Published on

Expert's Corner

Marketer Adalah: Definisi, Tanggung Jawab, Skill-set, dan Proyeksi Karier 2022

Arin Khurota

0-marketer-adalah.jpg

Marketer menjadi salah satu prospek karier yang berkembang pesat dan cukup menjanjikan di era sekarang. Marketer adalah salah satu jenis pekerjaan yang pasti dibutuhkan perusahaan. Tugasnya pun akan berkaitan dengan banyak hal, seperti anggaran, kampanye, sasaran market, dan prioritas produk. Siapa pun dapat menjadi seorang marketer jika mampu menempatkan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan marketing. Dibutuhkan disiplin, konsistensi yang matang, serta beberapa kemampuan analisis untuk menjadi seorang marketer. Simak ulasan lengkap seputar pekerjaan marketer berikut ini!

Apa itu marketer?


Marketer adalah seseorang yang bertugas mempromosikan produk atau layanan (sumber: pexels)

Marketer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa atas nama perusahaan. Pada umumnya, marketer memfokuskan upaya pemasaran sesuai demografi yang ditetapkan perusahaan. Seorang marketer biasa terlibat dengan audiens yang menjadi target pasar mereka sehingga biasa disebut sebagai sales.

Selain itu, marketer adalah jenis pekerjaan yang membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan melalui strategi pemasaran yang efektif. Karena itu, seorang marketer dapat memiliki wewenang untuk menerapkan dan mengubah strategi pemasaran sesuai dengan target pasar. Marketer adalah posisi strategis yang dibutuhkan perusahaan karena berkaitan dengan laba dan penjualan produk sehingga memiliki prospek karier yang menjanjikan.

Baca juga: Mengenal Facebook Business Manager dan Cara Pembuatan Terlengkap 2022

Peran dan tanggung jawab marketer


Marketer berperan dalam membangun ekuitas merek produk atau layanan (sumber: pexels)

Peran marketer adalah membantu membangun ekuitas merek produk atau layanan, termasuk dalam upaya branding melalui saluran online maupun offline. Selain itu, marketer juga berperan dalam menyebarkan kesadaran (awareness) mengenai produk atau layanan perusahaan.

Tanggung jawab marketer adalah mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, dan permintaan target audiens. Kemudian, marketer dapat melakukan upaya promosi berdasarkan informasi dan analisis market yang telah dilakukan.

Adapun tugas dan tanggung jawab marketer adalah berkaitan dengan kewajiban berikut:

  • Berkolaborasi dengan anggota tim penjualan, periklanan, pemasaran, desain produk, dan pengembang produk untuk merencanakan strategi pemasaran dan promosi.
  • Membuat perencanaan produk, editorial plan dan pembuatan konten untuk berbagai platform dan outlet media.
  • Memberikan beberapa rekomendasi ide desain, negosiasi, dan penempatan papan reklame, iklan media di TV, media sosial, atau channel marketing lain.
  • Memproduksi panduan gaya promosi yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan atau klien bisnis.
  • Membantu pemimpin tim menetapkan, mengalokasikan, dan memantau anggaran setiap proyek pemasaran.
  • Bertemu dengan klien untuk membahas pedoman merek, sasaran, anggaran, dan jadwal promosi.
  • Melakukan riset pasar untuk menentukan kebutuhan, keinginan, kebiasaan, minat target audiens, dan faktor relevan lainnya yang digunakan dalam membuat kampanye pemasaran yang ditargetkan.
  • Mengevaluasi strategi kampanye sebelumnya untuk mencari tahu apa yang berhasil, apa yang tidak, dan apa yang dapat ditingkatkan.
  • Meninjau kemajuan dan keberhasilan kampanye, membuat penyesuaian, atau mengajukan ide untuk kampanye pemasaran baru jika diperlukan.

Baca juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Skill yang harus dimiliki marketer


Seorang marketer harus mampu membaca informasi analitik web (sumber: pexels)

Seorang marketer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat dan melaksanakan rencana pemasaran untuk perusahaan atau klien. Untuk itu, diperlukan berbagai soft skill dan pengetahuan di bidang industri marketing untuk menunjang keberhasilan dalam pekerjaan.

Adapun beberapa skill yang harus dimiliki marketer adalah sebagai berikut:

  • Keterampilan menulis, berbicara, menyajikan, dan mendengarkan yang baik.
  • Keterampilan interpersonal yang baik, termasuk kemampuan berkolaborasi dengan manajemen, anggota tim, klien, bahkan pelanggan.
  • Kemampuan menjalin komunikasi, termasuk manajemen hubungan dengan konsumen.
  • Kemampuan manajemen konten, analitik halaman website, media sosial, maupun channel lain yang relevan.
  • Analisis data, pemikiran kritis, problem solving, dan kemampuan mengambil keputusan.
  • Kreativitas, kemampuan beradaptasi, dan terbiasa dengan tren pemasaran saat ini.
  • Kolaborasi dan keterampilan kerja tim yang baik.
  • Keterampilan manajemen proyek, seperti penetapan tujuan dan manajemen tenggat waktu.
  • Kemampuan organisasi, manajemen waktu, dan penentuan skala prioritas yang baik.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan fast checker untuk tren terbaru.

Baca juga: 11 Skills yang dibutuhkan oleh marketing di tahun 2022

6 Tipe marketer


Marketer memiliki beberapa bidang yang diisi sesuai keahlian (sumber: pexels)

Jenis marketer dapat dibedakan berdasarkan peran dan bidang keahliannya. Adapun beberapa jenis marketer adalah sebagai berikut:

1. Brand marketer

Brand marketer adalah jenis pemasar yang bekerja untuk membangun nama merek perusahaan atau suatu bisnis. Jenis marketer ini memastikan bahwa pelanggan dapat dengan mudah mengenali sebuah brand secara optimal.

2. Product marketer

Product marketer memiliki tanggung jawab untuk memasarkan barang dan jasa perusahaan suatu target market melalui berbagai channel marketing. Jenis marketer ini harus dapat membuat perencanaan dalam launching suatu produk perusahaan dalam acara pemasaran, maupun bekerja sama dengan perusahaan periklanan untuk melaksanakan pemasaran secara luas.

3. Inbound marketer

Inbound marketer memiliki tugas utama untuk meningkatkan keinginan konsumen potensial untuk membeli suatu produk atau menggunakan layanan. Tugas utama inbound marketer adalah menyuguhkan informasi yang berguna dan menarik minat pelanggan dalam bentuk template, materi, e-book, maupun konten blog ke segmen pelanggan sasaran melalui berbagai channel.

4. Content marketer

Content marketer adalah jenis marketer yang hampir mirip dengan inbound marketer, tetapi lebih sedikit terspesialisasi. Tugas utama content marketer adalah membuat konten berkualitas berdasarkan tren pencarian dan channel online perusahaan, seperti konten untuk website, dan sebagainya.

5. Social media marketer

Jenis marketer ini memiliki spesialisasi dalam mengelola berbagai akun media sosial perusahaan, memastikan update konten secara terjadwal, dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk memperoleh lebih banyak pengikut.

6. Digital marketer

Jenis marketer ini cukup banyak dicari oleh perusahaan akibat perkembangan teknologi yang masif. Tugas utama digital marketer adalah menangani aspek pemasaran online, mulai dari mengelola akun perusahaan. Selain itu, dalam memulai promosi, digital marketer memiliki kewajiban merancang strategi pemasaran online, hingga mengirimkan email pemasaran untuk calon pelanggan potensial.

Baca juga: Prediksi tren digital marketing di tahun 2022

Proyeksi karier marketer di tahun 2022


Prospek karier marketer cukup menjanjikan bahkan untuk fresh graduate (sumber: pexels)

Kebutuhan kandidat marketer dari tahun ke tahun semakin meningkat. Bahkan, di tahun 2022 akan menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk kamu mencoba salah satu prospek karier ini. Kandidat marketer tingkat pemula umumnya memiliki gelar sarjana di bidang pemasaran, periklanan, komunikasi, hubungan masyarakat, atau administrasi bisnis. Namun, beberapa perusahaan tidak menjadikan background pendidikan sebagai syarat mutlak ketika kamu memiliki sebuah pengalaman di bidang ini.

Dengan demikian, kamu dapat terus meningkatkan kemampuan di bidang pemasaran apabila ingin mendalami karier marketing.
Selain itu, gaji rata-rata untuk seorang marketer di Indonesia adalah sekitar Rp5.000.000 per bulan, bahkan dapat mencapai Rp8.000.000 per bulan untuk seorang fresh graduate. Gaji ini mungkin dapat lebih tinggi berdasarkan tempat di mana kamu bekerja, serta jenis marketer yang dibutuhkan.

Itulah pembahasan mengenai proyeksi karier, skill, dan tanggung jawab yang dibutuhkan seorang marketer.

Bagi kamu yang bermimpi untuk dapat berkarier di startup ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain artikel-artikel di EKRUT Media, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar pekerjaan, career insight, serta tips bermanfaat seputar dunia kerja melalui YouTube Official EKRUT.

Sumber:

  • indeed.com
  • thebalancecareers.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-5989927.jpg

    Careers

    5 Fungsi Human Resource Management yang Berpengaruh dalam Perkembangan Sebuah Perusahaan

    Chrissila Jessica

    05 October 2022
    4 min read
    H1_Iklan_Media_Cetak.jpg

    Technology

    10 Contoh Iklan Media Cetak beserta Penjelasannya

    Algonz D.B. Raharja

    05 October 2022
    6 min read
    H1_otokratis_adalah.jpg

    Careers

    Mengenal Gaya Kepemimpinan Otokratis beserta Kelebihan dan Kekurangannya

    Alvina Vivian

    05 October 2022
    5 min read

    Video