan. Faktanya, terlalu sering meeting justru menghabiskan banyak waktu, dan tenaga sehingga bisa menurunkan produktivitas.

Pernyataan ini bahkan didukung oleh penelitian dari Harvard Business School dan Boston University. Maka dari itu, daripada membuang-buang waktu untuk meeting, lebih baik menggunakan aplikasi manajemen tim, atau pekerjaan yang sudah banyak tersedia sekarang.

Baca juga: 6 Tips menciptakan rapat yang efektif

5. Batasi frekuensi membuat keputusan

Tahukah kamu mengapa Mark Zuckerberg, Bill Gates dan Barrack Obama sering menggunakan pakaian yang sama terus menerus? Ternyata, hal tersebut menjadi salah satu teknik manajemen waktu yang mereka terapkan. Tujuannya adalah untuk menjaga energi dengan membatasi kelelahan dalam memilih sesuatu.

Faktanya, seiring berjalannya waktu, kualitas seseorang dalam membuat keputusan akan menurun. Maka dari itu, orang sukses membatasi jumlah keputusan yang perlu dibuat, termasuk keputusan untuk memilih menu makan, pakaian, dan hal lainnya. Dengan begitu, energi mereka untuk membuat keputusan dapat dipusatkan pada hal-hal yang lebih penting.

6. Jangan mengerjakan segalanya sendirian

Memang dapat dimengerti bahwa seorang pengusaha ingin melakukan berbagai hal sesuai keinginannya. Namun, tentu akan lebih baik tidak melakukannya sendirian. Karena hal ini hanya akan membuang-buang waktu saja.

Lebih baik, pekerjakan orang lain yang kamu percaya untuk membuat waktumu lebih efisien. Itu mengapa, banyak orang sukses memiliki asisten, manajer, dan pelatih olahraga. Para profesional disekelilingnya membantu mereka fokus pada prioritas yang perlu mereka kejar.

Selain enam trik di atas, kamu pun disarankan untuk mengatur waktu bersantai seperti yang dilakukan oleh Bill Gates dan Warren Buffet. Jadi, tidak perlu terlalu terobsesi untuk memiliki jadwal setiap hari, ataupun setiap menit. Coba biarkan beberapa hari di kalendermu tetap kosong. Cara ini membuat kamu lebih fleksibel, dan memiliki waktu bila terjadi sesuatu tak terduga.

Nah, saran-saran manajemen waktu agar produktif, dan sukses ini tidak akan terjadi bila tidak dilakukan. Jadi tunggu apalagi, yuk mulai atur waktumu dari sekarang.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: karier, tips sukses, manajemen waktu

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang