Media

Mau pekerjaan yang fleksibel? Cari tahu dulu plus minusnya
By Tsalis Annisa - 16 January 2019
3 min read 52 Views
Pekerjaan yang fleksibel juga memiliki kekurangan sendiri - EKRUT
Pekerjaan yang fleksibel juga memiliki kekurangan sendiri - EKRUT

Bekerja di perusahaan dengan budaya kerja santai atau pekerjaan yang fleksibel mungkin menjadi impianmu. Pekerjaan yang fleksibel tersebut memungkinkan kamu bebas kapanpun dan di mana pun kamu berada. Tapi, tahukah kamu apa plus minusnya?

Berikut ini beberapa plus minus dari pekerjaan yang fleksibel yang perlu kamu tahu.

Sisi plus dari pekerjaan yang fleksibel

Memiliki pekerjaan yang fleksibel membuat kita bisa melakukan berbagai hal lain dan mendapatkan berbagai keuntungan. Lebih lengkap, berikut ini beberapa sisi kelebihannya yang mungkin menarik untukmu:

1. Memiliki waktu personal lebih banyak

Pekerjaan yang fleksibel memungkinkan kamu untuk bisa melakukan berbagai hal lain. Misalnya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, memberikan waktu lebih untuk keluarga, bahkan kamu mungkin dapat lebih mudah untuk bertemu dengan teman-temanmu.

Meskipun terkesan sederhana, tetapi hal-hal seperti ini mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan jika kamu memiliki jam kerja yang sudah ditentukan.

2. Mengurangi biaya

Poin yang satu ini benar-benar menjadi keuntungan pekerjaan yang fleksibel jika kamu bekerja di kota padat seperti Jakarta. Dengan memiliki pekerjaan yang fleksibel, kamu dapat menghindari jam-jam macet dan baru berangkat ke kantor setelah jalanan lebih lowong sehingga mengurangi biaya bensin.

Selain bensin, mungkin biaya makan siang kamu pun akan lebih hemat karena sempat membuat bekal atau makan di rumah. Terlebih lagi jika kantormu menerapkan jam kerja fleksibel yang membolehkan karyawannya untuk bekerja dari rumah.

3. Mengurangi stres

Keuntungan selanjutnya dari pekerjaan yang fleksibel adalah kamu bisa mengurangi stres. Selain mengurangi biaya bensin, tentu bekerja dengan jam yang fleksibel juga akan mengurangi stres akibat macet-macetan ke kantor.

Ditambah dengan waktu personal lebih banyak, kamu pun akan bekerja dalam keadaan yang jauh lebih menyenangkan dan rileks. Jika bekerja dalam keadaan senang, tentu ide-ide pun akan mengalir lebih lancar dan membuat kamu dapat bekerja lebih produktif.

Klik di sini untuk mendapatkan pekerjaan dengan jam kerja fleksibel idamanmu

pekerjaan yang fleksibel - EKRUT
Pekerjaan yang flesibel dapat membuat kamu berada di dalam zona nyaman - EKRUT

Sisi minus dari pekerjaan yang fleksibel

Di balik kelebihan pekerjaan yang fleksibel, ternyata juga menyimpan kekurangan. Berikut ini beberapa sisi minus dari pekerjaan yang nampak santai ini:

1. Terancam tidak disiplin

Seringnya karena kebiasaan bekerja santai dan fleksibel, banyak orang yang malah jadi tidak disiplin. Padahal dengan adanya jam kerja fleksibel, justru disitulah kesempatanmu untuk menjadi semakin produktif.

Misalnya, karena kamu diperbolehkan kerja di rumah sehingga tak perlu mengeluarkan biaya transportasi, maka manfaatkan fasilitas itu dengan baik. Hindari bermalas-malasan terutama saat mengumpulkan kerjaan di hari deadline.

2. Terjebak di zona nyaman

Waktu kerja yang bebas, pekerjaan yang tidak terlalu sulit, bekerja dengan fleksibel, ditambah gaji yang cukup terkadang bisa menjadi jebakan. Pasalnya, kamu akan memiliki kemungkinan besar untuk merasa nyaman.

Tak hanya itu, kamu pun akan berpikir berkali-kali untuk pindah. Bila kamu terjebak di zona ini, maka kesempatan emasmu dalam karier mungkin akan lenyap begitu saja. Padahal, ada banyak kesempatan kerja yang lebih baik menantimu.

3. Kurangnya kekompakan dalam tim

Bagi kamu yang sering kerja di luar kantor karena jam kerja yang fleksibel, tanpa disadari kekompakanmu dengan tim dapat menjadi taruhannya. Meskipun setiap hari berkomunikasi melalui chat, atau rutin meeting lewat telepon maupun video, tetap saja tatap muka termasuk penting.

Jarang tatap muka berdampak ketidakjelasan dalam hal instruksi. Kondisi ini juga dapat memicu berkurangnya sinergi di dalam tim. Dampaknya, mungkin saja hasil kerja menjadi kurang maksimal.

Selain beberapa hal di atas, perlu kamu ketahui bahwa perusahaan yang memberikan jam kerja yang flesibel, artinya sudah memberikan kepercayaanya kepadamu. Tentu akan lebih baik jika kamu bisa menjaga kepercayaan perusahaan tempatmu bekerja dengan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan pekerjaan yang fleksibel, kan? Jika kamu tertarik untuk mendapatkan pekerjaan seperti ini, cobalah untuk mendaftarkan dirimu ke situs talent marketplace. Di situs seperti ini, kamu tidak perlu lagi susah payah melamar. Perusahaan dan pekerjaan yang sesuailah yang akan menghampirimu.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: produktivitas, kinerja, perusahaan startup, pekerjaan yang fleksibel

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang