Published on

Expert's Corner

5 Manfaat talent marketplace EKRUT bagi HR dan perusahaan

Sylvia Rheny

manfaat_talent_marketplace.png

Melakukan proses perekrutan secara manual dengan menyortir CV dari kandidat satu per satu dinilai kurang efektif karena memakan waktu yang lama dan banyak tenaga. Oleh sebab itu, talent marketplace hadir sebagai solusi untuk membuat proses rekrutmen menjadi lebih simpel dan efektif.

Yuk, ketahui apa itu talent marketplace, manfaatnya untuk HR, dan bagaimana talent marketplace ini bisa membantu proses rekrutmen menjadi efektif.

Apa itu talent marketplace?

Apa itu talent marketplace?
Manfaat talent marketplace yaitu mempertemukan kandidat dengan perusahaan. (Sumber: Pexels)

Secara sederhana untuk mendapatkan gambaran apa itu talent marketplace, kamu bisa membayangkan e-commerce. Marketplace sendiri merupakan suatu wadah bagi para pembeli untuk menemukan produk-produk yang mereka butuhkan dan wadah bagi para penjual untuk menjual produknya. Sehingga talent marketplace dapat diartikan sebagai wadah yang mempertemukan talent yang sedang mencari pekerjaan dengan HR perusahaan yang sedang mencari karyawan untuk perusahaannya. 

Cara kerja platform talent marketplace adalah menggunakan AI (Artificial Intelligence) dan algoritma cerdas, yang akan mencocokkan peluang yang paling relevan antara minat talent dan kebutuhan perusahaan. 

Baca juga: Sudahkah kamu melakukan 5 tips rekrutmen ini?

Dalam talent marketplace, sebagai talent, harus melakukan pendaftaran diri dan mengisi profil diri secara detail, termasuk kriteria pekerjaan dan perusahaan yang dicarinya. Sedangkan sebagai HR perusahaan, kamu dapat mencari talent sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Hal tersebut akan lebih memudahkan kedua belah pihak, baik dari sisi talent maupun dari sisi HR. 

Talent marketplace biasanya berfokus pada bidang-bidang tertentu saja, seperti EKRUT yang berfokus pada bidang Informasi, Komunikasi, dan Teknologi. Tentunya ini akan mempermudah kandidat mendapatkan peluang, dan membantu perusahaan merekrut kandidat. 

Baca juga: Mau pekerjaan yang fleksibel? Cari tahu dulu plus minus-nya

Fungsi talent marketplace bagi HR

Fungsi talent marketplace bagi HR
Manfaat talent marketplace memberikan kemudahan bagi HR. (Sumber: Pexels)

Seperti yang sudah dibahas di atas, talent marketplace ini memberikan kemudahan bagi HR untuk secara cepat dan tepat menemukan talent yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini akan memangkas waktu dan tenaga yang banyak terkuras saat melakukan review terhadap CV kandidat satu per satu. Selain itu, di dalam talent marketplace biasanya sudah terjadi proses kurasi, sehingga nantinya talent yang dimunculkan adalah talent-talent terbaik yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Jika pencarian kandidat dikerjakan secara manual, tentunya akan sangat melelahkan bagi HR dan CV yang masuk untuk direviu tidak semuanya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Oleh karena itu, menggunakan talent marketplace tentunya akan sangat membantu pekerjaan HR untuk segera menemukan kandidat yang tepat dan berkualitas untuk perkembangan perusahaan.

Baca juga: 3 Perbedaan rekrutmen zaman dulu dan sekarang

5 Manfaat talent marketplace untuk HR

5 Manfaat talent marketplace untuk HR
HR bisa mendapatkan manfaat talent marketplace salah satunya efisiensi waktu. (Sumber: Pexels)

Setelah memahami pengertian dan fungsi talent marketplace di atas, berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu peroleh selaku HR jika bergabung di talent marketplace bersumber dari laman Weefer.

1. Menghindari penerimaan CV yang tidak sesuai kebutuhan

Dengan bergabung di talent marketplace, sebagai HR, kamu hanya tinggal memilih talent yang cocok dengan kriteria yang sedang kamu cari karena sudah tersedia banyak pilihan kandidat yang berkualitas. Sehingga kamu tidak perlu menerima dan menyortir banyak CV kandidat yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

2. Efisiensi waktu

Platform talent marketplace pada umumnya memanfaatkan sistem kurasi yang bisa mencocokkan kriteria yang diinginkan employer dengan latar belakang dan keahlian talent. Sehingga, kamu sudah tidak perlu lagi memeriksa CV satu per satu, tetapi bisa langsung mengerucutkan kandidat terbaik sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

3. Mendapatkan bantuan dari tim profesional selama proses rekrutmen 

Dalam proses pencarian kandidat menggunakan talent marketplace, kamu akan mendapatkan assist dari tim profesional hingga menemukan kandidat terbaik yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Tim profesional ini juga akan membantu meyakinkan talent agar melakukan proses rekrutmen dengan perusahaanmu.

4. Mengatur progres dalam satu platform

Dengan menggunakan talent marketplace, kamu bisa memantau progres atau kemajuan proses rekrutmen dari satu tempat. Hal ini tentunya akan sangat membantu kamu karena mungkin dalam satu waktu, kamu melakukan proses rekrutmen dengan banyak kandidat.

5. Mengirimkan undangan wawancara melalui platform yang sama

Platform talent marketplace juga menawarkan berbagai fitur canggih yang menarik dan memudahkan proses rekrutmen kamu. Jika kamu tertarik dengan seorang kandidat, kamu bisa langsung menghubunginya untuk menjadwalkan wawancara.  

Baca juga: Langkah cerdas untuk rekrutmen yang efisien

Simplify your recruitment process with EKRUT

Simplify your recruitment process with EKRUT
Bergabung dengan EKRUT untuk mendapatkan manfaat talent marketplace.(Sumber: Pexels)

EKRUT merupakan sebuah platform talent marketplace yang menggunakan perpaduan antara teknologi dan jaringan recruiter untuk melakukan proses rekrutmen yang efektif, berkualitas, dan bisa kamu andalkan untuk mencari kandidat terbaik.

  • Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan EKRUT antara lain yaitu:
  • Keuntungan eksklusif dari paket yang disediakan EKRUT.
  • Mengelola kandidat dengan mudah menggunakan tracking system yang dimiliki EKRUT.
  • Memperoleh kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
  • Akses langsung ke talent pool berkualitas yang telah melalui proses kurasi.
  • Konsultan profesional yang akan memberikan bantuan selama proses perekrutan. 

Perlu diketahui bahwa EKRUT menggunakan teknologi data science seperti Marketplace Curation Algorithm (MCA) untuk menyaring dan mengkurasi 5-10 persen kandidat kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Maka dari itu, talent yang ditampilkan dalam marketplace adalah talent berkualitas dan terkini.

Untuk mencari dan menemukan kandidat yang sesuai dengan kriteria, EKRUT menggunakan teknologi bernama EKRUT Recommender System (ERS). Kelebihannya, variabel pencarian tidak hanya terbatas pada pengalaman, preferensi, dan keterampilan saja, namun masih banyak lagi.

Selain itu,  EKRUT juga menggunakan Budget Prediction Algorithm (BPA) untuk mengukur, memprediksi, dan merekomendasikan kisaran ekspektasi gaji untuk masing-masing job posting berdasarkan kondisi market terkini secara efektif.

Untuk saat ini, terdapat dua subscribe plan yang bisa kamu pilih di EKRUT:

  1. Platform plan
    Tersedia untuk langganan tahunan dan per-kuarter. Dengan subscribe plan ini, perusahaan kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan unlimited hires tanpa harus membayar lagi biaya per hire.
  2. Headhunting plan
    Tidak ada membership fee untuk plan ini, perusahaan kamu hanya perlu membayar ketika terjadi hire.

Baca juga: Sudahkah kamu melakukan 5 tips rekrutmen ini?

Berikut langkah-langkah mencari talent terbaik di EKRUT

Berikut langkah-langkah mencari talent terbaik di EKRUT
Temukan kandidat terbaik dan manfaat talent marketplace bersama EKRUT. (Sumber: Pexels)

Setelah mendaftarkan perusahaanmu di EKRUT dan telah melalui proses verifikasi, selanjutnya kamu bisa memulai langkah-langkah berikut ini untuk mencari talent terbaik di EKRUT.

Tahap 1: Create role requirements

Dalam tahap ini, kamu perlu menentukan kriteria apa yang kamu butuhkan untuk mengisi posisi di perusahaanmu saat ini. Kriteria yang kamu buat ini nantinya akan digunakan untuk melakukan kurasi terhadap talent terbaik yang memenuhi syarat.

Tahap 2 : Pick suggested talents

Setelah membuat role requirements, selanjutnya teknologi data science EKRUT, yaitu Marketplace Curation Algorithm (MCA) akan menyaring dan mengkurasi 5-10 persen kandidat kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Kemudian, kamu bisa memilih satu atau lebih kandidat untuk mengikuti proses rekrutmen.

Tahap 3 : Set up interviews

Saat kamu sudah menemukan kandidat yang cocok dengan kriteria yang kamu cari, kamu bisa langsung menghubungi kandidat terpilih dan menjadwalkan wawancara sesuai dengan waktu yang disepakati. 

Baca juga: 5 Manfaat data bagi HRD dalam proses perekrutan

Itulah tadi pembahasan tentang talent marketplace yang bisa membantu proses rekrutmen kamu menjadi lebih efisien. Kamu bisa memulai #SmartHiring bersama dengan EKRUT, karena EKRUT memiliki machine learning yang canggih dan bisa memudahkan kamu untuk mendapatkan kandidat yang cocok dengan kriteriamu.

Yuk, tunggu apalagi? Mulai proses rekrutmen yang efektif dari sekarang.

https://www.ekrut.com/employers

Sumber:

  • Jojonomic
  • Gloat
  • Weefer
  • EKRUT

Tags

Share